Latest News

Selasa, 31 Oktober 2017

Seramnya Kostum Halloween Tempo Dulu

terutamasehat.blogspot.com - Setiap malam tanggal 31 Oktober, di belahan benua Eropa dan Amerika dilaksanakan tradisi perayaan Halloween. Sepanjang malam, jalanan akan dipenuhi orang-orang yang memakai topeng dan busana menyeramkan. Perayaan Holloween memang identik dengan semua yang berbau setan, penyihir atau hantu gentanyangan.

Asal mula perayaan ini sebenarnya berasal dari tradisi orang Kelt (Celtic) kuno yang mengadakan festival Samhain sebagai bagian dari perayaan akhir musim panen. Dalam kebudayaan bangsa Gael, tiap tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan hidup akan terbuka. Untuk mencegah para arwah mengganggu orang dan tanaman, mereka mengenakan topeng dan berpura-pura menjadi arwah untuk berdamai.


Tak ketinggalan anak-anak pun ikut merayakan dengan ciri khas mereka, tradisi trick or treat. Dengan topeng-topeng seram, para 'hantu' mungil akan mengetuk pintu tiap rumah sambil mengancam dengan kalimat 'Trick or treat'. Bila tak diberi permen, mereka biasanya akan menjahili rumah yang diketuknya.

Hari ini, kostum Halloween lebih bervariasi. Kostum tak hanya didominasi dengan wajah seram saja, tapi ada yang lucu, seksi, atau malah tampil modis. Padahal, jaman dulu kostum Hallowen benar-benar menyeramkan.


Tak seperti sekarang dimana kostum dan topeng banyak dijual, zaman dulu anak-anak membuat kustom dan topeng mereka sendiri. Memanfaatkan kain bekas dan adonan bubur kertas, topeng-topeng mereka jauh lebih menyeramkan dibanding sekarang.

Berikut Anda akan menjelajahi betapa menyeramkannya kustom dan topeng Halloween anak-anak di era tahun 1900-an.












Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 30 Oktober 2017



Senin, 30 Oktober 2017

Muncul Garis Hitam Di Kuku, Ini Bahayanya

terutamasehat.blogspot.com - Kuku bisa menjadi indikator kesehatan yang akurat. Jika Anda mendapati garis hitam pada kuku, bisa jadi ia sedang memberi pesan bahwa Anda tengah mengalami penyakit yang lebih serius dari yang Anda duga.

Pesan peringatan inilah yang diterima seorang wanita ketika ia mengeluh ada garis hitam di bagian kuku jempol tangan. Ia pun pergi ke salon untuk mengecat kukunya agar garis hitam tersebut tertutupi. Selama ini ia mengira garis tersebut hanyalah lepuh darah dibawah kuku akibat kurang kalsium. Namun petugas salon yang melihatnya menyarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.


Beberapa minggu kemudian, wanita tersebut kembali ke salon dan memberitahu kalau garis hitam pada kukunya telah didiagnosa sebagai kanker melanoma agresif, yang telah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Melanoma kuku yang secara medis disebut subungual melanoma jika berada di bawah kuku, atau periungual melanoma jika berada disekitar kuku, adalah penyakit kanker langka namun mematikan. Separuh dari kasus kanker melanoma terjadi pada orang Asia, 35% pada orang berkulit gelap, dan hanya 2,5% pada individu berkulit putih.

Alasan utama mengapa penyakit ini sangat serius adalah karena biasanya penderita tidak mendapat diagnosa akurat dengan segera. Faktanya, keterlambatan diagnosa penyakit subungual melanoma terjadi hingga 2,5 tahun. Ini bukan karena mereka tidak menyadari adanya garis hitam di kuku, tapi karena mengira garis tersebut muncul karena penyakit lain.

Ditambah lagi, subungual melanoma muncul mirip dengan ciri penyakit subungual hematoma, yang sering disebut lepuh darah (blood blister). Lepuh darah biasanya muncul akibat trauma, semisal saat jari Anda terjepit pintu. Ini akan membuat pembuluh darah kecil di bawah kuku pecah, menyebabkan  keluarnya darah dibawah kuku.


Pada kasus lepuh darah, biasanya kuku akan terus tumbuh dan perlahan darah di bawah kuku juga akan menghilang. Pola perubahan warna pada kuku juga cenderung lebih tidak beraturan, dengan genangan atau berbentuk tetesan. Sementara pada melanoma subungual, ia berkembang mirip seperti pita yang rapi, yang timbul di akar kuku dan memanjang ke ujungnya.

Jadi, jika Anda mendapati tanda garis hitam baru dibawah kuku jari tangan atau kaki, dan tak ingat pernah mengalami trauma terjepit atau tertimpa benda berat, Anda harus waspada. Dokter Anda kemungkinan besar akan melakukan biopsi untuk mengecek ada tidaknya melanoma.

Kabar baiknya, bila Anda bisa mendeteksinya lebih awal, pengangkatan lewat operasi dapat menghilangkan semua sel kanker sebelum mereka menyebar ke organ lain.

Sabtu, 28 Oktober 2017

WhatsApp Kini Bisa Hapus Pesan Terkirim, Begini Caranya

terutamasehat.blogspot.com - Pengguna WhatsApp akhirnya punya pilihan untuk menghapus pesan yang mungkin memalukan setelah tak sengaja terkirim. Aplikasi perpesanan terpopuler di dunia ini akhirnya menambahkan fitur yang telah ditunggu user cukup lama.

Opsi baru ini memungkinkan Anda "menghapus pesan yang telah terkirim ke semua orang" dalam sebuah chat dalam kurun waktu TUJUH menit setelah pesan terkirim. Jadi Anda harus cepat menghapus pesan bila tiba-tiba berubah pikiran.


WA telah beberapa kali melakukan ujicoba fitur dan akan merilisnya ke satu milyar pengguna aplikasi tersebut. Sayangnya, belum diketahui kapan fitur tersebut akan ditambahakan ke pengguna di Indonesia. Jadi, Anda harus rajin-rajin melihat update versi terbarunya.

"Pesan yang telah berhasil di hapus ke semua orang akan digantikan dengan kalimat "This Message was deleted" di kolom chat Anda. Ini artinya, jika Anda melihat kalimat tersebut di percakapan, pesan telah dihapus si pengirim," demikian bunyi pengumuman perusahaan tersebut di blognya.


Lalu, bagaimana cara menghapus pesan di WA?

  1. Buka WA dan masuk ke percakapan yang berisi pesan yang ingin dihapus.
  2. Tap dan tahan pesan tersebut. Pilihan lain, tap beberapa pesan untuk menghapusnya secara bersamaan.
  3. Tap Delete pada bagian atas layar > Delete for everyone.

Agar dapat menghapus pesan, Anda harus menginstal versi terbaru aplikasi WhatsApp di iPhone ata perangkat Android milikmu. Sayangnya, penerima pesan juga harus menginstal versi terbaru agar pesan Anda tak terlihat lagi.

Cara Efektif Hilangkan Pestisida Pada Buah Sebelum Dimakan

terutamasehat.blogspot.com - Anda mungkin berpikir dengan menggosokkan apel ke kaos atau mencucinya dibawah kran air akan cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran pada buah tersebut. Tapi yang sering tidak kita sadari, residu pestisida yang terkandung pada bagian kulit buah tersebut takkan hilang hanya dengan mencucinya dengan air.

Pestisida umum digunakan dalam dunia pertanian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman. Namun efek berbahaya dari residu pestisida bagi kesehatan manusia telah menjadi kekuatiran global selama bertahun-tahun.

Dalam industri makanan, mencuci buah-buahan sebelum disantap adalah prosedur standar yang harus dilakukan. Tapi pada beberapa tanaman, beberapa senyawa pelindung tanaman yang diserap oleh buah dan sayuran tidak mudah dilepas hanya dengan menggunakan air saja.


Kini ilmuwan dari American Chemical Society telah mengungkap bahwa dengan sebuah bahan rumah tangga biasa, residu pestisida yang terdapat pada permukaan buah ternyata dapat dihilangkan dengan mudah.

Menurut para peneliti, baking soda ternyata lebih efektif dibanding dengan bahan pembersih lain. Baking soda mampu menghilangkan dua jenis pestisida yang paling umum, yakni thiabendazole dan phosmet.

Saat menguji pencucian pada buah apel, larutan air yang mengandung 1% baking soda mampu menghilangkan 80% thiabendazole dan 96% phosmet setelah direndam selama 12 dan 15 menit.


Ilmuwan menjelaskan, perbedaan kemampuan menghilangkan kedua jenis pestisida tersebut disebabkan karena thiabendezole memiliki daya serap yang lebih tinggi pada apel. Thiabendazole mampu masuk kedalam jaringan apel hingga kedalaman 80 mikrometer sementara phosmet terdeteksi hanya masuk sedalam 20 mikrometer.

Sebagai perbandingan, mencuci apel dengan air biasa atau pembersih komersil selama dua menit, sesuai standar industri, jauh dari efektif.

Satu-satunya cara menghilangkan 100% residu pestisida adalah dengan mengupas kulit buah, ini menurut Dr. Lili He, pimpinan penelitian dari departemen sains makanan di Universitas Massachusetts, AS.

Sayangnya, nutrisi penting seperti senyawa polifenol, serat, pigmen, vitamin dan mineral akan banyak hilang bila kulit buah dikupas.

Pada prakteknya, mencuci apel dengan larutan baking soda dapat jauh menurunkan kandungan senyawa pestisida pada permukaan buah.

Jumat, 27 Oktober 2017

15 Foto Dengan Kebetulan yang Sempurna

terutamasehat.blogspot.com - Kita sepakat dunia adalah tempat yang begitu semrawut dan tak beraturan. Tapi kadangkala, bentuk yang sempurna bisa muncul dari sebuah momen acak. Hal yang sama juga bisa terjadi pada fotografi.

Serendipiti adalah istilah yang merujuk pada sesuatu yang ditemukan secara tak sengaja. Serendipiti fotografi seringkali menghasilkan foto-foto yang luar biasa. Selain menangkap momen-momen lucu, serendipiti fotografi juga bisa saja membentuk garis simetris dan pola yang begitu teratur. Dua benda berbeda bisa seakan menyatu atau malah sebaliknya.

Simak 15 foto dengan garis atau pola sempurna berikut ini:

Perpaduan sempurna dari langit, laut dan tembok

Bayanganpun bisa membentuk simetris kuadran yang indah

Gelas dalam gelas dalam gelas dst...

Bulu leher yang identik dengan buih ombak

kebetulan yang presisi


Bayangan yang seakan menyatu dalam kotak lantai

Kemasan tranparankah?

Kamuflase yang sempurna

Produsen mangkuk dan baju sepertinya dari pabrik yang sama

Ilusi optik

Airnya berasal dari langit!

Mana depan mana belakang?

Just perfect!

Ibu dan anak

Kabel membelah langit

Sabtu, 14 Oktober 2017

Kisah Haru Pasangan Difabel yang Saling Melengkapi: Aku adalah Matamu dan Kau Adalah Kakiku

terutamasehat.blogspot.com - Kisah Si buta dan Si lumpuh sering kita dengar sebagai hikayat yang diceritakan para sufi sebagai pembawa pesan moral yang indah. Namun sebenarnya, dalam kehidupan nyata kisah dua manusia yang saling melengkapi satu sama lain tersebut memang benar-benar ada.



Pada sebuah foto yang diambil pada tahun 1889, memperlihatkan dua orang lelaki difabel yang saling bekerjasama agar mereka bisa berjalan layaknya orang normal. Mohammed, seorang Muslim yang buta, bergantung pada mata Sameer, seorang Kristen yang lumpuh. Kedua yatim piatu tersebut selalu hidup bersama dan saling membutuhkan. Ketika Sammer meninggal, Mohammed kehilangan separuh dirinya dan ikut meninggal dalam kesedihan seminggu kemudian.


Kini, kisah tersebut terulang kembali. Cao Shucai, lelaki buta berusia 63 tahun, selalu menggendong istrinya yang lumpuh, Xu Houbi, selama 29 tahun terakhir. Pasangan asal Tiongkok ini benar-benar membutuhkan satu sama lain dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Pasangan yang tinggal di desa Yong'an di Chongqing ini menjadi viral setelah kisah mereka dimuat di laman fanspage People's Daily China di Facebook dan menjadi viral. Jutaan orang telah melihat dan menyebar postingan tersebut.


Sang istri menderita penyakit rakhitis hingga lumpuh. Bila ingin bepergian, ia harus digendong suaminya dengan cara dimasukkan kedalam sebuah keranjang besar.  "Selama 29 tahun kami hidup dengan cara ini. Mataku tak dapat melihat dan ia menjadi mataku. Kakinya lumpuh, dan aku selalu menggendongnya. Aku menjadi matanya." Cao Shucai bercerita.

Chao mengalami kebutaan pada mata kanan sedari kecil. Ia menjadi buta total setelah tak sengaja tersandung dan jatuh di tahun 1988. Mereka mengaku dapat menikmati hidup dengan selalu bersama. Dan akan terus seperti ini selamanya.

Entah apakah itu hanya sebuah kiasan atau benar-benar harfiah, cinta memang selalu tentang saling melengkapi.

Jumat, 13 Oktober 2017

17 Kegunaan Koran Bekas Yang Wajib Anda Ketahui

terutamasehat.blogspot.com - Koran adalah barang yang paling cepat tak digunakan dibanding barang lain. Setiap pagi ia akan dicari-cari, tapi esoknya sudah jadi tumpukan kertas tak terbaca, tergantikan dengan koran edisi terbaru. Bagi yang berlangganan koran, tumpukan tersebut kian hari semakin banyak sampai memakan tempat cukup besar untuk menyimpannya.


Biasanya, yang bisa dilakukan ketika koran bekas sudah menumpuk adalah menjualnya ke tukang loak. Meski harganya tak sebanding, paling tidak ruangan rumah kita jadi lapang.  Padahal, selain hanya dijual dengan harga sangat murah, koran bekas ternyata punya banyak manfaat dan fungsi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Mulai dari membersihkan kaca jendela hingga bisa menjadi sebuah karya seni, berikut kita akan mengulas 17 penggunaan koran bekas yang sangat bermanfaat.

1. Membersihkan kaca jendela


Tak perlu membeli pembersih kaca jika Anda punya koran bekas. Cukup basahi dengan sedikit air, lalu bersihkan kaca dengan koran bekas. Untuk hasil sempurna, gosok kembali kaca jendela atau meja Anda dengan koran kering. Ingat, ini hanya efektif untuk membersihkan kaca. Bila Anda gunakan untuk membersihkan meja dari bahan aluminium, tinta koran malah akan mengotori meja.


2. Pelapis rak lemari


Gunakan koran bekas untuk melapisi kabinet, lemari pakaian atau rak perabot Anda. Koran jelas lebih murah daripada harus membeli pelapis khusus dan mudah diganti.

3. Pembungkus barang pecah belah


Koran adalah pengganti bubble warp terbaik. Untuk mengemas kotak berisi bahan mudah pecah, pertama bungkus tiap barang dengan koran. Letakkan kedalam kotak, lalu beri jarak dengan cara menyisipkan gumpalan koran kedalamnya. Penuhi kotak dengan gumpalan koran bekas lalu tutup. Barang Anda akan aman sampai tujuan.



4. Pembunuh rumput kebun


Jika rumput liar menjadi masalah di taman kecil Anda, tutup permukaan tanah dengan koran bekas lalu siramkan air keatasnya. Setelahnya Anda juga bisa tutupi koran dengan kompos atau mulsa. Koran akan membuat rumput tak bisa tumbuh dan bahan organiknya membantu pertumbuhan tanaman.



5. Bubur koran


Dulu, anak SD sering diberi tugas kerajinan membuat peta dari bubur kertas koran dicampur  lem. Entah apa sekarang masih ada yang seperti itu. Anak Anda bisa bergembira sekaligus kreatif bila diperkenalkan dengan kerajinan bubur kertas koran ini.



6. Pemicu api


Kertas koran sangat mudah terbakar dan bisa digunakan untuk membantu menyalakan api unggun, arang panggangan atau membakar sampah.

7. Menjaga bentuk barang


Agar bentuk sepatu atau tas Anda tetap bagus, masukkan gumpalan koran bekas kedalamnya hingga penuh saat sedang tak dipakai.


8. Pelapis tempat buah dan sayur


Letakkan lembaran koran dibagian bawah laci buah dan sayur di lemari es Anda. Koran akan menyerap berbagai bau dalam kulkas.

9. Mematangkan tomat


Bungkus tomat yang masih belum matang dengan koran bekas, tempatkan kedalam kotak dan tutup. Tomat akan masak dengan warna merah sempurna. Cara ini juga bisa dilakukan pada buah-buahan lain.


10. Pelapis taplak meja


Letakkan beberapa lembar koran bekas diatas meja sebelum ditutup kain taplak. Ini akan mencegah taplak mudah lepas dan menjaga meja dari kerusakan.

11. Penghilang bau sepatu


Gumpalkan koran dan masukkan kedalam sepatu berbau. Biarkan semalaman dan lepaskan keesokan harinya. Bau sepatu Anda akan hilang.



12. Menjaga kesegaran buah dan sayur


Bungkus buah dengan koran bekas agar tak mudah membusuk. Sementara untuk sayuran, bungkus sayuran (selada misalnya) dengan koran lembab lalu letakkan kedalam kulkas. Sayuran Anda tetap segar dan tak mudah layu atau kering.


13. Pelapis karpet


Jika Anda punya karpet yang bagian bawahnya berbahan busa atau plastik, letakkan lembaran koran di lantai sebelum karpet digelar. Ini akan membuat karpet tak licin.




14. Membersihkan pecahan kaca


Pertama-tama, kutip bagian pecahan kaca yang besar. Lalu dengan hati-hati tempelkan daerah lantai yang terkena serpihan kaca dengan beberapa lembar koran bekas basah. Serpihan kaca akan menempel pada koran lembab tersebut. Pastikan koran yang Anda tempelkan cukup tebal agar serpihan tak melukai tangan.


15. Wadah tumbuh benih


Lipat beberapa lembar koran bekas dan bentuk menjadi wadah benih. Isi wadah dengan tanah kompos lembab dan tempatkan benih kedalamnya.



16. Membuat kerajinan tangan


Pilin koran bekas menjadi berbentuk batangan-batangan kecil. Dari sini batangan koran bisa disusun menjadi berbagai kerajinan seperti keranjang, tempat pensil atau mainan anak.



17. Mahakarya seni dari koran bekas


Chie Hitosuyama adalah seorang seniman muda asal Jepang yang punya bakat dan kesabaran tingkat tinggi. Dengan hanya memanfaatkan kertas koran bekas yang digulung dan direkatkan, ia mampu menciptakan patung-patung indah dengan detail luar biasa. Link dibawah ini adalah rangkaian karyanya.

Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 12 Oktober 2017


Kamis, 12 Oktober 2017

Diberi Pekerjaan dan Tempat Tinggal, Gelandangan ini Malah Bunuh Penolongnya

terutamasehat.blogspot.com - Beberapa waktu yang lalu, kisah tentang seorang perempuan yang menolong seorang gelandangan  menjadi viral di dunia maya. Ia melihat seorang pria tunawisma menangis dan memutuskan untuk menolong serta mengubah hidup sang gelandangan.

Orang-orang begitu terharu melihat kebaikannya. Keluarganya bahkan menyambut pria gelandangan tersebut dengan hangat bagai keluarga sendiri. Sayangnya, kebaikan keluarga ini dibalas dengan cara yang paling menyakitkan.


Keluarga Wilkinson menolong Aaron Barley, 24 tahun, ketika melihatnya sedang mengemis.  Ia diberi makan, pakaian, tempat tinggal bahkan diberi pekerjaan di perusahaan suaminya. Keluarga ini berharap pria tersebut bisa mendapat kehidupan baru dan punya masa depan. Yang tak mereka tahu, kebaikan inilah yang akan menghancurkan hidup mereka.

Peter Wilkinson, suami si perempuan baik hati tersebut, sedang berjalan pagi bersama anjingnya. Sementara istrinya, Tracey dan anak laki-lakinya yang berusia 13 tahun, Pierce, tinggal di rumah. Saat sang suami pulang, ia curiga. Istrinya biasanya selalu menyediakan secangkir teh di meja begitu suaminya pulang jalan pagi. Tapi kali ini tak ada teh tersedia.


Peter sadar ada yang salah pagi itu dan ia langsung mencari istrinya. Ternyata istrinya telah tewas dalam kamar dan anak laki-lakinya juga sedang sekarat di kamar lain. Sang pelaku yang tak lain adalah Barley, si gelandangan, ternyata menunggu kedatangan Peter dan menyerangnya dengan menikam tubuh Peter sebanyak enam kali. Pelaku kemudian melarikan diri dengan mobil Land Rover milik Peter. Untungnya Peter yang terluka parah masih mampu menelpon bantuan hingga dirinya bisa tertolong.


Pada media, Peter Wilkinson bersaksi, "Aku selalu jalan pagi bersama anjingku tiap pukul 7 dan Tracey selalu menyediakan teh di meja dapur begitu aku pulang. Pada hari Rabu pagi tersebut, tak ada teh tersedia."

"Beginilah cara setan itu membalas kebaikan kami. Aku merasa bersalah seumur hidupku karena membiarkan lelaki itu bisa begitu dekat dengan keluargaku."

Peter Wilkinson mengaku, saat ia harus kembali ke rumah bersama putrinya Lydia (putrinya selamat karena tinggal di asrama kampus), adalah hal yang paling berat dalam hidupnya.


Awal Oktober 2017, pengadilan Birmingham, Inggris, menjatuhi Aaron Barley hukuman seumur hidup karena membunuh dua orang sekaligus. Namun motif pembunuhan sampai saat ini masih misteri. Barley sama sekali tak menunjukkan penyesalannya. Satu-satunya yang ia sesali adalah gagal membunuh Peter Wilkinson.

Senin, 09 Oktober 2017

8 Pandangan Keliru Dunia Barat Terhadap Indonesia

terutamasehat.blogspot.com - Elizabeth Pisani, seorang wartawati harian The Guardian, pernah bertanya tentang Indonesia pada orang-orang di London, New York dan Rio de Janeiro. Kompak, rata-rata mereka hanya bisa memegang dagu sambil garuk-garuk kepala. Yang sedikit berwawasan menjawab, "mungkin di sekitar sini" sambil menunjuk ragu-ragu ke arah peta Indocina atau Asia Selatan.

Meminjam kalimat pengusaha James Riady, Indonesia adalah 'the biggest invisible thing on the planet', benda terbesar yang tak terlihat di planet bumi. Meski merupakan negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, gaung nama Indonesia tak terlalu populer.


Untunglah sejak era internet mewabah, Indonesia mulai dikenal karena penduduknya merupakan pengguna Facebook dan Twitter terbesar. Meski demikian, tetap saja dunia barat belum banyak tahu tentang Indonesia. Bahkan bagi yang sedikit tahu, mereka malah cenderung memiliki pandangan keliru tentang negara kita.

Berikut delapan salah persepsi orang asing pada Indonesia.


Letak Indonesia berada di wilayah Bali

Kita pasti tertawa mendengar hal tersebut. Tapi begitulah faktanya, Bali lebih dikenal di banding Indonesia. Sampai-samapai mereka mengira Indonesia adalah bagian dari Bali. Padahal, Bali hanyalah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan termasuk provinsi kecil dibanding besar wilayah provinsi lainnya. Bali memang telah mendunia. Orang barat menyebut Bali sebagai, Surga yang di anugerahkan Tuhan di bumi.



Indonesia adalah Negara Islam

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dikira sebuah negara Islam. Agama memang berperan penting dalam membangun budaya dan jatidiri bangsa, tapi Indonesia sendiri menganut paham Pancasila dan mengakui sembilan agama berbeda. Pancasila telah mewakili aspirasi dan identitas diri semua warga Indonesia.


Penduduk Indonesia adalah suku terasing

Mungkin karena sangat jarang mereka dengar, maka orang Indonesia mereka anggap sama dengan orang-orang suku pedalaman Afrika yang nyaris telanjang dan hidup diatas pohon. Tak dipungkiri kita memang memiliki suku asli yang hidup di daerah terpencil, namun mayoritas (lebih dari 50%) penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Bahkan yang hidup di desa pun kini tak kalah modern dengan yang tinggal di kota.

Indonesia hanya memakai pakaian konvensional

Karena berpenduduk mayoritas muslim, mereka mengira gaya berpakaian kita sama dengan gaya orang arab. Padahal tren fashion Indonesia tak kalah dengan negara lain. Di kota-kota besar mereka akan melihat gaya anak muda Indonesia mirip dengan gaya anak muda di luar negeri (meski kadang seperti terallu dipaksakan).


Orang Indonesia cuma punya satu bahasa

Kita memang punya bahasa persatuan; Bahasa Indonesia (yang orang luar negeri sering menyebutnya hanya sebagai "Bahasa"). Yang tak banyak diketahui mereka, Indonesia yang terdiri dari beratus suku punya 746 bahasa berbeda. Mungkin Anda juga baru tahu, ya?


Indonesia adalah negara miskin

Generalisasi ini sebagai akibat dari ketidaktahuan mereka. Simpelnya, kita biasa menarik kesimpulan dari logika yang salah; negaranya jarang di dengar, tidak populer, pasti negara miskin. Ini jelas keliru. Meski kemiskinan merupakan isu yang sedang diperangi di Indonesia, negara kita tetap sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif dan salah satu negara berpendapatan per kapita terbesar di Asia. Jadi, penilaian mereka terhadap kita sekali lagi salah.
Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 8 Oktober 2017

Makanan Indonesia sama dengan masakan India

Mungkin karena kemiripan nama, orang asing sering mengira Indonesia sama dengan India. Apalagi di peta dunia di bawah kepulauan Indonesia terdapat Indian Ocean (Samudera Hindia). Karenanya, masakannya juga pasti sama. Padahal masakan khas kita jauh berbeda dengan India. Btw, Rendang bahkan dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.


Indonesia adalah negara sarang teroris

Stereotip ini muncul sejak terjadi rangkaian peristiwa bom Bali yang terjadi di tahun 2002 dan 2005. Bom pertama menewaskan lebih dari 200 wisatawan dan penduduk lokal. Sedang yan gkedua menewaskan 23 orang.

Bali sebagai destinasi wisata dunia terguncang dan beritanya menyebar dengan masif ke seluruh dunia. Dan ini yang selalu menjadi ingatan buruk bagi wisatawan asing tentang Indonesia. Namun dengan penanganan serius pemerintah Indonesia terhadap jaringan teroris, Indonesia kini aman terkendali. Keamanan dan kenyamanan Bali juga telah kembali seperti sediakala.


Bonus:

Indonesia sering disebut sebagai "Wkwkwk Land"

Ketika pesulap Demian muncul dalan "American got Talent", banyak pemirsa luar negeri yang terkesan dengan penampilannya. Lucunya, mereka menyebut Demian bukan berasal dari Indonesia tapi dari negeri antah berantah yang disebut 'wkwkwk land'.


"I know this guy. he is from WKWKWKWK land" (Aku kenal orang ini, ia berasal dari negeri WKWKWKWK) seru seorang netizen asing. Tak sampai disitu, ada juga yang berkomentar, "I've been seen this guy on netflix before, he's from om telolet om country." (Aku pernah lihat pria ini di netflix sebelumnya, ia berasal dari negara "Om telolet om".

Entah, apa kita harus bangga atau terhina dengan sebutan tersebut.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Melihat Sisi Lain Dunia Lewat Peta

terutamasehat.blogspot.com - Sejauh pengetahuan kita, dunia adalah satu-satunya planet yang berisi mahluk hidup dengan aktivitas kompleks didalamnya. Dari perilaku manusia hingga aktivitas hewan dan fenomena alam, planet bumi adalah sumber gerakan fisik, politik dan budaya tanpa henti.

Aktivitas bumi tentunya akan tampak semrawut tanpa pola bila dilihat dalam satu waktu. Namun dengan munculnya teknologi satelit dan pengolahan data modern, semua aktivitas yang terjadi di permukaan bumi bisa dirangkum dan diterjemahkan kedalam bentuk sederhana dan menarik untuk dipahami.

Alastair Bonnet, seorang profesor geografi sosial di Universitas Newcastle, memperlihatkan gambaran unik dari tren global yang ada di dunia. Meliputi dataran, laut dan udara, ia memberi berbagai data tentang hal-hal menarik yang terjadi di bumi lewat media peta bumi.

Sebagai contoh, dari peta yang dirilisnya, Indonesia ternyata termasuk negara yang paling banyak memiliki hewan beracun. Orang Indonesia juga termasuk yang paling ramping di dunia, dengan hanya memiliki 10-20% penduduk yang kegemukan. Berikut 11 peta menarik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Klik pada gambar untuk memperbesar.

Rute Pelayaran Kapal


Garis-garis terang biru yang memenuhi peta diatas adalah jalur pelayaran kapal yang melintasi samudera. Perjalanan yang paling banyak dilakukan tampak berada di Pasifik Utara dan Atlantik Utara, serta Samudera Hindia. Banyak juga kapal yang menggunakan garis pantai sebagai navigasi pelayaran mereka.

Hantaman Asteroid


Data peta ini dirilis pada November 2014 oleh NASA. Menunjukkan sebaran hantaman asteroid di seluruh dunia dengan ukuran dari 1 meter hingga 20 meter, antara tahun 1994 sampai 2013. Titik kuning menandakan hantaman terjadi di siang hari, sementara titik biru pada malam hari. Dari sebaran titik yang merata di seluruh permukaan bumi, menandakan tak ada tempat untuk sembunyi dan terhindar darinya.

Lautan Tak Terjamah


2.700 ilmuwan dan 5.040 ekspedisi telah mencoba memerinci kehidupan laut di bawah air. Diambil dari studi di tahun 2010 oleh lembaga Centre for Marine Life, wilayah merah muda menandakan daratan, biru muda adalah laut yang telah dijelajahi dan warna biru tua adalah laut yang hanya terjamah oleh sedikit ilmuwan dan kebanyakan belum dijelajahi.

Ini termasuk hamparan luas Samudera India, wilayah selatan Atlantik dan Pasifik. Bonnet menyatakan ada 750.000 spesies yang tertangkap radar namun belum bisa diketahui spesiesnya.

Serangga yang bisa dimakan


Dalam peta ini, Indonesia termasuk negara yang punya banyak serangga layak konsumsi. Namun dikawasan asia tenggara, Thailand merajai dengan 200-300 spesies serangga bisa dimakan. Meski Thailand dikenal sebagai pemakan serangga terbanyak selain Cina, peta ini tidak menunjukkan seberapa banyak orang memakan serangga, tapi menunjukkan jumlah spesies serangga yang bisa dimakan di suatu negara.

Negara Paling Rentan terhadap Bencana Alam


Berdasarkan laporan resiko yang dihadapi dunia oleh PBB di tahun 2012, area berwarna hijau tua adalah yang paling beresiko tertimpa bencana alam. Lihat peta Indonesia, kepulauan kita berwarna hijau paling tua, ini berarti Indonesia termasuk negara yang paling rentan tertimpa bencana alam.

Kepemilikan Senjata


Peta ini menunjukkan jumlah senjata pribadi yang dimiliki penduduk suatu negara berdasarkan data tahun 2007. Sebagian besar senjata dimiliki AS, dimana sekitar ada 80 senjata dimiliki tiap 100 orang, ini adalah kepemilikan 42% senjata api di dunia, diikuti Yaman, Jerman dan Islandia. Indonesia termasuk yang paling aman dari senjata api.

Jumlah Hewan Beracun


Diambil dari database Living Hazard, yang disimpan pemerintah AS, terdapat sekitar 500 spesies binatang beracun di seluruh dunia. Meksiko punya 80 spesies hewan beracun, Brasil 79, Australia 66. Indonesia termasuk yang paling banyak memiliki hewan beracun dengan lebih dari 50 spesies hewan beracun.



Negara Paling Damai


Diolah dari Global Peace Index yang dipublikasikan oleh Institute for Economic and Peace, Indonesia termasuk negara yang damai. Sementara yang paling aman adalah Kanada, Selandia Baru, Portugal, Islandia, Austria dan Jepang. Negara paling berbahaya dari segi keamanan adalah Irak, Sudan Selatan dan Suriah.

Negara Paling Bahagia


Damai belum tentu bahagia, tampak bagai sebuah ironi. Tapi inilah yang terjadi di Indonesia. Dari peta tingkat kebahagian diatas, Indonesia termasuk negara damai yang belum bahagia. Nilai indeks kebahagiaan Indonesia hanya 4.76 - 5.70.

Menurut data lembaga UNSDSN di tahun 2016, Indonesia hanya menempati urutan ke-79 negara paling bahagia di dunia. Apa sebab?

Polusi Udara


Meski kota-kota besar di Indonesia sudah terasa sumpek oleh polusi udara, namun secara keseluruhan, Indonesia termasuk negara dengan tingkat polusi rendah. Anda bisa lihat dari peta diatas.

Dikirim oleh Tipsiana Ina pada 6 Oktober 2017


Negara dengan Penduduk Paling Gemuk


Diilustrasikan lewat persentase jumlah penduduk yang kegemukan, peta ini dibuat berdasarkan data WHO tahun 2014. Area paling gelap menunjukkan tingkat kegemukan penduduk yang tinggi. AS, Arab Saudi dan Libya termasuk yang banyak memiliki penduduk obesitas. Sementara Indonesia termasuk yang paling sedikit.


Ada 50 peta dunia dengan beragam informasi menarik lainnya yang dimuat profesor Bonnet. Ia mengumpulkannya dalam sebuah buku berjudul New Views - The World Mapped Like Never Before yang terbit pada 26 Oktober 2017 mendatang.

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)