Latest News

Rabu, 30 Agustus 2017

Serangan Virus Ternyata Bisa Memicu Kanker

terutamasehat.blogspot.com - Kita pasti tahu faktor buruknya gaya hidup dan lingkungan seperti kebiasaan merokok atau terus-menerus terpapar polusi bisa menjadi pemicu kanker. Tapi penelitian terbaru mengindikasikan bahwa kadangkala respon imun tubuh kita sendiri terhadap serangan virus ternyata juga bisa memicu kanker. Meski penelitian masih dalam tahap awal, tapi ini bisa mengantarkan peneliti untuk membuat metode pencegahan kanker yang efektif.

Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kanker Universitas Colorado, membuktikan enzim yang muncul sebagai respon sistem kekebalan tubuh terhadap sebuah serangan virus bisa mengakibatkan mutasi kanker.


Menurut penelitian tersebut, sebuah enzim yang bernama APOBEC3 dilepaskan sebagai respon infeksi virus dan bekerja dengan cara mengacak DNA si virus agar virus bisa dilumpuhkan. Tapi ternyata, cara ini juga bisa mengakibatkan DNA tubuh juga ikut teracak dan inilah yang meningkatkan resiko mutasi menjadi sel kanker.

Hipotesa ini bisa jadi jawaban pertanyaan mengapa infeksi human papillomavirus (HPV) pada manusia seringkali menjadi pemicu kanker.




Pada penelitian mereka, para peneliti memperlihatkan bahwa enzim APOBEC3 menyebabkan mutasi gen menjadi kanker leher dan kepala pada 40% orang pengidap HPV positif. Sementara, hanya 10% penderita kanker leher dan kepala yang tak terkait dengan penderita HPV.

"Kita tahu beberapa penyebab mutasi sel ini, contohnya radiasi ultraviolet bisa memicu kanker kulit dan merokok bisa memicu kanker paru-paru" Douhun Pyeon, Ph.D, peneliti senior menjelaskan. "Tapi ada banyak jenis kanker lain yang kita tak tahu penyebab mutasi selnya. Keluarga enzim APOBEC3 dapat menjelaskan bagaimana penyebab beberapa mutasi tercipta. Faktanya, APOBEC3 dapat dipicu oleh banyak cara, tidak hanya infeksi HPV".

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, HPV adalah penyebab utama kanker serviks, tapi ia juga dikenal sebagai penyebab kanker vagina, vulva, penis, anus, rectum dan oropharynx. Secara total, terdapat sekitar 31.500 kasus kanker terjadi setiap tahunnya yang diawali oleh serangan HPV.

HPV adalah virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh. Virus ini hidup pada sel-sel kulit dan memiliki lebih dari 100 jenis. Ada sekitar 60 jenis HPV penyebab kutil yang biasanya menginfeksi bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, sementara 40 lainnnya memicu munculnya kutil kelamin.


Tidak semua HPV memicu kanker. Namun ada beberapa jenis HPV yang berbahaya, seperti HPV 16 dan HPV 18, berpotensi besar memicu terjadinya kanker serviks.  WHO memperkirakan sekitar 70% kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis HPV tersebut.

Saat ini telah tersedia vaksin pencegah infeksi HPV, meski begitu, vaksin tersebut paling efektif bila diberikan pada fase awal, sebaiknya sebelum terpapar virus.

Selagi penelitian ini berlanjut, para ahli bisa mulai mengembangkan obat untuk mencegah efek APOBEC3 pada DNA manusia.

Tim peneliti memberi catatan mungkin ada faktor lain yang meningkatkan resiko terserang kanker selain dari efek enzim yang menyebabkan mutasi, dan mereka berharap investigasi lanjutan dapat menemukan jawabannya.

Sumber :
Warren CJ, Westrich JA, Van Doorslaer K, et al. Roles of APOBEC3A and APOBEC3B in Human Papillomavirus Infection and Disease Progression. Viruses. 2017
http://www.medicaldaily.com/why-does-hpv-cause-cancer-new-research-may-have-answer-421678?utm_source=internal&utm_campaign=most_read&utm_medium=most_read4
http://www.alodokter.com/hpv

Selasa, 29 Agustus 2017

Memfoto Tingkah Para Fotografer

terutamasehat.blogspot.com - Kita selalu kagum dengan hasil jepretan para fotografer profesional.  Tapi pernahkah terpikir tentang bagaimana cara mengambil foto dan dalam kondisi apa sang fotografer mengabadikan karyanya?

Bagi seorang fotografer, sebuah foto yang sempurna adalah tujuan utama. Dukungan peralatan dan keahlian yang mumpuni tentu menjadi modal utamanya. Fotografer akan bebas berekspresi untuk menuangkan idenya kedalam sebuah foto. Ia bahkan sama sekali tak peduli dengan cara apa mereka beraksi.


Coba perhatikan tingkah fotografer dalam sebuah resepsi pernikahan misalnya. Kontras dengan orang lain yang tampil teratur, sang fotografer adalah orang yang paling sibuk dan paling bebas bergerak. Berjalan mondar-mandir, jongkok, bahkan sambil tiduran, akan dilakukannya demi sebuah momen dan angle foto yang bagus.

Kali ini kita akan melihat tingkah para fotografer yang demi profesionalisme malah akan membuat kita tersenyum simpul.

Tukang foto ini mengandalkan dua hal untuk jepretannya; feeling dan tahan napas yang panjang


Diantara tumpukan kamera profesional


Dalam kondisi cuaca apapun, sang fotografer harus selalu menjaga kesehatan. Bukan kesehatan dirinya tapi kesehatan kamera.


Tak mau kehilangan momen, lima kamera dengan lensa jarak jauh dipajang. Butuh modal besar untuk sebuah hasil yang memuaskan.


Entah memang berani menantang maut atau sedang naas, fotografer ini nekat mengambil momen berbahaya. Mungkin untuk yang terakhir kalinya.


Nah, ini yang diceritakan di awal artikel tadi. Fotografer pernikahan bahkan tampil lebih ekspresif dibanding objek fotonya.


Beda tipis antara sniper dengan fotografer


Semoga lalu lintas sedang tidak ramai


Kalau boleh memilih, sepertinya pose yang paling cocok di foto adalah yang memfoto


Demi sebuah angle bagus


Ini adalah seorang fotografer profesional, super pro bahkan.


Resiko menjepret foto makro, tak peduli gaya


Lihat ekspresinya, objek foto bagai sebuah makanan lezat


Ada yang bisa menjelaskan, mengapa foto pertama jepretan harus diambil dengan posisi terbalik?


Good luck, bro!


Menjaga keseimbangan adalah hal lain yang harus dimiliki seorang ahli jepret


Sepertinya cantik, modis dan elegan. Tapi kurang sopan, masa iya harus sampai jongkok di jendela?


Santai sambil berkarya




Odong-odong khusus para fotografer


Harus punya keahlian stealth untuk bisa memfoto burung ini. Semoga jangan sampai bertemu tentara yang lagi gerilya


Cuma satu kalimat: "Dek, hati-hati, ya.."

Senin, 28 Agustus 2017

Mengungkap Sepuluh Fungsi Baru Smartphone yang Multiguna

terutamasehat.blogspot.com - Siapa yang sekarang ini bisa lepas dari kebutuhan akan ponsel pintar? Perkembangan alat komunikasi yang satu ini begitu pesat dan masif. Karena kemampuannya yang bisa ditanamkan aplikasi baru baik dari developer maupun pihak ketiga, membuat ponsel pintar selalu memiliki kemampuan baru setiap  harinya.

Sepuluh tahun lalu, jika kita ingin melakukan sepuluh pekerjaan berbeda maka kita perlu 10 alat berbeda juga. Kini, dengan smartphone, Anda bisa melakukan panggilan, pesan, menonton tv, membaca berita, bahkan melakukan transaksi online. Bahkan lebih dari itu.

Kita akan mengungkap sepuluh fungsi ponsel pintar yang akan mempermudah kebutuhan Anda.

10. Membuat pesan di Lock Screen


Andaikata ponsel Anda hilang, dan pada layar hanya terlihat tampilan untuk memasukkan password, maka orang lain takkan ada yang tahu kodenya, bukan? Meski kemungkinan ponsel Anda kembali, tapi ada cara yang mungkin bisa membuatnya kembali ke tangan Anda.

Gunakanlah fungsi khusus pada versi terbaru Android, dimana Anda bisa menuliskan pesan (dan nomor HP yang bisa dihubungi) di lock screen. Jadi bila ponsel hilang, orang lain yang mungkin berbaik hati bisa membaca pesan Anda dan bisa menghubungi Anda.

Masuklah ke menu "Setting"-"Lock screen and security." Kemudian tulislah pesan dan nomor handphone backup atau email Anda di pesan tersebut. Selesai.

9. Fungsi Anti maling


Jika pesan di lock screen belum cukup, gunakanlah aplikasi anti maling. beberapa aplikasi, semisal Cerberus, mampu mengambil foto, mengaktifkan mic, memblokir ponsel dan atau menghapus seluruh data, melacak lokasi via GPS, atau bahkan bisa megeluarkan suara keras yang akan menarik perhatian orang sekitar.




8. Menghemat memori


Cepat atau lambat, memiri di perangkat Anda akan penuh. Anda bisa menggunkan layanan penyimpanan data cloud seperti Dropbox atau Google Drive atau Anda bisa langsung membuat backup ke komputer PC.

Sebenarnya kalau aplikasi Telegram tidak dilarang di Indonesia, ia akan sangat berguna. Telegram membolehkan Anda mengirim seluruh file, pesan dan link ke Anda.  Anda bisa menggunakan sebagai notepad dan juga penyimpanan online (cloud storage). Cukup masukkan nomor handphone Anda.

7. Smartphone jadi CCTV


Gunakan ponsel pintar lawas Anda untuk membuat sistem keamanan sederhana di rumah. Aplikasi dengan fungsi sensor gerak akan mengubah perangkat Anda menjadi kamera CCTV yang akan merekam ketika seseorang terdeteksi. Dan Anda bisa langsung dikabari lewat  online.

6. Dashcam


Ponsel pintar Anda juga bisa diubah menjadi kamera DVR di mobil Anda. Pasang ponsel Anda mengarah ke jalan dan atur hingga jalan terlihat jelas. Lalu gunkan aplikasi khusus DVR yang bisa Anda download di Google Playstore.

5. Mengakses menu spesial


Jika Anda penggila berat smartphone dan selalu menggunkannya, Anda mungkin mengubah settingan ponsel layaknya seorang profesional. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke dalam Developer menu.

Masuk ke "Settings" - "About the phone" - lalu klik 7 kali pada "Model Number."

Selamat, kini Anda telah menjadi seorang developer. Dengan menggunkan menu ini, Anda bisa meningkatkan seluruh performa, kualitas penerimaan sinyal, dan tampilan sistem.


4. Sinar UV


Sinar Ultra Violet bisa sangat berguna, khususnya bila Anda ingin mengecek keaslian uang. Buat sendiri UV dengan bahan sederhana berikut: selotip, spidol dan ponsel pintar.

Tempelkan selotip ke lampu flash, dan tutupi dengan spidol biru. Ulangi langkah pertama, lalu beri tinta spidol ungu, dan kemudian tambahkan dua lapis lagi dengan cara yang sama. Selesai! Simak video berikut untuk tutorial lengkapnya :


3. Menggunakan smarthphone sebagai timbangan air


Setiap smartphone kini dilengkapi dengan akselerometer dan gyro sensor. Keduanya berfungsi sebagai penunjuk posisi perangkat. Unduh aplikasi khusus untuk Android dan iOS, dan ponsel Anda akan bisa digunakan sebagai timbangan air. Ini akan bekerja efektif pada fungsi konstruksi sederhana seperti menyeimbangkan posisi foto. Untuk kerja-kerja profesional, disarankan untuk memakai timbangan air asli.

2. Melihat statistik aplikasi yang paling sering dibuka


Jika Anda adalah seorang pecandu berat smartphone, dan keluarga Anda mulai mengeluh dengan hobi Anda tersebut, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melihat seberapa candu Anda dengan melihat statistik penggunaan aplikasi di smartphone.

Di iOS, Anda tinggal masuk ke menu "Settings" - "Battery" dan tekan tombol dial ke sebelah kanan dari kolom "last 7 days." Daftar aplikasi yang paling sering digunakan akan muncul. Untuk Android, Anda harus menginstall aplikasi semisal Instant.


1. Mode Monokrom


Jika Anda ingin menghemat baterai dan menyederhanakan pandangan Anda, Anda dapat mengubah pewarnaan smartphone ke mode monokrom selagi membaca. Masuk ke menu developer, dan temukan pilihan "simulate anomaly," lalu geser tombol monochrome mode on. Kini ponsel pintar Anda akan berwarna hitam putih.

Sumber: Brightside

Sabtu, 26 Agustus 2017

Fenomena Unik Ketika Pohon Tak Mau Saling Bersentuhan

terutamasehat.blogspot.com - Ada fenomena alami yang cukup unik pada beberapa spesies pohon, dimana sebagaian kanopi daun antara pohon satu dengan pohon lainnya tidak mau bersentuhan. Fenomena ini disebut sebagai Crown Shyness .

Biasanya ini terjadi diantara pohon-pohon yang berspesies sama, namun kadangkala terdapat juga pada pohon berbeda spesies. Bila dilihat dari bawah, nampak jelas daun dan cabang pohon tidak mau menyentuh pohon lainnya, sehingga membentuk celah kanopi yang menarik. Efek visual yang mencolok  membentuk retakan atau seperti alur sungai jika dilihat dari ketinggian.


Keunikan ini pertama kali diamati ilmuwan pada tahun 1920an. Penelitian mencoba mengungkap mengapa pepohonan tersebut mampu mengontrol pertumbuhan daunnya hingga tak menyentuh daun pohon lainnya.

Hingga sekarang, belum ada kata sepakat dari para ilmuwan tentang penyebab fenomena ini. Menurut Wikipedia, hal tersebut mungkin terjadi akibat daun dan cabang pohon yang saling bergesekan hingga menyebabkan dedaunan muda rontok dan membentuk celah.




Namun ada kemungkinan lain yang lebih menarik. Bisa jadi celah terbentuk karena pepohonan memang mengontrol pertumbuhan daunnya untuk tidak saling tumpang tindih dengan daun dari pohon lain. Dengan begitu akan muncul celah yang membuat cahaya matahari tetap bisa masuk optimal ke dedaunan pohon sebagai bahan utama fotosintesis.






Apapun penyebabnya, fenomena ini membentuk formasi yang sangat menarik dan indah.

Kamis, 24 Agustus 2017

Lakukan Hal Ini Jika Anda Dalam Situasi Darurat

terutamasehat.blogspot.com -  Apapun bisa terjadi dalam kehidupan, termasuk situasi yang dapat membahayakan jiwa. Meski tentu saja ini tak diinginkan setiap orang, bersiap menghadapinya adalah sesuatu yang penting dilakukan.

Biasanya kita bisa mendapatklan informasi tentang teknik survival dari internet dengan mudah. Hanya saja, kebanyakan teknik yang diberikan adalah kemampuan bertahan hidup saat kita sedang berada di hutan atau pegunungan. Padahal, dalam kehidupan sehari-hari pun sering terjadi kecelakaan yang menghadapkan kita pada situasi darurat.

Kita akan mengulas sebelas tips saat dihadapkan pada situasi sulit. Namun kita berharap Anda takkan pernah menghadapi situasi darurat hingga Anda tak perlu menggunakan tips-tips ini. Stay safe.

11. Jika Anda terjebak dalam lift

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Jangan coba-coba berusaha keluar dari lift dengan usaha sendiri karena sangat berbahaya. Carilah telepon lift yang biasanya tersedia di dalam lift. Telpon ini akan menyambung ke petugas gedung.


Jika ternyata tak lift tak tersedia telpon, buatlah suara gaduh di dalam lift agar orang diluar bisa mendengarnya. Cara terbaik adalah dengan terus menerus menekan tombol alarm yang tersedia di dalam lift. Ini akan membuat orang tahu kalau Anda sedang terjebak.

Akan menjadi pengalaman yang menakutkan jika Anda terjebak di dalam lift dan tak tahu kapan akan mendapat pertolongan. Meski begitu, cobalah untuk tetap tenang. Kepanikan malah akan memperpendek pernapasan. Jika Anda merasa panik, cobalah tutup mata dan ambil napas panjang. Yakinlah situasi ini akan segera terlewati.

10. Jika Anda tak bisa berenang

Pada 2008, di Kobe lima orang tenggelam di sungai Toga ketika hujan badai, seorang anak SD dapat diselamatkan karena ia bertahan hidup dengan cara memeluk tas rangsel-nya. Para ahli mengatakan, seseorang dapat dengan mudah mengapung di permukaan air seperti layaknya Berang-berang, dengan hanya memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.


Saat seseorang jatuh ke dalam air, reaksi spontan adalah berusaha untuk berenang walaupun ternyata ia tidak pandai berenang. Dengan spontan korban juga akan melambai-lambaikan tangannya sambil berteriak minta tolong, tangan yang mengarah ke atas sebenarnya malah akan membuat korban menjadi semakin mudah tenggelam. Menurut ahli, tindakan ini salah. Yang harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung memakai teknik Uitemate dan tunggulah hingga bantuan datang.

Ingin belajar teknik uitemate? silahkan baca petunjuk lengkapnya di artikel;
Uitemate, Teknik Mengapung Yang Telah Menyelamatkan Banyak Nyawa

9. Membuat api dari baterai ponsel

Jika Anda tersesat di pegunungan yang berada jauh dari peradaban, gadget Anda menjadi tak berguna. Ketika dihadapkan pada pilihan antara harus menunggu mendapat sinyal tapi terancam mati kedinginan atau harus segera membuat api tapi tak ada mancis, maka pilihan paling logis adalah membuat api menggunakan baterai ponsel.


Kebanyakan ponsel pintar dan tablet menggunakan baterai lithium (Li-ion). Jika Anda menusuknya dengan benda tajam, ini akan memicu reaksi kimia yang akan menghasilkan api. Yang harus Anda siapkan sebelum melakukannya adalah menyiapkan kayu bakar dan semak kering yang mudah terbakar. Selain sebagai penghangat dan memasak, api juga bisa berguna sebagai penanda lokasi Anda.


8. Menyelamatkan diri dari terseret Arus Pecah

Arus pecah (Rip current) adalah arus balik yang terbentuk akibat arus datang tegak lurus garis pantai dan berjumpa dengan garis pantai yang melengkung. Arus ini bisa menyeret orang yang sedang berenang ke tengah laut. Ombak pantai Laut Selatan adalah contohnya.


Saat sedang berenang di laut, fenomena berbahaya ini bisa tiba-tiba muncul. Ketika kita terperangkap, insting kita akan segera memerintahkan untuk segera berenang ke pinggir pantai secepatnya, tapi yang terjadi kita malah semakin jauh dari pantai.

Yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi ini adalah jangan langsung berenang ke arah pantai dengan arah lurus, bergeraklah dengan arah diagonal atau sejajar dengan arus. Arus pecah biasanya tidak luas, jadi Anda bisa berenang dengan cara diatas untuk menyelamatkan nyawa Anda.

7. Lari dari kejaran buaya

Amit-amit jabang bayi, jangan sampai kita mengalaminya. Tapi andai dewa apes sedang menguntit Anda, inilah yang harus dilakukan.


Ketika bergerak lurus, lari buaya bisa lebih cepat dari manusia. Tapi, karena kakinya pendeng sementara badannya panjang, mereka menjadi kaku saat harus berbelok. Jadi jika Anda di kejar buaya, larilah dengan gaya zigzag. Tapi untuk amannya, saat berada di alam liar Anda lebih baik menghindar dari sungai.


6. Jika Anda tersengat ubur-ubur


Sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan syok neurogenik, reaksi alergi dan keracunan yang kuat pada tubuh. Untuk menghindari efek racunnya, Anda bisa melakukan  ini:

  • Segera bersihkan luka dan buang sisa tentakel yang masih menempel. Untuk menghindari sengatan baru, jangan sentuh tentakel dengan tangan kosong.
  • Cuci luka sengatan dengan air garam. Jangan pernah membersihkannya dengan air tawar karena air tawar malah akan mengaktifkan racunnya.
  • Untuk membuang racun, kompreslah lukan dengan cuka buah atau alkohol.
  • Minum banyak air dan segera ke dokter. Air akan membantu pemulihan lebih cepat dan dokter akan melihat apakah perlu penanganan medis lanjutan.

5. Selalu ingat "Rule of 3", prinsip tiga batas kemampuan hidup manusia

Anda bisa mengingat kemampuan rata-rata manusia bisa bertahan hidup pada kondisi kritis:
  • 3 menit tanpa oksigen, secara rata-rata, setelahnya manusia akan pingsan;
  • 3 hari tanpa minum, setelahnya manusia akan mengalami dehidrasi berbahaya.
  • 3 minggu tanpa makan, bila tanpa cidera atau gangguan kesehatan lain. Pada situasi kritis, tubuh mampu bertahan dan kadang bahkan bisa hidup tanpa makanan hingga sebulan.  
Saat situasi tak menguntungkan, penting untuk mengingat prinsip ini dan segera membuat skala prioritas.


4. Mengelem luka


Katakanlah Anda sedang memperbaiki sesuatu di rumah, lalu sebuah gerakan tak hati-hati membuat tangan teluka lebar. Sialnya, Anda tak bisa menemukan perban. Dalam situasi ini, Anda bisa memakai lem super kuat untuk menutup luka. Ini tak hanya akan menutup luka, tapi juga bisa berfungsi sebagai disinfektan. Setelahnya, Anda tetap harus ke dokter untuk menjahit lukanya.




3. Memadamkan kompor atau wajan terbakar

Dalam sekian detik,  wajan yang tak diawasi bisa terbakar. Ini terjadi ketika minyak menjadi terallu panas dan asap minyak akan disambar api kompor. Mengahadapi situasi ini, jangan pernah menuangkan air kedalam minyak menyala. Ini malah akan membuat api semakin kuat dan membesar, dan minyak akan memercik kemana-mana.


Jika nyala api masih kecil, Anda bisa menuangkan baking soda kedalam wajan, ini akan menyerap oksigen. Tapi yang paling efektif adalah dengan menutup wajan dengan kain basah. Handuk basah atau kaos biasa cukup untuk memadamkan api.

Jika Anda masih menggunakan kompor sumbu. Cara diatas juga bisa dilakukan. Dulu biasanya orang menggunakan goni wol basah untuk memadamkan kompor meledak.

2. Saat Anda tersedak


Tersedak merupakan kejadian sepele yang bisa berakibat fatal, yang dapat membuat napas sesak bahkan menyebabkan kematian karena kehabisan napas, oleh karena itu apabila hal tersebut terjadi pada orang di sekitar kita, kita harus tau hal pertama yang harus dilakukan, dibawah ini beberapa langkah pertolongan pertama saat tersedak :

  • Berdiri atau berlutut di belakang korban (pastikan tinggi tubuh Anda sesuai dengan tinggi tubuh korban, apabila korban masih anak2 atau bertubuh kecil dari Anda kemungkinan harus berlutut)
  • Kepalkan salah satu atngan Anda.  
  • Letakkan kepalan tangan Anda dengan arah ibu jari menempel ke dinding perut korban, posisikan kepalan tangan anda 2 jari di atas pusat (pusat selalu sejajar dengan tulang pinggul atas), Anda tidak boleh memposisikan kepalan tangan Anda di ulu hati.
  • Kencangkan kepalan tangan Anda dengan yang ssatunya sehingga kedua lengan anda melingkar di perut korban.
  • Lakukan penekanan ke arah belakang dan atas sampai benda asing keluar atau si korban menjadi jatuh tidak sadar. 

Untuk lebih detail Anda bisa mengunjungi situs ini.

Bagaimana bila Anda sendiri yang tersedak dan tak ada orang disekitar atau orang tak tahu cara menolong Anda? Anda bisa membaca detailnya di sini : Yang Harus Dilakukan Saat Anda Tersedak

1. Jika Anda tertusuk benda tajam cukup dalam


Biasanya orang akan langsung mencabut benda tajam yang menusuk tubuh dan segera membersihkan lukanya. Namun yang harus Anda tahu, jika luka tusukan cukup dalam, jangan coba-coba menarik benda tajam tersebut.


Ini ibarat air dalam kantong plastik. Ketika tusukan cukup dalam dan mengenai pembuluh darah, benda yang menusuk akan menutup pembuluh. Tapi begitu Anda mencabut benda tersebut, Anda bisa mengalami pendarahan hebat. Karenanya, kadang lebih baik membiarkan luka tersebut hingga ditangani dokter.

Sekali lagi, semoga kita tak harus menghadapi situasi berbahaya dalam keseharian kita. Namun bila itu terjadi, kita harus bisa tenang, fokus dan tetap tersenyum manis seperti bapak dibawah ini.

Sumber : Brightside dan berbagai sumber lainnya

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)