Latest News

Selasa, 30 Mei 2017

Ajaib! Baru Beberapa Menit Lahir, Bayi Ini Sudah Coba Berjalan

terutamasehat.blogspot.com - Bayi yang baru lahir tentu saja masih lemah dan tulang mereka masih sangat rentan. Butuh beberapa bulan sebelum mereka bisa mulai merangkak dan akhirnya berjalan. Tapi bayi yang satu ini membuat takjub semua orang karena ia sudah mulai belajar berjalan beberapa menit setelah lahir.


Saat bidan sedang membersihkan tubuh sang jabang bayi setelah dilahirkan, mereka terkejut karena si bayi menggerakkan kedua kakinya seperti ingin berjalan. Ia terus berusaha "berjalan" sambil badannya ditopang tangan bidan agar tak jatuh.


Dalam video yang viral di facebook, bidan berusaha mendudukkan bayi agar bisa kembali dibersihkan, tapi si bayi kembali 'berdiri', dan mencoba berjalan sekali lagi! Tentu saja para bidan yang merawatnya terkesima dengan tingkah si kecil ini.

Sejak diposting ke facebook 26 Mei 2017 yang lalu oleh akun Arlete Arantes, video ini telah ditonton lebih dari 84 juta orang dengan berbagai komen penuh ketakjuban. Tonton video ajaib dibawah ini :



Kamis, 25 Mei 2017

7 Material Buatan Manusia Berkekuatan Super

terutamasehat.blogspot.com - Kita sering mendengar tentang perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat; robot, gadget, ponsel pintar, kendaraan canggih, pengobatan mutakhir dan lainnya. Tapi ini hanya bagian kecil dari capaian ilmu pengetahuan yang telah diraih manusia saat ini.

Yang tak kalah penting, bidang teknik kimia ternyata juga telah menemukan beberapa material menakjubkan beberapa tahun belakangan. Sebagai contoh, ilmuwan telah menciptakan bahan super ringan yang terbuat dari asap padat bernama aerogel. Dengan benda semi transparan ini, kita bisa terlindung dari api tanpa merasakan panas sama sekali.


Ada tujuh material menarik dan sangat berguna yang telah ditemukan ilmuwan. Dengan material ini, dalam beberapa tahun kedepan dunia kita akan banyak berubah.

1. Aerogel

Aerogel boleh berbangga karena telah menyandang 15 rekor dunia dari Guinnes Book of Records, prestasi terbesar dibanding material lain yang pernah ada.

Ia dikenal sebagai 'asap beku', sebuah nama panggilan dari bentuknya yang memang mirip asap padat. Aerogel berisi 99,8% ruang hampa, karenanya, bentuknya menjadi semi transparan. Materail ini adalah sebuah insulator sempurna.


Dengan pelindung yang terbuat dari aerogel, Anda dapat terlindung dari semburan api tanpa bahaya. Bahan ini akan menyerap semua panas dari api. Hal yang sama juga terjadi pada udara dingin. Dengan bahan yang cukup, Anda bisa membuat rumah yang nyaman di bulan. Fakta menarik lainnya, Struktur dalam Aerogel sangat kompleks dimana setiap inchinya bila diurai akan selebar lapangan sepakbola.

2. Karbon Nanotube

Bayangkan rantai panjang karbon. Struktur super ini terikat bersama oleh kekuatan terbesar di semua dunia kimia, yaitu ikatan sp2. Karbon Tabung Nano ini dibangun dengan rasio panjang berbanding diameter hingga 132.000.000:1. Materi terpanjang dari semua bahan ciptaan manusia yang pernah ada.


Ini berarti ia menjadi sangat kuat, dan faktanya, mungkin menjadi satu-satunya material buatan manusia yang dapat menjadi bahan pembangunan 'lift angkasa' yang akan membawa manusia dan kargo turun naik dari stasiun ruang angkasa. Karbon nanotube 300 kali lebih kuat dari baja, ini berarti Anda bisa membangun menara dengan tinggi hingga ratusan kilometer tanpa takut ambruk.

3. Metamaterial

Metamaterial adalah material buatan yang direkayasa sehingga memiliki sifat yang mungkin tidak ditemukan di alam. Bahannya dibangun dari berbagai elemen yang merupakan material mikroskopis, seperti metal atau plastik, dan disusun dengan pola tertentu. Metamaterial tidak mendapatkan keistimewaannya dari komposisi penyusunnya, tapi dari struktur disain yang tersusun sempurna.


Bentuk yang benar-benar presisi, geometri, ukuran, orientasi dan penyusunan mempengaruhi gelombang cahaya atau suara, yang menciptakan fungsi yang tak bisa diperoleh dengan menggunakan material biasa.


David Stubbe dalam artikelnya pada Berkeley Science Review menganalogikan material biasa sebagai bongkahan semen seukuran Manhattan, yang terbuat dari substansi-substansi yang kurang lebih sama. Lalu ia membandingkan dengan Manhattan yang sebenarnya sebagai metamaterial, di mana bongkahan semen tersebut disusun kembali menjadi bangunan dengan struktur tata kota tertentu. Walaupun sama-sama terdiri dari semen, sebuah kota dengan gedung pencakar langit memiliki substruktur yang lebih kompleks dari bongkahan semen. Sebagai hasilnya, karakteristik keduanya juga berbeda.

Dengan mengganti semen dengan tembaga dan bangunan dengan kumparan dan kawat, kemudian menyusutkannya menjadi sekitar sepermilyar, itulah dasar dari metamaterial.


Kemampuan paling super dari metamaterial adalah mampu membelokkan cahaya. Dengan bahan ini, ilmuwan telah mampu membuat jubah ala Harry Potter yang bisa membuat pemakainya menghilang.


4. Berlian Nano (Nano-Diamond)

Nanodiamond secara menyakinkan didemonstrasikan produksinya pada tahun 2003 dari bahan granit yang dikompresi. Cara ini hampir sama dengan proses terciptanya berlian mentah, namun jauh lebih kompleks karena dengan teknologi mampu memperpendek pembentukan berlian-nano (Berlian asli butuh waktu ribuan tahun).


Bahan ini menjadi bahan terkeras yang pernah ada, sekaligus terkuat, ringan dan terbuat dari unsur yang paling mudah ditemukan; karbon.

Ia merupakan penghantar panas ajaib dan memiliki titik leleh tertinggi dibanding material lain yang ada di bumi. Jika diaplikasikan, mesin yang dibuat dengan bahan ini akan menjadi sangat ringan, kuat dan lebih bertenaga dari benda manapun yang ada saat ini.

5. Logam Amorf

Dengan cara mendinginkan dengan cepat logam cair sebelum partikelnya kembali ke bentuk padat, ilmuwan berhasil menciptakan logam amorf - logam yang struktur atomnya tak lagi beraturan.


Dengan struktur yang dalam kondisi anomali ini, logam akan menjadi dua kali lebih kuat dari baja, dunia militer tertarik untuk membuat pelindung dari logam ini. Selain kuat, logam amorf juga memiliki daya hantar listrik yang tinggi hingga mampu meningkatkan efisiensinya hingga 40%. Ini akan menghemat energi sangat besar.




6. Alumina transparan

Material ini tiga kali lebih kuat dari baja dan dalam kondisi tembus pandang. Material ini memiliki begitu banyak kegunaan luar biasa. Bayangkan nanti akan ada bangunan gedung pencakar langit yang terbuat dari bahan baja transparan yang kuat. Ini akan mengurangi polusi visual di perkotaan. Akan banyak bangunan yang tidak terlihat (tentu saja dengan sedikit bayangan kabur yang menandakan adanya bangunan).



7. E-Tekstil

Dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, Anda dan siapa saja akan sangat kenal dengan e-tekstil. Bahkan, mungkin sebentar lagi Anda akan mengenakannya. Untuk apa susah-suah menenteng ponsel kalau bisa digabung dengan baju kita.


Pakaian di masa depan akan dilengkapi dengan teknologi e-tekstil (kini teknologi tersebut telah ada), yang bisa memantau kesehatan, memutar video, dan membuat panggilan telpon serta memberikan informasi lewat internet bila dibutuhkan. Dan kerennya, pakaian Anda akan bisa bercahaya dalam gelap.


Rabu, 24 Mei 2017

Wow, Gedung Ini Disulap Jadi Mesin Penjual Mobil Mewah Otomatis Raksasa

terutamasehat.blogspot.com - Barang apa yang paling mahal yang bisa Anda beli lewat mesin penjual otomatis? Kita biasa melihat mesin penjual otomatis menjual makanan ringan atau minuman di banyak tempat, tapi yang satu ini pasti belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Mesin penjual otomatis raksasa dibangun di Singapura. Gedung berlantai 15 disulap menjadi tempat menjual mobil-mobil mewah paling prestisius. Bentley, Ferrari dan Lamborghini bisa dibeli konsumen kaya hanya dalam hitungan menit.


Gedung ini kini dijuluki sebagai mesin penjual mobil mewah otomatis terbesar di dunia. Diisi dengan berbagai jenis mobil mewah berbagai merek yang dijual oleh perusahaan penjual mobil, Autobahn Motors.

Dengan sistem khusus yang dirancang untuk mengatur pengambilan mobil secara otomatis, mobil yang diinginkan bisa datang hanya dalam waktu satu hingga dua menit. Mobil mewah yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari mobil sport keluaran terbaru hingga jenis klasik, termasuk merek Morgan Plus 4 tahun 1955.


Gary Hong, General Manager Autobahn Motors mengatakan, "Kami ingin membuat sebuah tempat yang bisa menyimpan banyak mobil. Diwaktu yang sama, kami ingin menjadi kreatif dan inovatf." Gedung yang sekaligus menjadi etalase ini tampak sangat elegan. Dari jauh terlihat mobil-mobil mewah tersusun rapi di 'rak'nya masing-masing seperti mobil mainan.

Jadi, tunggu apalagi. Jika isi rekening Anda cukup sehat, silahkan datang ke Singapore untuk mencoba membeli mobil mewah lewat vending machine ini.

Selasa, 23 Mei 2017

Inilah Wajah Manusia Tertua yang Pernah Terekam Kamera

terutamasehat.blogspot.com - Indonesia pernah memiliki Mbah Gotho, lelaki yang diklaim hidup hingga usia 146 tahun yang meninggal pada 30 April 2017 lalu. Meski mengaku berusia sangat tua, usia pasti mbah Gotho masih menjadi kontroversi karena tidak adanya bukti otentik yang bisa menunjukkan kebenarannya.

Jauh sebelum dunia modern mulai mendokumentasikan orang-orang tertua yang hidup di dunia, seorang lelaki Indian sangat tua yang hidup di Amerika telah berhasil didokumentasikan dengan baik di sekitaran tahun 1920-an. John Smith, diklaim sebagai munusia yang hidup hingga usia 138 tahun.


Bukti tentang kebenaran usianya juga menjadi kontroversi ketika itu. Namun gurat wajahnya yang begitu dalam hingga menyerupai kulit pohon, menjadi bukti tak terbantahkan kalau ia memang telah melewati hidup panjang di dunia.

Sepanjang hidupnya penuh kesibukan, memancing, menunggang kuda, bepergian kemana-mana dengan kereta api hingga bertarung telah dijalaninya. Raut wajah tuanya membuat ia muncul dibeberapa film. Selama hidupnya ia telah memiliki delapan istri tapi tak punya anak, hanya seorang anak adopsi bernama Tom Smith.


Umur pasti John Smith saat ia meninggal menjadi perdebatan sengit. Komisi Federal untuk Pendaftaran Tunjangan Indian, J. Powell membantah ia berumur tua dengan mengatakan bahwa kulit wajahnya yang mengerut adalah akibat penyakit. Ia menduga umur John tak lebih dari 88 tahun.



Paul Buffalo, orang yang sedari kecil telah bertemu dengan John Smith, mengatakan ia beberapa kali mendengar orangtua itu mengaku berumur 'tujuh atau delapan', 'delapan atau sembilan' dan 'sepuluh tahun' ketika terjadi peristiwa 'bintang berjatuhan'.


Hujan bintang jatuh merujuk pada peristiwa hujan meteor Leonid yang terjadi pada 13 November 1833. Menurut sejarawan lokal Carl Zapffe, kelahiran orang-orang Indian pada abad ke-19 biasanya ditetapkan pemerintah dengan menghubungkannya pada peristiwa hujan meteorit yang tampak di seluruh langit Amerika saat fajar 13 November 1833. Peristiwa itu membuat takut semua orang dan menganggapnya sebagai kiamat. Atas dasar pertistiwa ini, umur John Smith diperkirakan tak lebih dari 100 tahun.


Meski usia sebenarnya diragukan, namun nisan dimakamnya tetap mengabadikan usia 138 tahun untuknya.

Senin, 22 Mei 2017

Anak Suka Gigiti Kuku, Ini Akibatnya

terutamasehat.blogspot.com - Penggigit kuku (Nail-biters) adalah sebutan bagi mereka yang hobi menggigiti kukunya sendiri. Sama seperti mereka yang suka menarik-narik rambut atau kulitnya, hobi ini sering menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Psikiater mengatakan orang yang cenderung menggigiti kuku atau menarik rambutnya sendiri menunjukkan ia dalam kondisi kecemasan ekstrim. Orang menggigiti kukunya biasanya bukan karena ada bintil kuku, tapi malah dipicu saat mengemudi, membaca atau sedang stres.


Sara Guidry mengaku bahwa putranya, Kale, telah menggigiti kukunya sejak lama. Suatu saat ia sadar kalau digusi anaknya terlihat benda putih kecil sedikit menyembul keluar. Penasaran, Sara mencoba menarik benda tersebut. Ia kaget melihat benda tersebut ternyata adalah potongan kuku yang tertanan didalam gusi anaknya.



Untuk memastikan gusi anaknya bebas potongan kuku, ia mengecek seluruh bagian mulut Kale dan menemukan 27 potongan kuku lainnya. Makin penasaran, ia menarik dengan pinset dan akhirnya total 31 potongan kuku yang tertanam di dalam gusi berhasil dikeluarkan. Tentu saja ia masih syok dengan kejadian ini.

Ia membagikan pengalamannya di sosial media, berharap bisa menjadi peringatan bagi orangtua tentang bahaya menggigiti kuku. Sejak ditayangkan pada 17 Mei 2017, dalam 5 hari videonya telah ditonton lebih dari 39 juta orang.


Selain resiko tadi, menggigiti kuku juga punya sisi negatif lain :

Terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Kuku Anda adalah tempat ideal bagi bakteri untuk berkembangbiak, dan itu termasuk bakteri patogenik seperti Salmonella dan E. coli.

Infeksi kuku

Penggigit kuku rentan terhadap paronchia, infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku. Saat Anda menguyah kuku, bakteri, jamur dan mikroorganisme lainnya dapat masuk melalui air mata atau lecet kecil, menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan nanah di sekitar kuku Anda.

Bintil karena infeksi HPV

Bintil di jari yang disebabkan oleh human papilomavirus atau HPV, sering muncul pada penderita penggigit kuku akut. Bintil ini dapat dengan mudah menyebar ke bagian mulut dan bibir akibat suka menggigiti kuku.

Masalah gigi

Menggigit kuku dapat menyebabkan masalah kerapian susunan gigi, karena terlalu sering mengatupkan gigi atas dan bawah.


Gangguan kualitas hidup

Studi yang dipublikasikan tahun 2017 menemukan bahwa orang yang suka menggigit kuku kronis dilaporkan sering mengalami gangguan kualitas hidup yang signifikan dibanding orang normal.


Rabu, 17 Mei 2017

Cara Mudah dan Murah Buat Baju Putih Cemerlang

terutamasehat.blogspot.com -Baju putih akan tampak bagus bila terlihat bersih dan bersinar seperti baru. Tapi biasanya, putih cemerlang baju putih kita tak bisa bertahan lama. Sayangnya, baju putih lama kelamaan akan kehilangan cemerlangnya dan perlahan berubah menjadi abu-abu pucat.

Anda bisa saja mengembalikan cemerlangnya baju dengan menggunakan berbagai produk pemutih, tapi Anda bisa juga memilih cara yang murah dan mudah untuk memutihkannya.


Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan baju. Bisa dengan jeruk lemon, baking soda, atau menjemurnya di terik matahari. Namun, dari semua metode yang ada, kami percaya yang paling efektif adalah dengan menggunakan Kalium Permanganat.


Bahan kimia ini dengan mudah bisa dibeli di toko kimia atau farmasi, dan dijamin akan memberikan putih cemerlang pada pakaian Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah sedikit bahan ini, air, ember, dan kantong plastik.


Cara menggunakan

  • Isi ember dengan 10 liter air.
  • Tmbahkan sedikit kristal Kalium Permanganat dan tunggu hingga tercampur sempurna dan air berubah menjadi berwarna merah jambu. Ingat, jangan terlalu banyak memberi kalium permanganat karena air akan berubah menjadi berwarna ungu gelap.
  • Tambahkan 200g deterjen laundry kedalam air dan aduk hingga merata. Jagan kuatir jika air berubah warna, ini adalah bagian dari proses.
  • Tempatkan pakaian putih yang ingin Anda putihkan kedalam air campuran dan tutup ember dengan kantong plastik. Rendam sekurangnya 4-5 jam. Paling baik direndam semalaman.
  • Setelahnya, angkat pakaian dari air rendaman dan peras hingga kering.

Tips:

  1. Jika Anda belum mencuci pakaian sebelum direndam dengan kalium permanganat, Anda bisa masukkan kedalam mesin cuci dan cuci seperti biasa. Dan bila Anda telah mencucinya sebelum direndam dengan cara ini, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih dan menjemurnya.
  2. Cara ini bukan saja alami dan murah, tapi hasilnya juga sangat mengagumkan. Jika Anda melihat hasilnya belum seperti yang diharapkan, Anda tinggal mengulangi prosesnya hingga warna putih cemerlang pakaian Anda kembali.

Selasa, 09 Mei 2017

Demi Buru Seorang Sniper Viet Cong, Tentara AS Hujani Bukit dengan Tembakan

terutamasehat.blogspot.com - Ini bukan pesta kembang api. Ini adalah suasana pertempuran dahsyat antara seluruh tentara di sebuah markas militer  AS melawan seorang sniper Viet Cong yang bersembunyi diatas bukit yang terjadi pada bulan April 1970 di pesisir kota Qui Nhon, Vietnam.

Pertempuran tak imbang ini dimulai ketika seorang sniper Viet Cong yang bersembunyi diantara bebatuan, selama beberapa malam memberondong markas tentara AS dengan senapan AK-47. Ia menembaki atap seng markas, menyebabkan satu tentara tewas dan membuat marah tentara lainnya. Para prajurit diberitahu bahwa balasan luar biasa akan dipersiapkan bila si penembak jitu itu kembali menyerang.


Dan benar saja, ketika si sniper kembali beraksi, para tentara AS membalas tembakan tersebut dengan menghujani seluruh bukit dengan tembakan. Sisi bukit yang menghadap ke markas terang oleh cahaya tembakan suar, peluru berdaya ledak tinggi, dan peluru pelacak. Tindakan berlebihan ini terekam dalam deretan foto luar biasa yang diambil seorang prajurit AS, James Speed Hensinger.

James Speed Hensinger.

Ketika suara tembakan pertama terdengar, ia meletakkan kameranya diatas karung pasir dan mengarahkannya ke bukit. Dengan menggunakan cable release, ia memotret kejadian tersebut sambil ikut bertempur.



Sebuah tank jenis M42 menyapu bukit dengan tembakan ganda peluru auto-kanon 40mm anti serangan udara, sementara tentara yang berjaga di menara memberondong dengan senapan mesin kaliber 50mm dan senapan mesin M60.



Saat fajar, petugas patroli naik ke atas bukit, mencari target mereka diantara bebatuan besar. Mereka menemukan jejak kecil darah, tapi sang sniper telah menghilang. Dengan tembakan begitu masif, mereka gagal membunuh target.

Senin, 08 Mei 2017

Kisah Prajurit Jepang yang Menolak Menyerah Selama 29 Tahun

terutamasehat.blogspot.com - Setelah bom atom dijatuhkan di kota Nagasaki dan Hiroshima, pada 15 Agustus 1945, Jepang akhirnya menyatakan menyerah, dan Perang Dunia kedua pun usai. Tapi bagi sebagian orang, perang belum berakhir.

Letnan Hiroo Onoda berumur 22 tahun ketika ia ditempatkan di Pulau Lubang, Filipina pada Desember 1944. Sebagai seorang perwira intelejen, ia diberi perintah untuk mengganggu dan menyabotase pergerakan lawan, serta tak boleh menyerah atau bunuh diri.


Tentara sekutu mendarat di pulau tersebut pada bulan Februari 1945. Perintah terakhir dari atasannya adalah ia harus segera mundur ke pedalaman pulau dan mengganggu usaha invasi tentara sekutu hingga pasukan bantuan kekaisan Jepang datang membantu. "Kau tidak boleh mati bunuh diri," perintah atasannya. "Mungkin butuh waktu hingga tiga tahun, mungkin juga lima tahun, apapun yang terjadi, kami akan datang menjemputmu. Sebelum kami datang, meski kamu hanya tinggal punya satu prajurit, kamu harus terus memimpinnya".

Onoda terus menjalankan misinya dan bertahan hidup dalam hutan, ia hidup bersama tiga prajurit bawahannya; Prada Yuichi Akatsu, Kopral Sjoichi Shimada dan Pratu Kinshichi Kozuka. Selama tinggal dalam hutan, ia bersama prajuritnya melakukan aktivitas gerilya dan beberapa kali terlibat kontak tembak dengan kepolisian.

Letnan Hiroo Onoda muda, 1944

Meski tinggal dalam hutan, sebenarnya mereka telah mendapat informasi kalau Jepang telah kalah perang. Pertama kali informasi didapat dari sebuah selebaran yang menyatakan Jepang telah menyerah pada Oktober 1945. Selebaran didapat saat anak buahnya menembak seekor sapi dan menemukan selebaran yang ditinggal penduduk sekitar berisi tulisan: "Perang telah berakhir pada 15 Agustus. Turunlah dari Gunung!". Tapi mereka tidak percaya. Mereka menyimpulkan selebaran tersebut hanya propaganda tentara sekutu.


Di penghujung tahun 1945, selebaran dijatuhkan dari udara dengan isi perintah menyerah dari Jenderal Tomoyuki Yamashita. Setelah berbulan-bulan bergerilya, selebaran ini adalah bukti paling otentik kalau perang telah usai. Onoda melihat dengan cermat brosur tersebut untuk membuktian keasliannya, dan mereka memutuskan kalau selebaran itu palsu.


Salah seorang prajuritnya, Yuichi Akatsu memisahkan diri dari kelompok pada September 1949 dan menyerah kepada tentara Filipina di tahun 1950 setelah enam bulan bergerilya sendirian. Ini menjadi peringatan bagi Onoda dan ia menjadi lebih waspada. Di Tahun 1952, surat dan foto dari keluarga mereka dijatuhkan dari pesawat untuk membujuk mereka agar menyerah. Tapi sekali lagi, tiga prajurit keras kepala tersebut menganggapnya sebagai sebuah tipuan.

Shimada tertembak di kaki ketika terjadi baku tembak dengan nelayan lokal pada Juni 1953, namun Onoda berhasil menyembuhkannya. Pada 7 Mei 1954, Shimada tewas akibat tembakan pasukan Filipina yang memburu mereka ke dalam hutan. Kozuka tewas dengan dua tembakan oleh polisi lokal pada 19 Oktober 1972, ketika ia dan Onoda, melakukan sabotase dengan membakar lumbung padi petani. Onoda kini sendirian.

Onoda bersama Norio Suzuki, lelaki yang akhirnya membantu Onoda untuk menyerah

Pada 20 Februari 1974, Onoda bertemu dengan seorang pria Jepang, Norio Suzuki, yang telah berpetualang keliling dunia dengan tiga tujuan; 'Mencari Letnan Onoda, bertemu Panda dan berusaha menemukan Manusia salju'. Suzuki menemukan Onoda setelah empat hari pencarian. Onoda menceritakan momen ini ketika diwawancarai pada 2010: "Suzuki, si bocah petualang ini datang ke pulau untuk menemuiku dan ia bertanya mengapa aku tak mau keluar?" Onoda dan Suzuki menjadi teman baik, tapi Onoda tetap menolak menyerah, ia masih menunggu perintah dari atasannya langsung.

Letnan Onoda memberi hormat dengan pakaian militer lusuhnya yang telah berusia lebih dari 29 tahun. Terlihat sarung pedang katana miliknya telah berkarat termakan usia.



Suzuki kembali ke Jepang bersama foto ia dengan Onoda sebagai bukti pertemuan mereka. Pemerintah Jepang lalu segera mencari atasan Onoda, Mayor Yoshimi Taniguchi, yang kini telah menjadi seorang penjual buku. Setelah 29 tahun berlalu, ia terbang kembali ke Pulau Lubang, dan pada 9 Maret 1974 akhirnya bertemu dengan Onoda dan memenuhi janji yang dibuatnya pada tahun 1944, "Apapun yang terjadi, aku akan kembali menjemputmu."


Onoda akhirnya dibebas-tugaskan dan bersedia menyerah. Ia menyerahkan sebilah pedang katana, sebuah senapan jenis Arisaka tipe 99 yang masih berfungsi, 500 butir peluru dan beberapa buah granat tangan, juga sebilah belati pemberian ibunya pada tahun 1944 yang akan digunakan untuk bunuh diri bila ia tertangkap. Meski ia telah membunuh 30 orang dan beberapa kali terlibat baku tembak dengan pihak keamanan Filipina, situasi dimana ia percaya perang masih berlangsung, menjadi pertimbangan pemerintah Filipina dan ia mendapatkan pengampunan dari presiden Ferdinand Marcos.


Onoda meninggal pada 16 Januari 2014 dalam usia 91 tahun. Terlepas dari statusnya sebagai tentara penjajah, keteguhan hatinya menjalankan perintah atasan menjadi begitu fenomenal. Ia adalah gambaran pria Jepang yang menjunjung tinggi nilai Bushido, seorang ksatria samurai sejati.

Onoda saat kembali ke Jepang setelah 29 tahun hidup di hutan

Sementara Suzuki, pria petualang yang telah membantu Onoda, kembali berkeliling dunia dan akhirnya bisa bertemu panda. Namun di tahun 1986, ia tewas tertimbun salju longsor di Himalaya ketika mencari Manusia salju.

Onoda di tahun 1975, setahun setelah kepulangannya.

Cara Mudah Ketahui Telur Segar atau Telah Busuk

terutamasehat.blogspot.com - Telur adalah sumber protein murah dan lezat yang selalu kita santap sehari-hari. Dari anak hingga dewasa sangat menyukainya. Tak lengkap rasanya bila dalam seminggu kita tak menyantap hidangan telur, baik yang digoreng dadar, diceplok atau direbus. Karena menjadi telah hidangan 'wajib' dirumah, banyak ibu rumah tangga yang membeli telur dalam jumlah banyak untuk dijadikan persediaan.


Umumnya umur telur dapar bertahan hingga dua minggu. Namun karena telur biasanya telah diinap oleh di kedai penjual, maka umur simpan telur menjadi berkurang. Tak jarang, tanpa kita ketahui, ternyata telur yang hendak kita masak telah busuk.

Untuk menghindari 'kecelakaan' karena memecah telur tak layak konsumsi ke penggorengan, kita harus tahu cara membedakan telur yang masih segar dengan yang tak baik lagi.


Dalam video singkat ini akan dijelaskan dua cara mudah mengenali telur segar. Cara pertama adalah dengan mengguncangnya, sedang cara kedua dengan merendamnya kedalam air.

Silahkan simak video berikut :

Dengan cara ini, kita bahkan bisa mengetahui perkiraan umur telur sehingga kita bisa memprediksi berapa lama lagi telur dapat disimpan.

Kamis, 04 Mei 2017

Kisah Penjual Gas Korek Api dan Sekotak Nasi

terutamasehat.blogspot.com - Seperti biasa setiap hari jumat kami dari Kamila Catering (Petrichor Indonesia) melaksanakan program Jumat Berbagi. Sepulang menjemput anak sulung, saya pulang dan menunaikan sholat ashar, Saya dan anak sulung saya berangkat dengan membawa nasi kotak yg sudah disiapkan. Sambil bermotor pelan, kami berkeliling membagikan nasi box.

Alhamdulillah jumat berbagi kali ini cukup banyak (38 box nasi) sehingga kami bisa membagikan ke tukang ojeg di daerah Cimanggu, tukang becak di seputaran Air Mancur, petugas kebersihan, dan para tunawisma.


Dari taman cimanggu, kami keliling ke Menteng- Mawar- Pasar Merdeka- Pasar Anyar- Air Mancur. Rasanya perjalanan sudah jauh tapi nasi kotak masih tersisa beberapa lagi.

Dalam hati bertanya,
"Nasi kotak ini rizki siapa yaaa?"
Kami pun terus berjalan kearah warung jambu. Setelah melewati pabrik ban Goodyear saya melihat seorang kakek pengisi korek gas sedang tertunduk lesu sambil menyender di tiang listrik. Saya mendekat lalu bertanya.
"Maaf bapa sudah makan."
"Belum, Pak." jawab Bapak itu lemah.

Saya kemudian menyerahkan satu kotak. Belum juga saya menjelaskan tentang Jumat Berbagi dan nama donatur, Bapak penjual gas korek tersebut langsung ambil dan makan dg lahap dan tanpa basabasi. Saya kaget. Saya berrtanya lagi,
"Bapak ada air minum?"
"Tidak ada." jawab Bapak itu.

Saya langsung meminta tolong anak saya membelikan air minum dalam kemasan. Saya biarkan bapak tersebut menghabiskan makanan. Setelah makanan di kotak nasi habis, Bapak penjual gas korek ini menyampaikan sesuatu yang mengejutkan saya.

"Dua hari saya belum makan. Karena gak ada yg isi gas. Sekarang hanya sedikit orang yg mau isi gas." Kata Bapak penjual gas korek itu dengan bahasa dan llogat sunda (di tulisan ini saya terjemahkan).


Setelah itu saya menyampaikan amanah donatur, Saya menyeerahkan nasi satu kotak lagi. Bapak tersebut mengucapkan terima kasih berkali-kali. Binar matanya membuat saya ingin segera pergi dr tempat itu. Karena saya tidak mampu menahan air mata.

Yaa rabb...
Ternyata kisah penjual korek api yg kelaparan bukan hanya terjadi dalam dongeng. Tapi ini terjadi di dekat kita. Di kota yang gemerlap dg wisata kuliner. Akankah kita (tidak) peduli?

Kota Hujan Bogor
Ahmad Sumarta, 21/4/17

*Program Jumat Berbagi adalah kegiatan membagikan sarapan bagi para pekerja jalanan setiap jum'at pagi yang dilakukan oleh para relawan. Gerakan ini telah menyebar di kota-kota besar Indonesia.

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)