Latest News

Selasa, 28 Februari 2017

Enam Cara Unik Turunkan Berat Badan

terutamasehat.blogspot.com - Dulu gemuk adalah simbol kemapanan. Tapi seiiring waktu, kegemukan telah bergeser mengarah ke hal-hal negatif. Rasa tak nyaman, ancaman kesehatan dan kurang sedap dipandang adalah beberapa efek yang membuat banyak orang gemuk berusaha untuk bisa memiliki tubuh ideal.

Selain berolahraga teratur, diet makanan dan minuman adalah salah satu cara menurunkan untuk berat badan. Tapi diet itu bukan pekerjaan mudah. Kalau Anda berpikir tugas utama diet adalah hanya mulai makan makanan sehat, itu belum tepat. Yang paling sulit dari usaha mengurangi lemak tubuh adalah merubah kebiasaan makan yang lama.


Agar proses penghilangan ekstra lemak tubuh Anda bisa sukses, cobalah enam trik yang belum pernah Anda tahu berikut ini.

1. Saat ingin makan di restoran, selalu pilih menu dengan porsi yang paling sedikit

Luangkan waktu untuk membaca daftar menu. Sesekali Anda tetap bisa makan makanan tak sehat semisal hamburger atau makanan lainnya, tapi pilihlah porsi yang paling sedikit yang mereka tawarkan (mini hamburger, junior popcorn, personal pizza). Menurut penelitian, orang tidak memesan hidangan utama mereka sendiri cenderung akan memakan semua makanan yang dihidangkan meski sebenarnya mereka sudah kenyang.

2. Optimislah! Setiap pemikiran positif itu bermanfaat

Idenya adalah cobalah berfikir hanya pada hal yang baik dan ulangi tujuanmu dengan cara positif ibarat sedang membaca mantra. Contoh: "Aku lebih kurus setengah kilo! Amazing!", "Biar lambat asal pasti!" Kalimat-kalimat opstimis akan menolong Anda untuk mencapai tujuan.


3. Makan sendirian lebih baik dibanding makan bersama

Saat Anda memutuskan untuk diet, biasanya Anda akan meminta dukungan dari teman dan keluarga. Namun, penelitian membuktikan orang yang suka makan bareng akan makan lebih banyak dibanding makan sendirian. Ini terjadi karena Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak di meja makan. Selagi Anda mengobrol dan tertawa, Anda akan susah mengontrol jumlah makanan yang Anda konsumsi.

Bukan berarti Anda harus selalu makan sendirian, tapi bila sedang makan bareng, cobalah tetapkan aturan untuk makan sesuai porsi. Jadi Anda tetap bisa menikmati obrolan tanpa khawatir bakal kekenyangan.

4. Jika Anda lapar, ciumlah pisang

Kedengarannya sedikit gila, tapi fakta ini telah dibuktikan. Mencium makanan seperti apel, mint atau pisang dapat membodohi otak dan membuat otak menganggap kita sedang makan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 3000 relawan diminta mencium makanan ketika mereka lapar. Hasilnya, setelah mencium makanan ternyata selera makanan mereka menurun dan ini akan berdampak pada jumlah makanan yang dimakan nantinya. Aneh tapi nyata.


5. Jadikan biru sebagai warna favorit

Studi terbaru membuktikan bahwa warna biru bisa mengurangi nafsu makan. Jadi, cobalah merubah warna dekorasi perabot dengan warna biru. Meja makan dengan taplak biru, piring biru dan gelas ganti jadi warna biru. Warna biru akan memberikan efek tenang dan rileks. Orang yang memandang warna ini akan lebih memilih tidur daripada makan.

Fenomena ini disebut psikologi warna. Sebaliknya, warna oranye, kuning dan merah akan membangkitkan selera makan. Inilah rahasianya mengapa restoran cepat saji selalu melimilih warna-warna ini untuk dekorasi ruangannya.

6. Makanlah di depan cermin

Anda bisa bilang cara ini mengada-ada, tapi sekali lagi ilmu pengetahuan telah membuktikan kalau makan sambil bercermin akan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi hingga sepertiganya.

Sumber:
http://pierdepesoencasa.com/4-trucos-para-adelgazar-poco-conocidos/
http://comobajardepesoymas.com/4-metodos-para-perder-peso/ via Brightside.me

Senin, 27 Februari 2017

Menangkap Momen Sesaat Sebelum Bencana

terutamasehat.blogspot.com - Bencana bisa datang kapan saja, tak terduga dan terjadi secara tiba-tiba. Namun beberapa fotografer yang 'beruntung' mampu menangkap momen tersebut sedetik sebelum bencana menimpa.

Tentu saja banyak video yang juga merekam peristiwa-peristiwa bencana yang terjadi. Namun ada kesan yang beda antara kita melihat rekaman video dengan foto. Foto-foto hasil jepretan mereka akan membuat kita mengernyitkan dahi, imajinasi kita diaduk antara takjub bercampur ngeri membayangkan apa yang terjadi sedetik setelah momen itu diabadikan.


Lihat saja momen sesaat sebelum macan tutul yang lepas dari suaka alam Mahananda Wildlife Sanctuary di India ini menyerang penjaga. Kita bisa merasakan betapa mencekamnya momen ini. Syukur pria ini bisa selamat meski sang macan tutul harus ditembak mati.

Kali ini kita akan melihat deretan foto spektakuler yang menangkap momen sesaat sebelum bencana terjadi.

Jepretan sempurna sesaat sebelum si pria tercebur, seakan ia sedang melakukan break dance di atas air.

Yang sedang berpose pasti tak sadar apa yang terjadi dibelakangnya. 

Pada tahun 2011, sebuah kapal kargo terbalik di laut sebelah utara pulau Selandia Baru. Deretan kontainer tampak sedang tumbang. Bayangkan apa yang terjadi pada kapal boat dibawahnya.

Peselancar yang terpeleset dari papan selancarnya. Wajah 'imut'nya akan segera terbenam ke laut.




Yang paling menakjubkan dari foto ini adalah fakta bahwa pilotnya bisa selamat dari kecelakaan pesawat ini. Ia berhasil merangkak dari reruntuhan setelah aksi yang gagal di acara Royal Air Forces Association di West Sussex, Inggris, tahun lalu.

Ekspresi dari wajah lelaki yang tak sengaja melepaskan martil kearah hidung temannya ini benar-benar tak ternilai.

Ombak besar yang siap menggulung siapapun yang didepannya membuat dua mahluk mungil tampak lari kocar-kacir.

Sekeren apapun posenya, bola salju ini telah membuat pesona si pria buyar

Dua pelaut yang berjuang menantang ombak besar


Mereka tak sadar ancaman serius akan menghantam sedetik kemudian

Demi mencari angle sempurna, pria ini tak sadar akan memecahkan barang bersejarah dengan bokongnya

Senyum manisnya akan segera sirna...

Kopi hangat belum habis, eh malah terpeleset. Hari yang sial.

Seorang pria lari tunggang langgang menyelamatkan diri dari kejaran banteng. Ia pikir terjun ke air akan bisa menghentikan si banteng, sayang bantengnya keras kepala.

Sumber : www.dailymail.co.uk

Minggu, 26 Februari 2017

Hilangkan Stres, Para Janda ini Meditasi di Dalam Kuburan

terutamasehat.blogspot.com - Kegiatan aneh ini disebut sebagai konseling perceraian yang tak normal. Bagaimana tidak, seorang pebisnis wanita di China bagian utara membuka kelas meditasi khusus untuk para wanita yang baru bercerai. Terapi yang digunakan cukup aneh. Untuk mengusir roh jahat yang merusak rumah tangga mereka, para janda tersebut melakukan sesi meditasi di dalam kuburan.

Para murid diminta untuk berbaring di dalam liang lahat yang baru digali. Mereka mengklaim cara ini dilakukan sebagai refleksi dan mengembangkan kemampuan untuk menjadi lebih mandiri. Pada awal sesi, peserta diminta untuk mengeluarkan seluruh rasa frustasi dan kekecewaan mereka dari dalam kubur.


Kelas ini didirikan oleh Liu Taijie di kota Chongqing. "Anda harus menjadi wanita tangguh saat suami meninggalkan Anda dan mencari ibu tiri untuk anak-anak Anda. Saat itu terjadi, bagaimana cara agar Anda bisa melaluinya?"

Kelas yang lebih mirip ritual klenik ini ternyata banyak peminatnya. Para peserta mengaku menjadi lebih percaya diri dan merasa bisa hidup lebih baik dari sebelumnya.


Salah seorang peserta berkata, "Ketika aku berbaring di dalam kuburan, aku merasa seperti telah mati. Aku akhirnya tersadar kalau selama ini aku telah membuang waktu untuk hal-hal tak berguna."

"Aku harus bekerja lebih keras dan meraih apa yang kuinginkan. Aku seorang marketing. Aku akan bekerja keras setiap hari untuk masa depanku." Terapi ini membuat banyak wanita terlihat emosional.

Angka perceraian kini semakin meningkat di China. Laporan laman Economist melaporkan bahwa angka perceraian meningkat dua kali lipat pada dekade terakhir. Laporan tersebut juga menyalahkan para pria kaya yang terus membeli rumah untuk para gundiknya sehingga membuat harga rumah semakin meroket.


Sumber : dailymail.co.uk

Sabtu, 25 Februari 2017

Padukan Bisnis dan Wisata di Batam dengan Turi Beach Resort

terutamasehat.blogspot.com - Batam merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang juga merupakan pintu gerbang wisatawan asing masuk ke nusantara. Di ibu kota Riau Kepulauan ini, berbagai bisnis banyak dibangun dan menjadikannya sebagai kota yang cukup sibuk.

Sebagian besar tamu yang datang adalah untuk melakukan perjalanan bisnis. Akan tetapi, potensi alam Batam yang besar untuk dikembangkan khususnya di sektor bahari, membuat kota ini juga menjadi destinasi wisata.

Kota ini menyimpan banyak keindahan di sudut-sudutnya yang sayang jika diabaikan. Jika Anda sedang berkunjung ke Batam, beberapa tempat wisata berikut ini sebaiknya Anda singgahi.

Turi Beach Resort, Sensasi Wisata di Pulau Pribadi



Kecamatan Nongsa, Batam, memang telah dijadikan sebagai kawasan wisata terpadu oleh pemerintah. Karenanya, tidak heran jika ada banyak hotel dan resor yang berdiri di kawasan ini. Salah satunya adalah resor bintang lima yang terletak di ujung timur laut pulau berbentuk kalajengking ini, yaitu Turi Beach Resort. Resor ini digadang-gadang sebagai resor terbaik sekaligus menjadi destinasi karena berbagai fasilitasnya.

Ketika sampai, Anda akan sepakat mengapa tempat ini dijadikan sebagai tujuan wisata. Berada di kawasan properti premium seluas 7,7 hektare, resor ini juga memiliki pantai privat yang tidak bisa diakses sembarang orang. Pantai privat ini lebih indah, bersih, dan terjaga dibandingkan pantai-pantai publik lain di sekitarnya.

Pengunjung yang tidak menginap di resor juga bisa menikmati suasana di pantai ini, tetapi harus membayar sekitar Rp380.000,00. Tarif tersebut sudah termasuk fasilitas makan siang, penggunaan kolam renang, handuk, dan lain-lain.

Namun tidak hanya pantai privatnya yang menjadi keunggulan resor ini. Anda dapat menghabiskan waktu bermain golf, voli pantai, biliar, tenis, jet ski, ski air, dan beragam olahraga lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi ragam kuliner mulai dari makanan nusantara, internasional, hingga khusus kuliner Jepang di tiga restoran yang berada di dalam area resor.

Atau Anda ingin menikmati segelas koktail atau anggur di bar tepi pantai? Ciptakan pengalaman seru Anda bersama Turi Beach Resort melalui pemesanan di sini.

Klub Golf Tamarin Santana



Jika Anda ingin menjelajah kawasan sekitar resor, ada beberapa tempat wisata lainnya yang patut Anda singgahi. Salah satunya adalah tempat wisata elite yang terletak di ujung semenanjung Nongsa, Klub Golf Tamarin Santana.

Tempat wisata sekaligus olahraga kelas atas ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Turi Beach Resort dan sekitar 200 meter dari terminal feri Nongsapura. Pelabuhan feri ini terhubung langsung dengan terminal feri Tanah Merah, Singapura, sehingga jangan heran jika klub golf ini justru didominasi oleh tamu dari negeri patung Merlion itu.

Batam memang dikenal sebagai surga para pemain golf. Lapangan-lapangannya berskala internasional dan memiliki lubang-lubang yang menantang. Tamarin Santana sendiri memiliki sembilan lubang yang menantang. Yang menjadi daya tarik lainnya, klub golf ini rupanya dirancang oleh mantan pemain golf profesional asal Amerika Serikat, Jack Nicklaus. Nicklaus bahkan mendapat gelar sebagai pemain golf terbaik sepanjang masa.


Kampung Tua



Batam memang dikenal sebagai pusat bisnis dan bahkan disebut-sebut sebagai Singapura-nya Indonesia. Namun jangan buru-buru mengartikan bahwa seluruh wilayahnya pun kini telah bergerak maju meninggalkan peradaban yang masih tradisional.

Kenyataannya, di Batam sendiri ada Kampung Tua. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya pun ada 32 titik. Beberapa di antaranya terletak tidak jauh dari Turi Beach Resort.

Kampung Tua sebenarnya merupakan pemukiman penduduk yang masih tinggal menggunakan rumah semi apung di laut. Secara umum, penduduk di Kampung Tua bermata pencaharian sebagai petani atau nelayan, sesuai dengan daerah mereka tinggal. Untuk Kampung Tua yang terletak di kawasan Nongsa, karena faktor kedekatan dengan laut, sebagian besar mata pencaharian mereka adalah sebagai nelayan.

Anda yang ingin melihat sisi lain dari kemewahan yang ditawarkan Batam dapat mengunjungi tempat wisata ini. Di Kampung Tua, Anda akan merasakan suasana yang masih sangat kental akan pengaruh budaya Melayunya. Salah satunya adalah dengan adanya gapura adat Melayu yang akan menyambut Anda setiap memasuki wilayah Kampung Tua.

Pulau Putri



Rasanya sayang jika Anda mengunjungi Batam tanpa menjejakkan kaki di Pulau Putri. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia yang hanya berjarak 13km dari Singapura dan 16km dari Johor, Malaysia. Ketika cuaca baik, Anda bahkan dapat melihat cukup jelas gedung-gedung pencakar langit di tanah Singapura.

Biasanya pada akhir pekan, Pulau Putri banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang menginap di beberapa resor terdekat, seperti Turi Beach Resort. Anda hanya butuh sekitar delapan menit berkendara untuk mencapai dermaga pulau.

Kocek yang harus Anda keluarkan untuk menyeberang menuju Pulau Puti pun tidak terlalu dalam. Dengan menggunakan bot pancung seharga Rp10.000,00 Anda sudah mendapat fasilitas pulang-pergi.

Pantai Nongsa



Pantai Nongsa masih berada dalam kawasan yang sama dengan Kampung Tua Nongsa. Masyarakat yang menghuni wilayah ini pun masih sangat tradisional dan bekerja sebagai nelayan. Suasana di pantai ini juga relatif tenang dan sunyi, sehingga banyak diapit oleh berbagai resor mewah di sekelilingnya. Termasuk salah satunya adalah Turi Beach Resort yang berada di sisi timur Pantai Nongsa.

Tempat wisata ini menghadap ke barat laut. Karena itu, pemandangan senja tatkala matahari mulai tergelincir menjelang petang di pantai ini sangat memukau. Yang membuat lebih bagusnya lagi adalah karena ketika di sisi barat langit menjelang gelap, di sisi utara gemerlap lampu gedung-gedung di Singapura terlihat begitu jelas.

Batam memang destinasi terbaik untuk perpaduan bisnis dan wisata. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan bersenang-senang dengan ragam wisata di kota ini dalam perjalanan bisnis Anda. Selamat bersenang-senang!

Artikel menarik lainnya :
Menjelajahi Indahnya Kenawa dari Angkasa
Tiga dari Sembilan Makanan Termahal di Dunia Ternyata Berasal dari Indonesia

Sejak 1800-an, Lukisan ini Buat Bingung Banyak Orang

terutamasehat.blogspot.com - Seni Ilusi optik (optical art) pertama kali populer di zaman Barok dan terus membuat banyak orang takjub hingga kini. Lukisan tipuan mata membuat banyak orang terkagum-kagum karena seni ini mengecoh mata dan persepsi manusia.

Lukisan dua dimensi yang mampu merubah persepsi menjadi objek 3 dimensi adalah karya paling umum dari optical art. Namun yang tak kalah menarik adalah lukisan yang menyamarkan suatu objek kedalam objek lainnya. Ini yang sering membuat bingung yang melihatnya dan menjadi teka-teki untuk dipecahkan.


Belakangan, sebuah lukisan yang dibuat sekitar tahun 1800-an menjadi viral di internet. Lukisan klasik yang diupload di laman Playbuzz oleh Alan Sherin, mengajak kita untuk mencari seorang pengamat bintang yang bersembunyi di dalam ruangan. Kebanyakan orang tak bisa memecahkan misteri dimana orang kelima di lukisan tersebut berada. Bagaimana dengan Anda?

Penglihatan kita sangat mudah tertipu. Saat melihat gambar diatas, pikiran kita akan menerima sesuatu apa adanya sampai kita yakinkan kalau ada sesuatu yang tersembunyi dalam lukisan tersebut. Sayangnya, meski telah berusaha keras, tetap saja ada yang hanya bisa garuk-garuk kepala kebingungan.

Coba lihat lebih dekat. Kunci dari trik ini adalah dengan melihat lukisan itu dengan cara terbalik. Kini Anda akan bisa menemukan seorang kakek tua yang menyaru dengan gorden jendela di sisi kiri atas lukisan.



Sebuah sketsa klasik lainnya akan semakin sulit dipecahkan. Hanya orang-orang yang memiliki 'persepsi sempurna' yang bisa menemukan istri sang pelaut di gambar ini. Gambar yang juga diunggah di laman Playbuzz oleh Jenny Grisham, memperlihatkan seorang pelaut yang sedang mencari istrinya lewat teropong di laut lepas.


Faktanya, trik yang sama ternyata dipakai untuk memecahkannya; Anda tinggal memutar terbalik gambar diatas. Dan Viola! wajah besar sang istri yang berada diantara di kaki pelaut dan teropongnya menjadi jelas terlihat.


Sumber : dailymail.co.uk

Jumat, 24 Februari 2017

Mengapa Karakter Disney Selalu Pakai Sarung Tangan?

terutamasehat.blogspot.com - Siapa yang tak kenal kartun Disney. Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy, Pluto dan belasan karakter lainnya telah menemani masa kanak-kanak kita sejak dulu. Sampai kini, tokoh-tokoh karakter Disney tetap mendapatkan tempat di hati anak-anak.

Ada detil kecil dari karakter Disney yang mungkin belum banyak yang tahu jawabannya. Mengapa hampir seluruh tokoh kartunnya memakai sarung tangan putih? ternyata ada sejarah menarik dibaliknya.


Mickey Mouse adalah karakter pertama yang menggunakan sarung tangan. Padahal, pada film kartun Mickey yang pertama berjudul Plane Crazy (1928), ternyata Mickey tidak mengenakan sarung tangan. Ia baru mengenakan aksesoris terkenal ini pada tahun 1929 di filmnya yang berjudul The Opry House.


Sebenarnya, ada tiga alasan mengapa Walt Disney mulai memberi sarung tangan pada tokoh karakternya.

1. Menghemat waktu

Menggambar telapak tangan karakter pada setiap frame ternyata menghabiskan energi dan waktu. Karenaya, untuk mempercepat proses pembuatan film, para animator mulai menggambar karakternya tanpa terlalu banyak detil. Karakterpun mulai dibuat memiliki kepala dan mata yang besar, lengan yang kurus dan panjang, serta jari tangan dihemat menjadi cuma empat jari.


2. Kontras

Karena pada jaman dulu film awalnya masih hitam putih dan kabur, akan sangat sulit untuk melihat tangan karakter bila sedang berada di badan. Sarung tangan putih membantu memisahkan tangan dengan tubuh ketika mereka bergerak.

3. Agar karakternya mirip manusia

Dalam biografinya, Walt Disney mengakui kalau ia ingin tak ingin Mickey Mouse punya tangan tikus, ia ingin tangannya mirip manusia. Dengan memakai sarung tangan, maka tangan Mickey pun jadi lebih manusiawi.


Trik ini ternyata sangat berhasil, bahkan para pesaing Disney ikut mengadopsinya. Woody Wooodpecker dan Bugs Bunny, karakter dari Universal Pictures dan Warner Brother, ikut-ikutan memakai sarung tangan.

Kamis, 23 Februari 2017

Muncul Bintik Merah di Kulit, Berbahayakah?

terutamasehat.blogspot.com - Tanpa pertanda apapun, tiba-tiba muncul bintik merah di kulit Anda. Bila diamati lebih dekat, bintik ini benar-benar berwarna merah darah. Dan bila terluka, darah akan keluar dari bintik tersebut. Tentu ini akan membuat Anda bingung dan kuatir.

Ada yang menghubungkan munculnya bintik merah di kulit dengan sesuatu yang berbau mistis. Padahal, kemunculannya adalah murni kondisi medis. Bintik seperti tahi lalat tapi berwarna merah darah ini dalam ilmu medis disebut cherry angioma atau dikenal juga sebagai Campbell De Morgan spots. Bintik merah terbentuk akibat adanya pembuluh darah yang rusak tepat dibawah kulit.


Cherry angioma adalah tipe Angioma yang merupakan penyakit tumor jinak yang menyerang pembuluh darah dan biasanya ditemukan di bawah kulit. Penyakit ini cukup banyak di derita di masyarakat. Pertanyaannya, apakah bintik merah ini berbahaya?

Angioma paling sering ditemui pada bayi yang baru lahir berupa toh atau tanda lahir berwarna merah di bagian tubuh bayi. Seiiring waktu, biasanya bercak merah pada bayi ini akan menghilang.

Apa penyebabnya?

Ada dua faktor penyebab mengapa tumbuh bintik merah angioma pada orang dewasa:

1. Karena usia

Kebanyakan orang dewasa memiliki angioma pada usia 30 tahun atau lebih. Biasanya, angioma berbentuk seperti tahi lalat kecil berwarna merah yang sering muncul di bagian badan, lengan dan bahu.

2. Adanya masalah kesehatan atau gaya hidup yang salah

Jika angioma bertambah banyak di satu titik, ada kemungkinan penderitanya mengalami masalah gangguan hati, penyakit pembuluh darah, gangguan atau kegagalan hormon.


Berbahayakah?

Jika Anda menemukan bintik merah tampak berubah ukuran, bentuk, atau mulai mengeluarkan darah, Anda sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Angioma biasanya tidak berbahaya. Namun, untuk amannya, lebih baik memeriksakannya ke dokter bila gejala diatas muncul.

Baik juga untuk mencegah munculnya angioma dimasa datang. Cara terbaik mencegahnya adalah dengan pola hidup sehat dan diet seimbang. Minum jus dan banyak akir putih, makan sayuran segar, dan jangan lupa megkonsumsi lemak sehat semisal alpukat dan minyak zaitun. Aturan sederhana ini akan menolong Anda untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

Rabu, 22 Februari 2017

Tiga Letusan Gunung Api Indonesia yang Jadi Petaka Dunia

terutamasehat.blogspot.com - Gugusan kepulauan nusantara dikelilingi oleh 'ring of fire', cincin api yang berasal dari deretan 127 gunung api aktif yang mengelilingi Indonesia. Ini menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga yang terbanyak memiliki gunung api aktif setelah AS dan Rusia.

Meski 'hanya' berada di urutan ketiga, catatan sejarah tentang betapa dashyatnya letusan gunung-gunung api di nusantara ternyata sangat menyeramkan. Tiga letusan gunung api paling dahsyat sepanjang sejarah, terjadi di Indonesia. Bahkan, ledakan terbesar terjadi 74.000 tahun yang lalu di pulau Sumatera dan akibat dari ledakan ini hampir membuat punah umat manusia.


Kita akan mengulas ketiga gunung api ini, yang letusannya jadi petaka bagi dunia dan membawa perubahan besar pada sejarah umat manusia.

Letusan Gunung Krakatau, 1883


Erupsi Gunung Krakatau yang terjadi pada 27 Agustus 1883, disebut sebagai bencana alam yang paling besar, suara paling keras dan peristiwa yang paling membuat porak-poranda dunia dalam sejarah manusia modern. Suara letusannya terdengar hingga jarak 4.600 km dan di dengar oleh 1/8 penduduk bumi waktu itu.

Ledakan Krakatau telah melemparkan batu dan debu vulkanik sebesar 18 km kubik dengan tinggi hingga 80 km. Batuan yang dimuntahkannya berjatuhan di sepanjang pulau Jawa dan Sumatera, bahkan hingga ke India dan Selandia Baru. Akibat ledakan Krakatau, dua gunung didekatnya, Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan rata dengan permukaan laut dan Gunung Rakata setengah kerucutnya hilang. Tubuh Gunung Krakatau sendiri juga hancur tak bersisa.

Sketsa sebuah kapal uap yang terlempar hingga 3,3 km dari bibir pantai di Teluk Betung oleh tsunami yang disebabkan letusan gunung Krakatau

Meski masih kalah bila dibanding ledakan gunung api terdahsyat lainnya, namun Krakatau meledak saat populasi manusia sudah tinggi. Tsunami setinggi 40 meter menghantam apa saja yang ada di pesisir pantai. Tercatat, korban tewas mencapai 36.417 jiwa yang berasal dari 295 desa di kawasan pantai barat pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera.

Atmosfer bumi tertutup debu vulkanik hingga seluruh dunia gelap gulita selama 2,5 hari. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Peristiwa menggemparkan tersebut dengan cepat tersebar ke seluruh dunia karena pada saat itu telegram telah ditemukan.

Sebenarnya, sebelum meletus pada 1883, Gunung Krakatau purba dulunya juga pernah meletus dan membawa dampak besar pada sejarah manusia. Letusan gunung ini disinyalir memicu abad kegelapan di muka bumi yang memberi andil pada runtuhnya kejayaan Kerajaan Persia Purba, punahnya kota besar suka Maya dan jatuhnya peradaban Nazca di Amerika Selatan.





Letusan Gunung Tambora, 1815


Pada tanggal 5 April 1815, satu detasemen pasukan VOC dikirim Gubernur Thomas Stamford Raffles dari Djocjocarta menuju pos terdekat. Mereka mengira pos tersebut telah diserang oleh para pejuang pribumi karena terdengar suara gemuruh tembakan pada sore hari setiap seperempat jam. Sesampai di pos mereka bengong, ternyata suara tersebut bukanlah suara tembakan, tapi suara gemuruh meletusnya gunung Tambora di Pulau Sumbawa yang berjarak sekitar 830 km dari Jogya.

Letnan Philips yang diperintahkan Sir Stamford Raffles untuk pergi melihat kondisi di Sumbawa terperangah. Dimana-mana ia melihat banyak mayat bergelimpangan, desa-desa hancur, dan penduduk kelaparan. Diare menyerang warga Bima, Dompo dan Sang'ir, diduga karena terpaksa meminum air yang terkontaminasi debu vulkanik. Diperkirakan 11.000 orang tewas terkena dampak langsung letusan gunung dan 49.000 orang lainnya tewas akibat penyakit epidemi dan kelaparan setelah letusan terjadi.

Peta ketebalan abu vulkanik letusan gunung Tambora

Dunia juga terkena dampak petaka ini. 80 km kubik material dimuntahkan Tambora ke atmosfer. Abu vulkanik yang menyelimuti seluruh dunia, menciptakan kabut global dan menyebabkan suhu bumi turun rata-rata sekitar 0,53 derajat Celcius. Benua Eropa dan Sebagian Amerika dilanda salju dan musim dingin berkepanjangan. Beberapa wilayah bahkan mengalami apa yang disebut sejarah sebagai "tahun tanpa musim panas".

Mahalnya harga gandum karena petani gagal panen dan matinya rerumputan membuat kuda-kuda di Eropa tak bisa diberi pakan dan akhirnya banyak yang mati kelaparan. Kuda saat itu merupakan alat transportasi utama. Dengan jumlah kuda yang semakin sedikit, membuat seorang warga Jerman, Baron Karl von Drais menciptakan alat transportasi baru bernama "Sepeda".


Perubahan iklim akibat Tambora mengacaukan siklus Monsoon di Asia, yang membuat India dilanda bencana kelaparan dan menyebabkan epidemi kolera terparah sepanjang sejarah. Kelaparan juga melanda Cina setelah musim dingin menghancurkan sawah petani. Bencana perubahan iklim akibat letusan gunung Tambora secara tidak langsung telah membunuh jutaan orang di seluruh dunia.


Letusan Gunung Api Raksasa Toba, 74.000 tahun yang lalu


Dibalik sejuk dan kalemnya Danau Toba, ternyata tersimpan sejarah yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Dan sejarah dahsyat itu baru disadari 78 tahun yang lalu, ketika pada tahun 1938, seorang geolog Belanda, Van Bemmelen curiga dengan jenis batuan yang mengelilingi Danau Toba. Batuan apung di dinding tebing dan perbukitan Toba identik dengan jenis batuan yang dihasilkan dari bekas letusan gunung berapi.

Kecurigaan ini diperkuat dengan ditemukannya jejak batuan asal Toba di Malaysia, India, hingga Samudra Hindia dan Teluk Benggala. Penelitian lanjutan oleh para ahli geologi menyimpulkan, telah terjadi ledakan maha dahsyat dari gunung supervolcano Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Ledakan tersebut menyisakan sebuah kawah kaldera sepanjang 100 km dengan lebar 30 km yang kini disebut sebagai Danau Toba.

Ledakan gunung Toba sangat dahsyat, bahkan dinobatkan sebagai letusan gunung api terbesar di bumi. Sebagai ilustrasi, letusan gunung Krakatau hanyalah sebuah sendawa kecil dibanding letusan gunung api super Toba. Bila Krakatau memuntahkan sekitar 18 km kubik batuan dan debu vulkanik ke angkasa, maka gunung Toba memuntahkan 2800 km kubik material vulkanis.


Dampak yang ditimbulkannya pada dunia sangat besar. Seorang geolog asal Universitas Massachusetts, AS pada tahun 1990-an menemukan lapisan asam belerang sebanyak 2-4 megaton di dalam inti es Greenland. Dari kajiannya,  jumlah asam belerang yang sangat besar itu mengindikasikan telah terjadi polusi berat di Bumi yang tingkat polusinya 25 kali lebih besar dari tingkat polusi yang disebabkan industri dunia saat ini. Dan polusi tersebut terbentuk pada 71.000 - 75.000 tahun yang lalu.

Michael Rampino, geolog lainnya yang mengebor dasar laut di sudut bumi lain, menemukan jejak bahwa pada kurun waktu yang sama, suhu Bumi tiba-tiba turun drastis hingga 5 derajat Celcius. Semua kebingungan para peneliti tersebut terjawab setelah John Westgate, berhasil menemukan sampel abu vulkanik yang juga berusia 74.000 tahun dari sekitar Danau Toba. Ini berarti letusan gunung Toba telah mengirimkan debunya ke seluruh dunia, menyebarkan partikel asam belerang di inti es, dan mendinginkan samudera.


Letusan gunung Toba melepaskan jutaan ton asam sulfat ke stratosfer hingga membuat bumi gelap gulita selama enam tahun penuh dan membuat suhu beku setidaknya selama 1000 tahun, dan diikuti cuaca dingin selama ribuan tahun berikutnya. Fotosintesis nyaris tak ada, yang membuat hewan dan manusia kelaparan tanpa pangan. Pada periode ini manusia nyaris punah. Diperkirakan, saat itu jumlah manusia di bumi hanya tersisa sekitar 10.000 orang saja.

Epilog

Meski telah meletus lama, bukan berarti ancaman bahaya telah hilang. Para raksasa ini hanya sedang tidur panjang. Kini Gunung Krakatau telah melahirkan keturunannya yang bernama gunung Anak Krakatau, yang terus tumbuh dan telah terbatuk-batuk. Gunung Tambora masih tetap aktif meski belum menunjukkan tanda akan erupsi besar. Dan yang terakhir, Gunung Toba terus menabung magma berbentuk lapis legit dibawah Danau Toba. Dan bila saatnya tiba, mereka bersama ratusan gunung api aktif lainnya, akan kembali menunjukkan keperkasaannya sebagai gunung-gunung terdahsyat di dunia.

.
Dari berbagai sumber

Jumat, 17 Februari 2017

Rezeki itu Ada di Langit, Bukan di Bumi

terutamasehat.blogspot.com - Saya punya sate langganan di Condet. Ini sate paling enak di Jakarta menurut saya. Susah cari lawannya!

Yang aneh, sate ini bukanya suka-suka. Jadi kita harus telpon dulu kalau mau ke sana. Beberapa kali saya nekad datang ke sana tanpa telepon dulu eeehhh tutup.

Saya tanya: "Kenapa cara jualannya seperti itu?"

Pak haji Ramli penjual satenya menjawab: "Rejeki sudah ada yang ngatur, kenapa harus ngoyo?"


"Bukan ngoyo Pak", jawab saya. "Bapak bisa kehilangan pelanggan kalo jualannya begitu!" "Ah, kayak situ yg ngatur rejeki aja," katanya.

Saya kasih dia saran, "Sebaiknya Bapak buka tiap hari! Kalau bisa malam juga buka karena banyak orang suka makan sate malam juga Pak!" kata saya meyakinkan dia.

Pak Haji Ramli menghela napasnya agak dalam. "Hai anak muda, rezeki itu ada di langit bukan di bumi! Anda muslim kan?" tanya Pak haji sambil natap wajah saya. "Suka ngaji gak? Coba baca Quran: "Cari nafkah itu siang, malam itu untuk istirahat!" kata Pak haji lagi meyakinkan.

"Saya cuma mau jualan siang, kalau malam biarlah itu rejekinya tukang sate yang jualannya malam. Dari jualan sate siang saja saya sudah merasa cukup dan bersyukur, kenapa harus buka sampe malam?" Pak Haji nyerocos sambil membakar sate.


"Coba liat orang-orang yang kelihatanya kaya itu. Pake mobil mewah, rumahnya mewah. Tanya mereka, emang hidupnya enak?" "Pasti lebih enak saya karena saya gak dikejar target, gak dikejar hutang! Saya 2 minggu sekali pulang ke Tegal, mancing, naik sepeda lewat sawah-sawah, lewat kampung-kampung, bergaul dengan manusia-manusia yang menyapa dengan tulus. Bukan nyapa kalau ada maunya!"

"Biarpun naik sepeda tapi jauh lebih enak daripada naik Jaguar! Anginnya asli gak pake AC. Denger kodok, jangkrik lebih nyaman di kuping daripada dengerin musik dari alat musik bikinan! Coba Anda pikir, buat apa kita ngoyo bekerja siang-malam?"

"Jangan-jangan kita muda kerja keras ngumpulin uang, sudah tua uangnya dipake ngobatin penyakit kita sendiri karena terlalu kerja keras waktu muda! Itu banyak terjadi kan?"

"Dan... jangan lupa, Tuhan sudah menakar rejeki kita! Jadi buat apa kita nguber rejeki sampe malam? Rejeki gak bakal ketuker!! Yang kerja siang ada bagiannya, begitu juga yang kerja malam!"

"Kalau kata peribahasa, waktu itu adalah uang. Tapi jangan diterjemahkan tiap waktu untuk cari uang! Waktu itu adalah uang, artinya kita harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya karena waktu tidak bisa diulang, uang bisa dicari lagi! Waktu lebih berharga dari uang. Makanya saya lebih memilih waktu daripada uang!"

"Waktu saya ngobrol dengan Anda ini jauh lebih berharga daripada saya bikin sate. Kalau saya cuma bikin sate, di mata Anda, saya hanya akan dikenang sebagai tukang sate. Tapi dengan ngobrol begini semoga saya bisa dikenang bukan cuma tukang sate, mungkin saya bisa dikenang sebagai orang yang punya arti dalam hidup Anda sebagai pelanggan saya. Kita bisa bersahabat!"

"Waktu saya jadi berguna juga buat saya. Begitu juga buat Anda. Kalau Anda merasa ngobrol dengan saya ini sia-sia, jangan lupa ya: Rejeki bukan ada di kantor, tapi di langit!" Begitu kata Pak Haji Ramli menutup pembicaraan.

Penulis: Ndang Sutisna
Foto ilustrasi milik: Nanang Diyanto

Resep Manjur untuk Anda yang Susah Tidur

terutamasehat.blogspot.com - Susah tidur sudah menjadi penyakit kronis orang-orang perkotaan. Stres yang menumpuk di kantor ditambah lagi dengan ketergantungan pada gadget yang 'memaksa' kita terus online meski badan sudah lelah membuat kualitas istirahat kita berantakan.

Craig Ballantyne, pelatih fitnes dan juga penulis blog memiliki sebuah resep manjur bagi Anda yang punya kecenderungan susah tidur nyenyak. Ia membuat formula yang disebut "10-3-2-1-0", Resep ini didisain untuk membantu Anda tidur nyenyak dan akan bugar setiap kali Anda bangun.


Menurut Craig, hal dasar yang akan membuat tidur menjadi berkualitas ada pada kebiasaan yang Anda lakukan di sore hari, jadi Anda harus merubah kebiasaan sore untuk tidur nyenyak di malam harinya. Ia mengidentifikasi 5 momen kunci yang harus dilakukan.

  • 10 jam sebelum tidur : jangan lagi minum minuman berkafein
  • 3 jam sebelum tidur : jangan lagi makan atau minum alkohol
  • 2 jam sebelum tidur : jangan lagi bekerja
  • 1 jam sebelum tidur : jangan lagi nonton TV, main komputer atau smartphone
  • 0: angka dimana Anda akan menekan tombol tunda bangun pada alarm Anda di pagi hari.


Sepuluh jam : Jumlah waktu dimana darah membutuhkan waktu untuk membersihkan diri dari efek stimulasi yang disebabkan oleh nibuman berkafein dan makanan mengandung gula (kopi, teh, Coca-cola, mineman energi, coklat, dll).

Tiga jam : Tubuh Anda butuh istirahat tanpa harus membuang energi yang disebabkan oleh mencerna makanan berat saat makan malam. Waktu ini juga waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan efek alkohol.

Dua jam : Matikan seluruh perangkat elektronik Anda: berhenti menelpon, mengecek email, chatting di media sosial, dan beraktivitas di depan layar. Ini akan membuat mata dan pikiran Anda beristirahat.

Nol : Jika Anda bangun dari tempat tidur segera setelah alarm berbunyi tanpa menekan tombol tunda, Anda akan masuk kedalam kebiasaan bangun tanpa sejumlah tambahan tidur jangka pendek, yang biasanya membuat Anda akan merasa lesu lagi. Bagi yang bangun tanpa jam beker, Anda boleh bermalasan sebentar di tempat tidur sebelum Anda benar-benar bangun, ini akan membuat bangun Anda lebih segar.

Jika Anda mengikuti resep tidur nyenyak tanpa minum obat ini, tidur Anda akan nyenyak dan berkualitas, dan Anda akan bangun pagi dengan tubuh yang segar dan siap bekerja optimal sepanjang hari.

Sumber : earlytorise.com

Kamis, 16 Februari 2017

Sembilan Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

terutamasehat.blogspot.com - Pada akhir tahun 1980-an, Badan Antariksa NASA dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) melakukan penelitian tentang bagaimana cara memurnikan udara di pesawat luar angkasa. Mereka menemukan ternyata tanaman hias tertentu mampu membersihkan udara lebih baik daripada banyak gadget berteknologi tinggi.

Beberapa tanaman hias tersebut sangat familiar dengan kita dan mungkin telah ada yang kita miliki di rumah. Artikel ini akan mengulas sederet tanaman hias yang mampu menyerap dan menghilangkan substansi berbahaya dan tak diinginkan yang melayang bersama udara di rumah Anda.

Dengan menanam tanaman ini di berbagai ruangan, Anda akan selalu bisa menikmati udara segar dan sehat.

1. Untuk diletakkan di dapur


Saliyah atau Azaela adalah tanaman yang awalnya hidup di iklim sedang yang tumbuh di hutan dan wilayah berawa. Kini keindahan bunganya menjadikan saliyah tanaman hias yang populer. Letakkan ianaman ini di dapur Anda untuk membantu menyaring senyawa formalin dan benzena yang berasal dari detergen dan perabot furnitur Anda.

2. Untuk ruang bermain anak


Gerbera (Gerbera jamesonii) mempunyai kemampuan menghilangkan benzena yang berasal dari produk plastik, serat sintetis, karet, tinta, dan bahan industri lainnya yang ada di rumah Anda.

3. Untuk ruang keluarga


Beringin (Ficus benjamina) bisa dijadikan tanaman hias yang eksotis. Selain itu, ia mampu menetralisir formalin, toluena, xylena dan amoniak. Ia sangat cocok diletakkan dekat dengan printer, scanner dan peralatan kantor lainnya. Tanaman beringin juga sangat baik untuk menjaga kelemaban udara di ruangan.

4. Untuk ruang tidur


Manusia telah mengenal lidah buaya (Aloe Vera) lebih dari 6000 tahun. Orang Mesir kuno memujanya karena memiliki kemampuan menyembuhkan dan menyebutnya sebagau 'tanaman keabadian'. Hingga hari ini lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati penyakit kulit, luka iris dan luka bakar. Selain kemampuan medisnya, tanaman ini ternyata juga mampu menyerap formalin dan benzena dari rumah Anda, Malah, ia menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari saat kita tidur, ini bertolak belakang dengan jenis tanaman lainnya.


5. Untuk belajar


Kaktus apel Peru (Ceres peruvianus) dibanding tanaman lainnya, punya kemampuan paling baik dalam menyerap emisi elektromagnetik yang berasal dari komputer Anda.

6. Di ruangan kurang pencahayaan


Lili Paris (Clorophytum comosum), sangat mudah dirawat. Ia mampu tumbuh di tanah yang kering atau di ruang remang-remang dan dingin. Tanaman ini mampu menyerap emisi dari kulit manusia, lukisan, kertas dinding dan produk cetak lainnya. Disamping kemampuan membersihkan udara, tanaman ini juga tidak beracun.

7. Untuk Aula


Coleus (Solestemon) adalah tanaman hias yang hidup dengan baik didalam ruangan. Ia tak butuh banyak pupuk untuk bisa tumbuh. Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini dikenal mampu menyaring berbagai polutan di udara terutama polutan yang berasal dari asap rokok.





8. Untuk koridor


Peace Lily (Spathiphyllum) adalah tanaman hias indah yang toleran terhadap naungan. Ia dinobatkan NASA sebagai tanaman yang punya kemampuan paling baik untuk menghilangkan tiga senyawa mudah menguap berbahaya yang paling umum ditemui; formalin, benzena, dan trikloroetilena. Ia juga mampu menyerap senyawa toluena dan xylena.

9. Untuk rumah tua


Geranium (Pelargonium) mampu mendekontaminasi dan menghilangkan bau, membunuh bakteri, dan mengusir ngengat. Minyak esensial yang terkandung dalam bunganya tak hanya memberikan aroma yang segar, tapi juga mampu membuat tidur nyenyak dan menenangkan sistem saraf.

Sumber : mnn.com

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)