Latest News

Jumat, 30 Desember 2016

Sepuluh Trik Cerdas Memasak Di Dapur

terutamasehat.blogspot.com - Hanya koki tingkat mahir yang bisa memotong apel tanpa pisau, mengupas kulit telur dalam sekali gerakan, dan mampu memotong bawang tanpa menangis. Mereka sudah tahu semua trik memasak dan karenanya, mereka menikmati setiap proses memasak dengan nyaman.

Meski bukan juru masak profesional, itu bukan berarti kita tak bisa menguasai keahlian mereka. Sepuluh trik memasak berikut ini akan membuka rahasia keahlian mereka dan kita dengan mudah bisa menguasainya.

Cara mengupas kulit telur dengan mudah


Rebusan telur akan lebih mudah dikuliti juga Anda memasukkan sepotong lemon kedalam panci saat merebus. Cara lain adalah dengan memasukkan  1/2 sendok teh baking soda, efek yang dihasilkan akan sama.

Memotong bawang tanpa menangis


Jangan biarkan air matamu menetas kembali, cukup tempatkan bawang kedalam freezer kulkas selama 15 menit sebelum Anda mulai memasak. Bawang yang dingin akan mengurangi reaksi pencampuran senyawa sulfur dengan asam amino sulfoxides yang menghasilkan gas 'air mata'.

Membuat kue tanpa telur


Jika Anda ingin membuat bolu atau kue kering tapi Anda tiba-tiba baru sadar kalau kehabisan telur, Anda bisa menggunakan pisang sebagai bahan pengganti. Gunakan rasio 1 telur = 1/2 pisang. Kue akan tetap lembut dan enak.

Membuat rasa secangkir kopi menjadi sempurna


Trik ini akan sangat disukai oleh para pecinta kopi dan siapapun yang tak ingin bangun pagi tanpa secangkir kopi panas. Tambahkan sedikit garam dan kayu manis pada bubuk kopi sebelum diseduh. Garam membantu menyingkirkan rasa pahit dan kayu manis akan menambah cita rasa kopi Anda.


Cara membelah dua apel tanpa pisau

Jika Anda hanya punya satu apel untuk berdua, berikut cara mudah membagi buah apel menjadi dua tanpa pisau:
  • Putar tangkai apel hingga putus
  • Letakkan apel dalam genggaman sambil diputar-putar hingga mendapatkan posisi jari yang nyaman
  • Tekan kuat dan dorong kearah samping, apel akan terbelah dua dengan mudah.


Cara cepat mengupas kulit bawang putih


Untuk menghemat waktu saat mengupas kulit bawang putih, tempatkan kedalam microwave selama 15 detik, ini akan membuat kulit bawang mudah dikupas.

Memilih paprika paling enak


Ketika membeli paprika, lihatlah bagian bawahnya. Jika paprika memiliki 3 benjolan, itu berari paprika jenis 'jantan', sementara 4 benjolan adalah paprika 'betina'. Paprika 'betina' rasanya lebih manis, dan baik digunakan saat masih segar. Paprika 'jantan' lebih padat, dan aromanya lebih kuat, jadi ia sangat baik untuk bahan berbagai masakan.

Memotong bolu dengan benang


Anda bisa memotong bolu dengan benang jahit atau benang gigi untuk mendapatkan potongan sempurna




Kentang goreng tanpa digoreng


Jika Anda mengira tak ada lagi yang lebih enak dari kentang goreng, cobalah memasak kentang dengan cara ini: potong-potong kentang seperti gambar diatas, percikkan minyak zaitun atau minyak makan, sisipkan potongan keju ditiap irisan, serta tambahkan garam dan lada untuk penambah cita rasa. Masukkan kedalam oven dengan suhu 220 derajat Celcius selama 40 menit. Rasakan kenikmatan rasanya.

Mengupas kulit kentang dengan cepat

Jika Anda tak sabar mengupas kulit kentang, cobalah trik ini :
  • Buatlah irisan tipis melingkar ditengah badan kentang
  • Tuang air panas kedalam panci berisi kentang, letakkan diatas kompor dan tunggu hingga mendidih
  • Buang air panas dan ganti dengan air dingin
  • Ambil kentang yang telah dingin dan cobalah kupas kulitnya, dalam satu gerakan kulit kentang akan mengelupas.

Selasa, 27 Desember 2016

Setelah 64 Tahun Menikah, Pasangan Ini Meninggal Berpegangan Tangan

terutamasehat.blogspot.com - Banyak pasangan memimpikan dapat hidup bersama dengan orang yang dicintainya sepanjang hidupnya, dan bahkan berharap akan bertemu lagi setelah kematian. Kisah cinta sejati memang selalu indah untuk diceritakan dan pasangan suami istri berikut ini kembali menjadi bukti kalau mencintai sampai akhir hayat adalah suatu keniscayaan.

Pasangan asal kota Tennessee, AS, baru-baru ini meninggal sambil berpegangan tangan di sebuah rumah sakit setelah menikah selama hampir 64 tahun.  Sang suami, Trent Winstead, 88 tahun, harus dirawat di rumah sakit setelah menderita gagal ginjal, dan istrinya, Dolores Winstead, 83 tahun, menderita pembengkakan pembuluh darah selama ia menunggu suminya di rumah sakit.


Sheryl, anak perempuannya bercerita," Ketika kami menjelaskan pada Ayah kalau Ibu takkan bisa selamat, ia tampak bersedih begitu dalam." Trent patah hati begitu melihat istrinya meninggal dunia di depan matanya.

Trent dan Dolores bertemu 50 tahun yang lalu di sebuah desa. Mereka saling mengungkapkan isi hati lewat surat-surat cintanya dan tak butuh waktu lama sampai akhirnya Trent melamar Dolores. Mereka merupakan pasangan serasi. Meski Dolores senang terbenam dalam kumpulan buku memasaknya dan Trent menghabiskan waktu memancing di danau, mereka tak terpisahkan. Pasangan ini menghabiskan hari-hari bahagianya di Nashville Barat, sampai Trent kemudian jatuh sakit.


Menderita gagal ginjal, Trent harus dirawat intensif di RS Saint Thomas West. Istri tercintanya selalu berusaha menemani sang suami. "Ibu mulai mengalami sakit kepala parah, ia ternyata menderita aneurysm, pembengkakan pembuluh darah," cerita anak lelakinya, Eddie. "Keduanya dirawat di ruangan yang sama. Tapi Ibu hanya bertahan selama dua hari."

Dolores meninggal setelah 63 tahun menikah dan hanya beberapa minggu sebelum mereka merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-64. "Aku membaringkan Ayah disamping jasad Ibu dan memberitahunya, 'Ibu telah pergi'. Dan setelahnya, Ayah seperti hilang semangat," kisah Eddie.

"Aku katakan kepada Ayah, 'Yah, jika Ayah ingin pergi bersama Ibu, Aku dan Sheryl ikhlas melepas Ayah."

Sambil menggenggam tangan wanita yang paling dicintainya, Trent akhirnya meninggal dunia mengikuti sang istri beberapa jam kemudian.

"Tuhan sepertinya telah mengatur agar orangtua kami pergi bersama," kata Sheryl. "Dan cara mereka mereka pergi sungguh manis."

Empat Peristiwa Penting Yang Akan Terjadi Di Tahun 2017

terutamasehat.blogspot.com -  Setelah melewati tahun 2016 yang menjadi salah satu tahun paling dikenang selama dekade terakhir, kita akan kembali menuju ke tahun yang baru. 2017 (MMXVII), menurut Kalender Gregorian, akan dimulai dengan banyak kemeriahan dan ribuan perayaan pada hari Minggu 1 Januari di seluruh dunia.

Banyak hal menarik yang akan terjadi pada tahun 2017. Selain akan digelarnya Pilkada serentak di seluruh Indonesia (dan tentu saja kita menantikan Pilkada 'terpanas' di DKI Jakarta), akan dilantiknya Donald Trump sebagai Presiden AS yang baru dan dirilisnya film Star Wars episode ke delapan, ada beberapa peristiwa yang akan menjadi tonggak sejarah dunia, terutama dalam bidang iptek.

Jadi, apa saja peristiwa penting yang paling dinanti di tahun 2017 nanti? mari kita simak empat diantaranya.

Dibukanya Berkas Pembunuhan JFK Setelah Menjadi Rahasia Selama 54 Tahun

Setelah pemutaran perdana film JFK pada tahun 1991, kemarahan publik Amerika tak terbendung lagi dan pada tahun 1992 mendesak  kongres AS untuk mensahkan President John F. Kennedy Assassination Records Collection Act. Ini berarti pemerintah diwajibkan untuk membuka seluruh rekaman data yang berkaitan dengan pembunuhan Presiden John F Kennedy di tahun 1963.


Butuh waktu enam tahun untuk mengumpulkan semua berkas data yang berkaitan tentang pembunuhan JFK. Berkas itu disebut berisi sekitar 4 juta halaman, namun baru akan dipublikasikan ke publik pada tahun 2017 mendatang. Jadi, akhirnya publik bisa menilai apa yang sebenarnya terjadi, mengapa dan oleh siapa Presiden John F. Kennedy dibunuh.


Penggunaan Ragi Sintetis Pertama

Pada tahun 2010, sel hidup yang dikontrol oleh DNA buatan (sintetis) dibuat untuk pertama kalinya. Ketika itu yang dibuat adalah sebuah sel bakteri sederhana tanpa nukleus. Sebuah program baru kini sedang berjalan untuk memproduksi ragi sintetis, sebuah sel dengan nukleus yang pembuatannya jauh lebih rumit.


Prof. Tom Ellis menjelaskan bahwa manusia telah lama memanfaatkan produk-produk ragi untuk membuat alkohol dan berbagai jenis roti, dan pada tahun 2017, kita akan mampu menggunakan sel ragi sebagai media untuk "membuat beragam produk kompleks yang dibutuhkan untuk kehidupan modern." Diperkirakan studi ini akan memberikan wawasan yang cemerlang dalam ilmu genetika.


Pendaratan ke Bulan oleh Swasta Pertama

Balik ke tahun 2007, Google membuat sebuah sayembara berhadiah sebesar 20 juta dolar bagi perusahaan swasta yang mampu mendaratkan wahananya dengan sukses ke permukaan bulan.  Tiga perusahaan ikut sayembara ini, namun sejauh ini baru satu perusahaan, Moon Express, yang telah mendapat izin dari pemerintah AS.


Peluncuran pesawat dijadwalkan pada pertengahan 2017, Perusahaan ini berharap nantinya dapat mulai melakukan penambangan di bulan. Setelah berpuluh tahun tak pernah didatangi manusia, keberhasilan pendaratan ini akan membuka jalan bagi pesawat berawak swasta ke bulan.

Operasi Tranplantasi Kepala Manusia Pertama

Ahli bedah Sergio Canavero telah berjanji pada tahun 2017, ia akan mampu melaksanakan operasi transplantasi kepala manusia untuk pertama kalinya. Dengan teknik ini, ia akan memberikan tubuh baru bagi orang yang mengalami kelumpuhan total.

Baru-baru ini, Canavero mengumumkan ia telah sukses melakukan operasi transplantasi kepala pada tikus dan monyet, dimana keduanya telah diberikan tubuh baru dan berhasil selamat.


Canavero saat ini sedang mencari sponsor keuangan dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg untuk membiayai operasi seorang pasien berusia 31 tahun asal Rusia, Valery Spiridonov, yang telah mendaftar untuk menjadi orang pertama yang menjalani transplantasi kepala. Jika operasi ini berhasil, ini akan menjadi kisah paling hebat abad ini.

Menikmati Deretan Foto Tingkah Anak Yang Menggemaskan

terutamasehat.blogspot.com - Selalu saja ada sesuatu yang menarik dan lucu di setiap rumah yang memiliki anak kecil. Anak-anak yang masih berusaha mengenal dunia dengan caranya sendiri, akhirnya seringkali memperlihatkan tingkah yang menggemaskan.

Memiliki anak kecil mungkin bukan tugas yang mudah bagi para orangtua, tapi apa yang mereka lakukan menjadi sumber keceriaan dan kebahagiaan dalam keluarga. Tingkah polos apapun dari sang anak, akan selalu membuat tersenyum dan membuat indah hidup kita.

Cobalah nikmati deretan hasil jepretan para orangtua berikut ini. Ini menjadi bukti meski mengurus anak akan menguras peluh para orangtua, takkan ada kata bosan melihat hal-hal tak terduga yang selalu mereka lakukan.

Darth Vader sakit perut

Inilah cara mereka membuat lawan jenis terkesan.

Ia selalu ingin mencoba memakai celana abangnya.

Ia tak tega melihat seseorang menangis.

Ia juga bercita-cita menjadi unicorn

Cara mudah (namun tak murah) membuat anak tetap gembira

Ia yakin inilah cara terbaik melatih anjing kecilnya

Anak-anak merasa paling pintar main petak umpet tanpa sadar mereka masih pemula

Mereka sepakat membagi ruangan untuk bermain, tapi tampaknya si abang seorang negosiator yang buruk

Kita tak pernah berhenti kagum betapa mudahnya si kecil mendapat teman baru

Jangan coba ngatur-ngatur aku! Aku lebih tua delapan menit darimu!

Kapanpun dan dimanapun, tidur adalah menu wajib yang tak boleh dilewatkan

Inilah reaksi paling tepat saat ia sadar ia kini telah menjadi anak tengah.

Si kecil tadi menyetir mobil mainannya keliling rumah sambil minum susu, tak lama orangtuanya menemukannya dalam kondisi begini...

Tak mau terlihat seperti teman-temannya yang lain, putri kecil ini akhirnya memakai gaya rambut paling gokil

Sebelumnya anak ini hanya tahu kodok dari buku yang ia baca.

Gadis cilik ini berjanji akan mengembalikan ikan ini ke sungai setelah ia puas memeluknya.

Kamis, 22 Desember 2016

Ini Alasan Kenapa Orang Sukses Suka Pakai Baju yang Sama

terutamasehat.blogspot.com - Pernahkah Anda memperhatikan gaya berpakaian pendiri Facebook, Mark Zuckerberg atau Steve Jobs si pencipta Apple, serta pemilik perusahaan komputer raksasa, Bill Gates? Pasti Anda akan sepakat bila kita simpulkan gaya berpakaian mereka tidak pernah berubah dan bahkan terkesan memakai baju yang itu-itu saja.

Di setiap kesempatan, Mark Zuckerberg hampir selalu tampil dengan hanya memakai kaos oblong dan celana jins, Steve Jobs dengan kaus leher ketat plus kaca mata bingkai bundarnya, dan Bill gates selalu setia dengan kemeja kantoran yang terkesan sangat santai. Para milyarder ini seolah tak punya cukup uang untuk membeli jenis pakaian model lain.


Meski banyak orang terobsesi dan selalu mengejar gaya fesyen terkini, kini gerakan 'Capsule wardrobe' semakin mendapatkan momentum. Capsule wardrobe adalah sebuah konsep dimana kita hanya mengisi lemari dengan pakaian yang mudah dipadu-padankan saja dan cocok digunakan pada berbagai kesempatan. Ia mengacu pada ide seseorang yang hanya mengenakan 10-15 hal dasar dalam berpakaian sepanjang waktu. Yang menarik adalah fakta bahwa makin banyak orang sukses dan terkenal dari kalangan politisi maupun pengusaha mulai menerapkan gaya ini.

Nah, berikut adalah tujuh alasan mengapa gaya ini makin disukai. Dari kesederhanaan berpakaian mereka, ternyata ada makna terpendam yang jauh lebih menarik untuk disimak.

1. Lebih sedikir mengambil keputusan 

Kelelahan dalam mengambil keputusan mengacu pada kualitas keputusan yang makin memburuk yang dibuat individu setelah harus terus-menerus mengambil keputusan dalam jangka waktu panjang. Bagi orang-orang yang selalu harus mengambil keputusan penting setiap hari, mengurangi pengambilan keputusan (bahkan untuk memilih pakaian di pagi hari) akan membuat mereka memiliki lebih banyak ruang mental dan produktivitas setiap harinya.

Ini membentuk dasar yang membuat Presiden Barack Obama selalu memakai model baju yang nyaris sama setiap harinya. "Anda akan melihat saya hanya memakai jas abu-abu atau biru. Saya hanya ingin mengurangi pengambilan keputusan. Saya tidak ingin membuat keputusan tentang apa yang akan saya makan atau apa yang akan saya pakai. Karena saya harus membuat banyak keputusan yang lebih penting dari itu."

Mark Zuckenberg juga punya alasan yang sama. Satu keputusan sembrono saat memilih pakaian di pagi hari akan menghasilkan keputusan yang lebih baik pada hal-hal yang jauh lebih penting di siang harinya.




2. Tidak membuang waktu

Kita takkan pernah tahu seberapa besar harta benda ternyata malah membebani kita sampai kita mulai menghapusnya. Namun bila kita mulai melakukannya, kita akan menemukan kebebasan, kesempatan dan kehidupan baru.

Bagi orang yang mapan dan mampu membeli apapun yang diinginkannya, memiliki pakaian banyak bisa menjadi dilematis. Ia akan membutuhkan lebih banyak waktu setiap harinya untuk memilah pakaian apa yang akan dikenakannya.

Seseorang bereksperimen dengan proyek 333, ini adalah sebuah tantangan pribadi dimana ia hanya memakai tak lebih dari 33 item pakaian selama tiga bulan. Proyek sederhana ini ternyata mampu mengubah hidup lebih menyenangkan. Ia mendapatkan manfaat terbesar dari membatasi isi lemari pakaiannya; karunia waktu. Bersiap-siap dipagi hari menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

3. Stress berkurang

Mathilda Kahl, seorang art director di New York mengaku ia mengenakan model pakaian yang sama setiap hari untuk menghindari kelelahan pengambilan keputusan dan untuk menghemat waktu, tapi ia juga menambahkan hal lain; untuk mengurangi stres. Khususnya mengurangi stres akibat harus memilih pakaian apa yang harus digunakannya di setiap pagi. "Apakah ini terlalu formal, atau terlalu santai? atau apakah gaunku terlalu pendek?"

"Hampir selalu, begitu aku melangkah ke terminal, aku selalu menyesal memakai pakaian yang baru kupilih." keluh Mathilda. Tapi kini, dengan ciri khas kemeja sutra putih dan celana panjang hitam yang selalu dikenakannya, ia telah mengurangi satu sumber kecemasan setiap hari.

4. Mengurangi energi yang terbuang sia-sia

Christopher Nolan telah membuat beberapa film paling sukses di abad 21. Tapi dulu ia begitu banyak menghabiskan energi hanya untuk memilih pakaian apa yang akan dikenakannya. Kini, ia memutuskan hanya akan memakai jas ketat warna pekat dengan kemaja biru serta celana panjang hitam dan sepatu sederhana setiap hari.

"Lemari besar tak hanya akan membuat energi lebih banyak terbuang untuk memilih pakaian tapi ia juga membutuhkan perawatan dan pengaturan lebih. Sementara pakaian yang sedikit akan membuat cucian lebih sedikit dan mudah disimpan" kata Christopher.


5. Ikonik

Alice Gregory adalah seorang penulis yang tinggal di New York, ia menyebut seseorang yang selalu memakai pakaian 'seragam' setiap harinya dengan sebutan ikonik. Ini adalah cara yang murah dan mudah untuk menjadi terkenal. "Pakaian 'seragam' bisa membuat seseorang tampak dewasa dan baik hati dan menjadi cara menanamkan identitas tersebut."

Alice menekankan mengenakan model pakaian yang sama setiap hari adalah cara untuk menegaskan status Anda sebagai protagonis. Ini adalah alasan utama mengapa karakter komik tidak pernah mengganti pakaian mereka.


6. Mengurangi biaya

Sering terjadi lemari penuh pakaian dan sepatu yang dibeli, tapi jarang dipakai. Bayangkan, keluarga di Amerika setiap tahunnya rata-rata menghabiskan uang 23 juta rupiah hanya untuk belanja pakaian. Dan ternyata, kebanyakan kita membeli pakaian bukan atas dasar kebutuhan sama sekali. Pada tahun 1930, wanita Amerika hanya memiliki sembilan potong pakaian, tapi kini seorang wanita Amerika memiliki 30 pakaian! Hidup dengan gaya Capsule wardrobe jelas akan menghemat banyak uang.

7. Lebih tenang dan damai

Bulan lalu, Drew Barrymore menulis sebuah artikel dengan gaya berpakaiannya. "Awalnya, aku punya 40 gaun, dan 20 gaun diantaranya sudah ketinggalan mode. Dan setelah punya dua bayi, 30 gaun sudah tak muat lagi. Soal pakaian, Aku berada dipersimpangan jalan, dan itu sangat menyakitkan."

Untuk mengatasinya, Drew melakukan diet lemari dengan hanya membeli pakaian yang benar-benar dibutuhkannya. Sebulan kemudian, ia kembali bisa bergembira karena pakaian tak lagi menjadi perang batin baginya. Selera modenya kini 'lebih tenang dan damai'.

Tanpa sadar, orang berlomba-lomba memakai sesuatu yang sedang 'tren' tanpa peduli apakah itu cocok untuknya dan akhirnya hanya menjadi korban mode. Namun kini makin banyak orang yang sadar dan berusaha mencari kebebasan dengan solusi baru. Inilah mengapa Capsule wardrobe kini menemukan momentumnya.

Selasa, 20 Desember 2016

Wanita Ini Rekam Hal Aneh Saat Berkunjung Ke Rumah Sakit

terutamasehat.blogspot.com - Ketika membesuk ke rumah sakit, biasanya yang terlihat adalah suasana hiruk pikuk petugas medis merawat pasiennya.  Pasien berdatangan, dokter dan perawat bekerja keras untuk menyelamatkan nyawa.

Tapi pengguna Facebook bernama Anne Grantham sama sekali tak menduga apa yang dia lihat saat mengunjungi ibunya yang sakit di RS St. Rose Dominika di Nevada baru-baru ini. Sebuah pemandangan yang takkan dia temui setiap hari. Ia lalu memutuskan merekamnya dan ternyata menjadi viral di Facebook.


Dalam rekaman video tersebut dari jauh terlihat seperti ada boneka dengan pakaian anak berjalan tertatih-tatih mendekatinya. Ia kaget karena ternyata yang ia lihat adalah seekor anjing berpakaian anak perempuan dan berjalan dengan kedua kaki belakangnya, persis seperti cara berjalan manusia.


Anjing itu tampak begitu menggemaskan saat melangkah di sepanjang koridor rumah sakit dengan kaki belakangnya. Tanpa sekalipun menapakkan kaki depan, ia terus berjalan menuju sebuah ruangan sambil dipandu si pemilik anjing. Anne nyaris tak percaya melihat kelakuan anjing yang luar biasa tersebut.



Dalam seminggu, video ini telah ditonton lebih dari 46 juta kali. Meski netizen kagum pada 'bakat' si anjing, ternyata banyak dari mereka yang malah menganggap perilaku anjing yang meniru tingkah manusia tersebut aneh dan sedikit menakutkan. Bagaimana menurut Anda?

Senin, 19 Desember 2016

Mengenal Lebih Dekat 11 Uang Pecahan Rupiah Terbaru

terutamasehat.blogspot.com - Senin, 19 Desember 2016, Bank Indonesia (BI) secara resmi mengeluarkan seri uang Rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016. Sebelas uang pecahan rupiah baru ini terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam dengan gambar pahlawan dan keindahan pemandangan alam serta tarian tradisional khas Indonesia yang berbeda dari yang lama.

Wajah-wajah 'baru' para pahlawan yang diabadikan dalam pecahan rupiah terbaru ini berasal dari beragam latar belakang sejarah dan pemilihannya didasari oleh semangat kebhinekaan atau keragaman Indonesia. Para pahlawan ini mewakili daerah-daerah yang belum pernah terwakili oleh gambar pahlawan di mata uang sebelumnya.

Bapak Proklamator tercinta, Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta tetap didaulat dicantumkan dalam pecahan tertinggi, Rp.100 ribu kertas, sementara pahlawan Ir. H. Djuanda Kartawidjaya menggantikan wajah pahlawan I Gusti Ngurah Rai di lembar uang pecahan kertas Rp. 50 ribu. Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, atau yang lebih dikenal dengan Sam Ratulangi, terpampang dipecahan uang Rp.20 ribu. Beliau adalah Gubernur pertama Sulawesi.


Yang menarik ada pada pecahan uang Rp. 10 ribu. Untuk pertama kalinya pahlawan nasional dari Papua diabadikan dalam mata uang rupiah. Sementara pecahan uang Rp. 5 ribu dihiasi oleh gambar Guru Besar NU, Dr. KH. Idham Khalid.

Gambar tokoh yang populer di kalangan masyarakat Betawi, Mohammad Husni Thamrin mengisi pecahan uang Dua Ribu rupiah. Pahlawan wanita  asal NAD, Cut Nyak Meutia, menggantikan gambar pahlawan yang gambar diri bersama goloknya begitu fenomenal, Kapiten Pattimura.

Satu lagi yang unik dari uang pecahan rupiah terbaru ini, pecahan uang logam yang biasanya diisi dengan gambar tumbuhan atau binatang khas Indonesia, kali ini ternyata diisi oleh gambar para pahlawan. Pecahan logam seribu rupiah terukir gambar pahlawan I Gusti Ketut Pudja. Lalu pada uang 500 rupiah logam tercetak gambar pahlawan Letjen TB Simatupang. Pecahan logam 200 rupiah diisi Dr. Cipto Mangunkusomo yang menggantikan gambar jalak Bali. Dan akhirnya, pecahan terkecil 100 rupiah logam tergambar pahlawan sekaligus Guru Besar UGM,  Prof. Dr. Ir. Herman Johannes.

Untuk mengenal lebih dekat bagaimana bentuk dan gambar dari sebelas uang pecahan rupiah yang baru dikeluarkan BI, silahkan menyimak gambar dan keterangan berikut ini.




Uang Pecahan Seratus Ribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Lima Puluh Ribu Rupiah Kertas




Uang Pecahan Dua Puluh Ribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Sepuluh Ribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Lima Ribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Dua Ribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Seribu Rupiah Kertas



Uang Pecahan Seribu Rupiah Logam



Uang Pecahan Lima Ratus Rupiah Logam


Uang Pecahan Dua Ratus Rupiah Logam


Uang Pecahan Seratus Rupiah Logam


Sumber : www.bi.go.id


Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)