Latest News

Selasa, 31 Mei 2016

Tips Agar Printer Awet dan Hemat Biaya

terutamasehat.blogspot.com - Menjadi sebuah guyonan di kalangan pengguna printer bahwa kita akan lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli tinta kartrid dibandingkan biaya membeli printer. Kenyataannya memang kita harus mengeluarkan banyak uang untuk kotak kecil ini  dan sedihnya, ia cenderung mengering lebih cepat dari yang kita duga.

Namun setelah pengalaman selama bertahun-tahun, para pengguna printer ternyata menemukan cara menghemat biaya. Dengan mengikuti beberapa tips cara penggunaan printer yang benar berikut ini, Anda akan dapat menghemat banyak tinta dan uang karena menggunakan printer dengan cara bijak.


1. Hati-hati dengan printer berharga murah

Kini dipasaran banyak dijual printer berharga murah. Penting untuk berhati-hati ketika membelinya karena mungkin saja perusahaan printer sengaja menjual printer murah hanya untuk mengambil untung dari penjualan tinta kartrid dibanding dari penjualan unit printer itu sendiri. Saat membeli sebuah printer, Anda harus selalu mengecek berapa harga tinta kartrid dan "life-span" (rentang hidup) kartrid tersebut. Bila Anda punya anggaran yang longgar, ada baiknya memilih printer yang lebih mahal namun awet. Pepatah lama berlaku disini; Ada harga, ada rupa.

2. Gunakan huruf (font) yang sesuai

Beberapa tahun yang lalu, sekelompok pelajar Amerika mengejutkan dunia dengan membuktikan bahwa jika pemerintah AS mengganti jenis huruf yang lebih kecil pada semua laporan yang dicetak, itu akan menghemat anggaran hingga 400 juta dolar setahun. Jadi jika Anda ingin menghemat uang, gunakan jenis huruf yang sederhana dan tipis (Garamond misalnya), ini akan menghemat biaya pemakaian tinta hingga 20%.

3. Gunakan setelan kualitas rendah

Kecuali Anda ingin mencetak foto atau item kecil, tak mesti menggunakan setelan kualitas tinggi untuk mencetak dokumen biasa. Anda bisa mengubah setelan kualitas cetak pada "print properties". Jika tidak sedang butuh cetak warna, akan lebih hemat mencetak dalam mode hitam putih.

4.  Gunakan kartrid bekas

Banyak toko yang menawarkan tinta non original dalam kemasan kartrid daur ulang, beberapa diantaranya bahkan menawarkan pengisian ulang tinta pada kartrid bekas Anda. Perusahan printer mengklaim cara ini bisa merusak printer, tapi tak ada bukti nyata yang mendukung klaim tersebut.

5. Coba gunakan tinta isi ulang di rumah

Beberapa jenis tinta kartrid bisa diisi ulang dengan alat sederhana dan berbiaya murah. Kekurangan metode ini kemungkinan akan membuat kotor meja kerja Anda dan harus sering diulang setiap kehabisan tinta. Tapi bila kekurangan ini tidak mengganggu Anda, Anda bisa menghemat banyak uang dibanding harus membeli tinta asli. Beberapa jenis printer kini ada yang menyedikan tempat penampungan tinta yang terpisah dari kartrid, sehingga mengisi ulang tinta akan jauh lebih mudah.


6. Teruslah mencetak

Sama seperti mobil yang memiliki indikator kapan Anda harus mengisi bensin meski belum habis, printer juga akan memberi tahu meski masih ada sedikit tinta yang tersisa. Artinya Anda masih bisa terus mencetak meskipun peringatan tinta telah menyala sampai tinta benar-benar habis.

7. Menghemat kertas

Kertas cetak bisa sama mahal dengan biaya membeli tinta dan Anda bisa menghemat banyak uang dengan mencetak di kedua sisi kertas. Kebanyakan printer modern memiliki pilihan otomatis untuk melakukannya, yang harus Anda lakukan hanya dengan mengaktifkan fungsi tersebut. Lihatlah manual printer untuk mengetahui caranya.

8.  Memperkecil ukuran cetakan saat mencetak berkas presentasi

Jika Anda mencetak file presentasi PowerPoint, Anda bisa mencetak 4 slide dalam satu halaman dan tetap bisa dibaca dengan mudah. Ini akan menghemat tinta dan kertas. Untuk melakukannya, Anda tinggal masuk ke print menu pada PowerPoint dan rubah setelan sesuai keinginan.

9. Jangan mencetak test paper

Banyak printer melakukan test printing setiap Anda menghidupkan printer dengan alasan tak jelas. Lihat buku panduan untuk menonaktifkan fungsi ini. Cetaklah "test printing" saat Anda memang membutuhkannya (biasanya ketika sedang maintanance printer).


10. Cetak sesuatu minimal seminggu sekali

Jika Anda sedang tidak menggunakan printer untuk waktu yang lama, tinta dibawah kartrid bisa mengering dan seluruh kartrid menjadi rusak. Untuk mencegahnya, cukup cetak selembar kertas setiap minggu. Untuk menghemat, ada yang menggunakan kertas yang sama setiap kali melakukan ini, dimana hasil cetak akan menimpa cetakan lamanya.

11. Tunggu beberapa saat sebelum mematikan printer

Setelah selesai mencetak, kartrid akan kembali ke posisi terlindungi dan kembali ke tempatnya semula.  Jika Anda memaksa mematikan printer sebelum proses pengembalian katrid ke tempat amannya selesai, tinta printer akan beresiko mengering dan bahkan mungkin akan bocor.


12. Cetaklah hanya hasil akhir dokumen Anda

Tak ada pemborosan yang paling parah selain mencetak sesuatu hanya untuk mengetahui kesalahan dan kemudian mencetak ulang. Sangat penting untuk mengecek ulang ejaan dan layout sebelum Anda mencetak dokumen untuk memastikan tak ada kesalahan yang dibuat.

Artikel menarik lainnya :
Zaman Dulu, Ada Pria Yang Rela Dikebiri

Zaman Dulu, Ada Pria Yang Rela Dikebiri

terutamasehat.blogspot.com - Belakangan pro kontra terhadap rencana penerapan hukuman kebiri pada pelaku kejahatan seksual sedang ramai diperdebatkan. Dengan diberlakukannya hukuman ini, diharapkan kejahatan luar biasa yang sedang melanda Indonesia bisa dicegah.

Sejarah pengebirian pada pria telah ada sejak dulu. Bahkan dengan beberapa alasan tertentu, ada pria yang dengan sukarela dikebiri. Latar belakang mereka yang rela dikebiri antara lain karena ingin mendapat kekayaan dan kekuasaan, fanatisme agama yang menganggap akan bisa lebih dekat dengan tuhan jika telah dikebiri atau karena alasan mempertahankan karir menyanyinya di opera.


Sejarah mencatat orang-orang yang menjalani pengebirian atas kemauan sendiri. Kita akan simak kisah beberapa diantaranya.

Thomas "Boston" Corbett

Corbett adalah seorang tentara AS yang berbakat namun memiliki kebiasaan buruk pada prostitusi dan minuman keras. Sampai pada suatu malam di tahun 1850, ia terpesona pada sebuah ayat injil yang dibacakan seorang penginjil. Ia menjadi jemaat yang rutin datang ke gereja.

Ia dinasehati agar keluar dari kebiasaan buruknya. Corbett yang pada saat itu berusia 26 tahun menerima nasehat tersebut. Ia bersumpah untuk berhenti mabuk-mabukan dan mulai memanjangkan janggut dan rambutnya agar mirip dengan gambaran Jesus.


Namun kefanatikan Corbett ditafsirkannya dengan cara yang aneh. Suatu hari saat ia sedang melakukan pelayanan pada 1858, Corbett digoda oleh sepasang pelacur, dan secara naruliah Corbett terangsang. Merasa bersalah dengan sifat alaminya, ia pulang kerumah, mengambil gunting lalu memotong testisnya sendiri. Lalu ia segera kembali lagi ke gereja.

Ternyata ia terinspirasi dengan ayat injil Matius 19:12 yang berbunyi : "Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."

Corbett terkenal setelah menjadi orang yang membunuh pembunuh presiden Abraham Lincoln.

Para Penyanyi Castrato

Jumlah para pria yang dikebiri pada abda ke-17 dan ke-18 di Eropa sekitar 4000 orang. Para anak lelaki melakukan pengkebirian pada usia 8 tahun untuk memastikan agar pita suara mereka tidak berkembang menjadi pita suara pria dewasa karena mengalami pubertas.

Kebiri pada pria anggota paduan suara sangat lazim ditemui pada masa itu, karena perempuan tidak diizinkan untuk menyanyi sesuai dengan aturan ketat dari Gereja Katolik saat itu. Karenanya, diperlukan beberapa orang pria yang memiliki suara bernada tinggi sebagai ganti ketidakhadiran wanita.


Tidak semua anak laki-laki dikebiri, mereka dipilih berdasarkan bakat dan kemampuan bernyanyinya. Anak-anak laki-laki dan para pria yang dipilih untuk menjalani operasi kebiri bersedia melakukan pengorbanan besar demi karir musik mereka.

Para penyanyi yang melakukan pengebirian ini disebut castrato. Praktik ini mulai memudar pada abad ke-19 seiiring mulai longgarnya aturan Gereja Katolik di eropa.

Alessandro Morechi

Penyanyi castrato terakhir adalah Alessandro Morechi. Mulai tahun 1870, praktek pengebirian dilarang oleh pemerintah Italia. Moreschi (1858-1922) memulai karirnya dengan bergabung di Kapel Sistina pada tahun 1883 dan menjadi dirigen paduan suara di tahun 1898. Ia pensiun pada tahun 1913.


Ia adalah penyanyi castrato terakhir dan satu-satunya penyanyi castrato yang pernah terekam suaranya. Nyanyian suara castratonya yang direkam pada tahun 1902 bisa Anda dengarkan disini. Entah karena latar belakangnya sebagai penyanyi castrato terakhir, mendengar rekaman suaranya terasa agak merinding.


Para Kasim Istana Kerajaan 

Pengebirian pertama kali yang tercatat sejarah telah ada sejak abad 21 sebelum Masehi di kerajaan Sumeria, tepatnya di kota Lagash. Berabad-abad kemudian, praktek ini berkembang secara luas dengan tujuan berbeda-beda di banyak kebudayaan; Kasim, penyanyi, pendeta, tentara, penjaga kerajaan, pejabat pemerintah, dan para pelayan harem.

Kasim Istana Cina sebelum tahun 1908

Kebiri biasanya dilakukan pada pelayan atau budak agar menjadi orang yang dipercaya untuk mendapat akses fisik ke lingkungan istana. Tanpa nafsu birahi, para raja akan merasa aman memerintahkan mereka untuk melayani permaisuri, para selir dan putri kerajaan.

Seiiring waktu, Kasim mendapat kepercayaan lebih dengan mendapat jabatan publik yang prestisius. Dalam sejarah kerajaan-kerajaan China dan Korea, para kasim memegang peranan penting dan punya pengaruh besar di lingkungan istana.

Nafsu birahi memang akan hilang, namun nafsu akan harta dan kekuasaan tetap melekat di diri para kasim. Kecenderungan ini yang terlewatkan oleh para raja, sehingga intrik-intrik kerajaan sering dibantu, atau bahkan dirancang dan dimotori para kasim istana.

Di Cina kuno, pengebirian adalah syarat untuk bisa bekerja di istana sebagai kasim. Selain ada yang dikebiri paksa, banyak pria yang rela di kebiri karena berharap bisa mengabdi di istana dan mendapat kekuasaan yang besar karena menjadi orang kepercayaan raja.
Seorang kasim kulit hitam di Kerajaan Ottoman, Turki tahun 1870
Hal menarik lainnya, sebuah studi di Korea Selatan menyatakan bahwa para pria yang dikebiri ternyata memiliki angka harapan hidup lebih panjang.  Pria yang dikebiri bisa hidup 20 tahun lebih lama dibanding pria normal. Ketiadaan hormon testosteron menjadi faktor kuncinya. Tapi pertanyaannya, siapa yang mau dikebiri demi panjang umur?

Dibalik semua alasan diatas. Pengebirian pada pelaku kejahatan seksual tetap memiliki dampak negatif. Efek negatif paling nyata adalah perubahan fisik berupa penuaan dini akibat pengeropasan tulang bila dilakukan pengebirian secara kimiawi dan perubahan bentuk tubuh pria menjadi feminim bila dilakukan operasi pembuangan testis.

Belum lagi gangguan psikis yang akan dialaminya, karena pengebirian lebih pada mematikan fungsi fisik namun tidak pada mentalnya. Dan bila mentalnya tetap sakit, pengebirian malah akan membuat si predator dendam dan bisa melakukan hal lebih gila lagi.

Mungkin ada benarnya pendapat Dr. Boyke, daripada dihukum kebiri, lebih baik ditembak mati.

Artikel sejarah menarik lainnya:
Sejarah Kelam Raja-Raja Yang Sakit Jiwa
Tokoh Legendaris Yang Diyakini Pernah Ada Namun Belum Memiliki Bukti Sejarah
10 Tragedi Hukuman Mati Yang Gagal
9 Tokoh Terkenal Yang Mati dengan Cara Konyol

Minggu, 29 Mei 2016

Pria Ini Dipaksa Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Ini Sebabnya

terutamasehat.blogspot.com - Hari pernikahan adalah hari  bahagia yang ditunggu-tunggu setiap pasangan selama hidupnya. Mengucap sumpah janji setia satu sama lain menjadi sebuah anugerah terindah. Pernikahan akan menjadi sebuah babak baru dalam kehidupan yang akan ditempuh kedua pasangan hingga akhir hayat.

Namun kadang harapan tak sesuai kenyataan. Keinginan untuk saling memiliki bisa rusak karena ketidaksetiaan, bahkan kadang bemula sesaat ketika sebuah pernikahan baru saja akan dilaksanakan.


Razul Timbukong, pria berumur 22 tahun asal Fipipina menjadi buah bibir di kotanya, setelah ia dipaksa harus menikahi dua wanita yang memperebutkannya. Baru-baru ini, Timbukong menikahi Jarah Mendoza Labangin, 20 tahun dan Thelma Guipal, 24 tahun, pada saat bersamaan dalam sebuah upacara pernikahan tak biasa yang digelar di Sampao Lutayan, Sultan Kudarat, Filipina.

Kiranya, Timbukong telah lama menjalin hubungan dengan Labangin. Ketika mereka akan mengucap ijab kabul, tiba-tiba Thelma Guipal muncul dan mengaku Timbukong telah berjanji untuk menikahinya juga. Mati-matian Thelma tak mengizinkan pernikahan diteruskan.


Orang tua Labangin jelas marah besar dan tak mau lagi menikahkan anaknya kepada Timbukong. Sama marahnya, Keluarga Timbukong malah menolak membatalkan pernikahan, mereka beralasan telah meluarkan uang yang sangat banyak untuk persiapan resepsi dan mas kawin.

Pada akhirnya, cinta segitiga ini berakhir dengan tata cara pernikahan Muslim, dimana kedua wanita tersebut akhirnya dinikahkan dan keduanya sah menjadi istri  Timbukong. Mereka hidup seatap untuk beberapa bulan sampai akhirnya demi kebaikan bersama, salah satu istrinya pergi dan tinggal di kota lain.

What a lucky guy :)

Artikel menarik lainnya :
Zaman Dulu, Ada Pria Yang Rela Dikebiri
Pedagang Malaysia Terekam Ludahi Durian Sebelum Dijual
Memangsa Pria Mau Bunuh Diri, 2 Singa Mati Ditembak

Sabtu, 28 Mei 2016

Meski Hanya Satu Kaki, Pemain Bola Ini Cetak Gol Indah

terutamasehat.blogspot.com - Hidup sering membuat kita takjub. Banyak orang yang punya kekurangan fisik ternyata mampu keluar dari tekanan dan malah bisa menginspirasi orang lain. Alih-alih menyerah dengan keadaan, mereka memilih terus berjuang hingga seringkali melampui pencapaian orang-orang normal.

Jamie Scott Tregaskiss adalah salah satu contoh terbaik. Setelah mengalami penyakit kanker langka di usia 13 tahun, ia harus kehilangan kaki kirinya. Meski hanya punya satu kaki, pemuda dengan panggilan Jay ini tak pernah menyerah pada mimpinya untuk menjadi pemain bola.


Sebelum menderita kanker, Jay adalah pemuda yang sangat berbakat dan sempat masuk dalam deretan pemain muda Manchester City. Namun mimpinya bergabung dengan klub favoritnya itu harus kandas. Meski begitu, dengan bantuan tongkat penopang kini ia bermain  di Liga Nasional Asosiasi Sepakbola Amputasi Inggris - England Amputee Football Association (EAFA).


Gol yang diciptakannya dalam video ini membuktikan ia bukan pemain sembarangan. Setelah mengulik bola dua kali, ia mengecoh lawan dan mampu menjebol sudut jauh gawang dengan sangat indah. Semua gerakan cepat dengan skill tinggi tersebut dia lakukan dengan hanya satu kaki dibantu tongkat penopang.

Bahkan dengan nada menyanjung, Daily Mirror berharap Jamie bisa menjadi nominator peraih Puskas Award, karena menurut mereka, Jamie layak mendapatkannya.

Angkat topi untuk Jay karena telah mampu meraih mimpinya dan menginspirasi banyak orang.

Sumber: mirror.co.uk

Jumat, 27 Mei 2016

Mengapa Mata Manusia Punya Titik Buta?

terutamasehat.blogspot.com - Manusia adalah mahkluk nyaris sempurna, tak diragukan lagi. Walau tak memiliki otot sekuat kuda atau badan sebesar gajah, kita bisa menjadi mahkluk dominan di muka bumi. Otak manusia yang mampu bekerja jauh diatas otak-otak mahkluk lain membuat kita menjadi superior. Fungsi anggota tubuh kita juga memiliki fungsi yang sangat efektif. Namun dari semua kelebihan tersebut bukan berarti kita tak punya kekurangan.

Anda pasti tahu mata manusia memiliki titik buta. Titik buta adalah sebuah titik di retina mata yang tidak memiliki reseptor cahaya sehingga tidak bisa merespon cahaya. Alhasil, di satu titik, mata kita tidak dapat melihat. Karena kita punya dua bola mata, maka setiap orang punya dua titik buta. Lalu mengapa manusia punya titik buta?


Untuk mengetahui titik buta mata Anda, coba tutup mata sebelah kanan Anda, lalu fokuskan mata kiri untuk melihat ke titik disebelah kanan gambar diatas. Perlahan-lahan majukan wajah Anda kedepan ke arah gambar. Perhatikan, pada satu titik, tanda plus (+) disebelah kiri tiba-tiba menghilang! itulah titik buta Anda. Untuk melihat titik buta mata kiri lakukan sebaliknya.

Ada alasan manusia memiliki titik buta. Bintik buta adalah lokasi keluarnya serabut saraf yang menjulur dari otak kerongga mata, lalu saraf tersebut menyebar keseluruh lapisan retina. Jadi bintik buta adalah lokasi anatomis, bukan sel, jaringan, atau organ, ia ibarat lubang tempat kabel instalasi listrik. Titik buta sangat penting, karena ia adalah satu-satunya jalan agar saraf bisa menerima sinyal dari fotoreseptor.


Analogi sederhana tentang titik buta mirip dengan cara kerja lampu bolham gantung diatas langit-langit rumah. Lampu akan menyinari seluruh ruangan kecuali area aliran kabel daya tepat diatasnya. Untuk menerangi area gelap diatas kabel, maka dibutuhkan bola bohlam kedua. Seperti kedua mata kita, dua lampu bohlam yang menggantung tersebut akan saling melengkapi, sehingga seluruh ruangan akan terang.

Lalu bila memang ada titik buta di mata kita, mengapa kita tidak melihatnya sebagai sebuah titik hitam? Sebenarnya ketika kita tidak melihat objek di gambar, gambar titik tersebut tidak benar-benar hilang, ia hanya berubah menjadi warna putih, disebabkan mengikuti warna disekitar area, tanpa adanya informasi dari mata sebelah (karena kita tutup), maka otak kita otomatis mengisi kekosongan informasi ini dengan perkiraannya sendiri. Kini cobalah melihat gambar dibawah ini,  Tapi kali ini dengan tanda X merah ditengah dua garis hirizontal. Ketika tanda X merah menghilang, yang tampak hanya sebuah garis lurus menyambung.

Selasa, 24 Mei 2016

Pedagang Tertangkap Kamera Ludahi Durian Sebelum Dibungkus dan Dijual

terutamasehat.blogspot.com - Siapa yang tak suka durian? bagi masyarakat Asia Tenggara, durian adalah buah favorit yang diminati hampir semua orang. Baunya yang harum dan rasa khasnya membuat orang ketagihan dan ingin terus memakannya. Namun siapa sangka, dibalik enaknya rasa durian ada oknum pedagang yang menjual durian dengan cara menjijikkan.

Sebuah gerai penjual durian di Selangor, Malaysia tertangkap kamera menjual durian dengan cara tak wajar. Dalam video yang menjadi viral tersebut terlihat sang pedagang meludahi durian-durian yang telah dikupas sesaat sebelum dibungkus dengan plastik untuk dijual.


Warga yang merekam aktivitas si pedagang memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati. Ditengarai pedagang melakukan semacam ritual agar dagangannya laris pembeli. Diketahui pedagang durian tersebut telah berjualan di gerainya lebih dari 10 tahun.


Meski kebanyakan netizen sangat marah dengan rekaman tersebut, beberapa orang masih saja ada yang membelanya dengan mengatakan bahwa si pedagang hanya ingin membersihkan durian dari kotoran sebelum dikemas dengan cara meniupnya.

Namun tentu saja banyak yang tidak percaya dengan alasan tersebut. Sehari setelah video ini menjadi viral di dunia maya, pihak kepolisian Malaysia akhirnya mengamankan penjual dan menutup gerai durian tersebut untuk menghindari amukan massa yang marah.

Resep Rahasia Membuat Kue Cermin Yang Indah

terutamasehat.blogspot.com -  Baru-baru ini para pembuat kue dibuat penasaran oleh munculnya kue indah kreasi wanita asal Rusia, Olga Noskova. Sampai-sampai selebriti dunia juga ikut-ikutan mencari tahu bagaimana cara membuat kue mengkilap ibarat cermin tersebut.

Sebenarnya kue cermin adalah kue tart biasanya seperti yang sering dibuat pecinta kue. Yang membedakannya adalah tampilan luar (icing) kue yang benar-benar mengkilap ibarat kaca atau cermin, hingga kita bisa melihat bayangan diri sendiri bila menatap kue dari dekat.


Sempat enggan membeberkan rahasia cara pembuatannya, Olga akhirnya memberikan resep yang dinanti-nati dunia kuliner. Dan ternyata rahasia dari mengkilapnya permukaan kue tersebut adalah gelatin.

Berikut resep rahasia pembuatan mirror cake a.k.a kue kaca alias kue cermin.






Bahan-bahan untuk membuat icing mirror cake:

  • 4 lembar (10 g) gelatin, gunakan gelatin yang halal dari sapi, ikan atau ayam.
  • 1 mangkuk air dingin
  • 125 ml air
  • 225 g gula pasir
  • 30 g coklat bubuk yang telah diayak
  • 150 g  coklat batangan
  • 65 ml krim kental


Cara membuat :

  1. Rendam gelatin dalam semangkuk air dingin, biarkan beberapa lama.
  2. Selagi merendam, tuang 125 ml air kedalam panci dan masak hingga mendidih. Lalu tambahkan gula pasir dan panaskan hingga suhu 104 �C. Begitu suhu tercapai (Anda harus menggunakan termometer untuk mengetahuinya), padamkan api.
  3. Tambahkan batangan coklat dan aduk hingga cair dan tercampur rata, lalu tambahkan bubuk coklat sambil terus diaduk. Teruskan mengaduk sampai semua bahan tercampur sempurna.
  4. Selanjutnya, tambahkan krim kental kedalam adonan dan aduk.
  5. Biarkan adonan hingga suhu turun ke 60�C, lalu masukkan lembaran gelatin kedalamnya. Pastikan untuk memeras air dari gelatin sebelum dicampur.
  6. Tuangkan campuran sambil disaring ke dalam wadah.
  7. Gunakan blender tangan untuk mengaduk adonan sehingga campuran gelatin menjadi selembut mungkin.
  8. Saring kembali campuran tersebut.
  9. Dinginkan hingga suhu 29�C.
  10. Begitu campuran mendingin, letakkan kue yang telah didinginkan dalam lemari es ke rak yang dibawahnya diberi nampan. Idealnya, rak kue ukurannya harus lebih kecil dari kuenya.
  11. Tuangkan campuran icing berkilau tadi ke tengah kue. Biarkan cairannya meleleh hingga menutup seluruh bagian kue.
  12. Diamkan selama beberapa jam hingga kue cermin mengeras dan mengkilap.
  13. Rias sesuai keinginan.

Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak video instruksi dibawah ini :

Senin, 23 Mei 2016

Wow, Earphone Ini Terjemahkan Semua Bahasa Secara Langsung

terutamasehat.blogspot.com - Semua orang pasti suka bepergian. Faktanya, melakukan perjalanan ke berbagai tempat menarik pasti ada disetiap daftar keinginan kita. Melihat langsung kemegahan Piramida di Mesir, mengambil foto selfie dengan latar belakang menara Eiffel dan tempat-tempat indah lainnya, pasti impian semua orang. Tapi halangan terbesar seseorang untuk bepergian selain masalah biaya, adalah masalah komunikasi.

Kendala komunikasi yang menyebabkan miskomunikasi antara turis dengan penduduk lokal, sering membuat liburan menjadi sulit dinikmati. Belajar sebuah bahasa baru bukanlah hal mudah, dan sayangnya banyak negara tidak menggunakan bahasa Inggris, sehingga akan sangat sulit untuk berkomunikasi dan mengerti satu sama lain.


Tapi kita harus berterimakasih pada teknologi yang terus berkembang, kini kita bisa dengan mudah memahami orang lain hanya dengan menggunakan gadget earpiece kecil ini. Earpiece yang bentuknya mirip dengan earphone nirkabel ini mampu menerjemahkan apapun bahasa yang berbicara kepada Anda, secara langsung! Perangkat ini secara otomatis menerjemahkannya lewat kuping Anda.

WaverlyLabs, penemu earphone ini mengatakan mereka menggunakan teknologi penerjemah yang membuat dua orang berbeda bahasa akan tetap mengerti satu sama lain.


Perusahaan kini meluncurkan kampanye pengumpulan dana di Indiegogo, dimana siapa saja yang ingin menjadi orang pertama yang bisa mencoba teknologi baru ini bisa memesan purnarupanya dengan harga kisaran $129 - $179. Diperkirakan bila sudah dipasarkan secara luas, harga earphone ini berkisar antara $250 hingga $300.

Jadi, bagi siapa yang ingin liburan ke ujung dunia tanpa harus takut dengan kendala bahasa, bisa memesan alat canggih ini.

Minggu, 22 Mei 2016

Memangsa Pria Mau Bunuh Diri, 2 Singa Mati Ditembak

terutamasehat.blogspot.com - Penjaga kebun binatang di Chili menembak mati sepasang singa Afrika sabtu kemarin untuk melindungi seorang pria yang masuk kedalam kandang singa. Pria tanpa sehelai benangpun tersebut melompat kedalam kandang dan mulai mengganggu sepasang singa jantan dan betina.

Penjaga kebun binatang awalnya menyemprotkan air ke hewan-hewan tersebut agar singa yang secara naluriah mulai menyerang pria itu bisa segera menjauh. Mereka kemudian menembakkan obat penenang, namun tembakannya meleset dan malah mengenai sang pria. Pria tersebut diidentifikasi bernama Franco Luis Ferrada, berusia 20 tahun.



Begitu Ferrada mulai dianiaya sepasang singa, penjaga kebun binatang segera menembakkan peluru tajam ke arah singa. Mereka mati beberapa saat kemudian. Ferrada segera dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan kritis.

Kepolisian Santiago mengatakan pria tersebut meninggalkan surat yang mengatakan ia akan bunuh diri. "Kami telah mencocokkan tulisan tersebut dengan tulisan tangannya."


Banyak kritik yang muncul di sosial media yang menyanyangkan cara penanganan kejadian tersebut, dimana mereka mengutuk pihak kebun binatang karena membunuh hewan langka.

Namun kepala kebun binatang, Alejandra Moltalva membela aksi staf-nya, dengan mengatakan mereka telah mengikuti protokol standar saat menghadapi keadaan darurat.


"Ketika nyawa orang terancam, Anda harus mengorbankan binatang," katanya. "Penembak memutuskan untuk menyelamatkan nyawa manusia meski harus mengorbankan dua anggota keluarga kami."

Sepasang singa tersebut telah menjadi anggota kebun binatang selama lebih dari 20 tahun.




Sabtu, 21 Mei 2016

Hati-hati, Keramas Di Salon Bisa Picu Stroke

terutamasehat.blogspot.com - Kebanyakan wanita sangat menyukai keramas di salon. Selain membuat rambut menjadi bersih, mereka akan merasa nyaman dan segar. Namun ternyata ada resiko yang terdapat dalam kegiatan menyenangkan ini.

Baru-baru ini, seorang wanita paruh baya jatuh dan mengalami serangan stroke setelah ia dikeramas di sebuah salon favoritnya.

Sebenarnya resiko terkena stroke ketika keramas di salon benar-benar nyata, meskipun peristiwa ini tergolong langka. Sebuah penelitian yang dirilis New York Times pada tahun 1993 menyebutkan, orang yang lebih tua memiliki resiko terkena serangan stroke selagi atau setelah mengunjungi salon.


Apa yang sebenarnya terjadi? ternyata sudut dan derajat kemiringan tubuh wanita yang duduk di kursi keramas membuat bagian belakang kepala tertekan saat menengadah. Posisi ini bila letaknya tidak nyaman akan menyebabkan robeknya satu dari empat arteri yang menyalurkan darah ke otak. Memijat kepala terlalu keras juga beresiko.

Elizabeth Smith, wanita paruh baya asal California mengalaminya. "Aku muntah, kepalaku menjadi panas dan tidak bisa berdiri. Tangan dan kakiku menjadi lemah. Mereka mengira aku takkan selamat," ujar Elizabeth sambil menangis. Ia mengaku hampir tak percaya ia hampir meninggal.

Dokter menyatakan pemicu strokenya berasal pada saat ia duduk di kursi keramas. Kejadian ini disebut Beauty Parlor Stroke Syndrom dan memang merupakan kasus langka.


Para dokter yang melihat kondisi Elizabeth mengatakan saat kepalanya menengadah, bagian belakang kepala menerima tekanan berlebihan, ruas tulang belakangnya merobek pembuluh arteri. dan ketika gumpalan darah mulai terbentuk, serangan strokepun terjadi.

Kini, Elizabeth kehilangan sebagian penglihatan dan pergerakannya secara permanen. Ia mengaku masih sering merasakan kesakitan, dan telah menghabiskan biaya berobat hingga $250.000 dolar. Kini ia menuntut salon tersebut ke pengadilan.

Walau terlihat menakutkan, bukan berarti Anda tidak boleh keramas di salon lagi. Yang perlu dilakukan adalah memastikan kenyamanan Anda saat sedang di keramas. Segera beri tahu pekerja salon untuk tidak memijat terlalu kuat atau ketika leher terasa sakit saat menengadah. Agar lebih aman, ganjallah leher Anda dengan handuk lembut untuk mengurangi tekanan wastafel ke leher.

Wajah Lelah Ibu Hamil

terutamasehat.blogspot.com - Sejak dulu, saya selalu tidak tega kalau melihat ibu hamil. Apalagi ibu hamil yang kandungannya sudah besar dan harus berjalan pelan-pelan demi keseimbangan tubuh.

Demikian halnya ketika istri bolak balik hamil, dan saya ikut mengantarnya periksa kandungan. Melihat ibu-ibu hamil yang duduk menunggu antrian, rasanya wajah mereka seragam semua. Tampak lelah dan berat.

Pernah saya iseng-iseng tanya istri: rasanya gimana sih hamil? Dia jawab: enak. Sambil tangannya mengurut pinggang. Seolah jawaban sebenarnya ada pada pergerakan tangannya, bukan pada kata �enak� itu tadi.


Tapi punya istri hamil, juga membawa konsekuensi pada lelaki yang jadi suaminya. Menjadi suami siaga, itu sudah pasti. Hal lain yang juga harus diupayakan adalah menjadi suami sabar. Ibu hamil itu kadang jadi the other person, Gan. Aneh dan bikin galau.

Bisa kadang nangis tidak jelas, dan ketika ditanya hanya menjawab �gak papa�.

Bisa kadang marah-marah tak tentu arah, dan ketika didudukkan persoalannya dia sendiri kebingungan.

Bisa malam-malam hening menggoyang tubuh kita sekeras mungkin, hanya untuk minta segelas air putih yang biasanya dia ambil sendiri.

Ibu hamil jadi begitu manja dan sensitif.

Tapi air putih, pijitan, dan perhatian yang dia minta itu, belum sebanding dengan pengorbanan yang ia beri untuk kita. Saya tidak bisa membayangkan jika harus membawa perut besar kemana-mana tanpa bisa break sebentar saja. Pasti berat.

Tapi dia rela, dia ikhlas membawa anak kita kemana-mana. Bukan cuma dibawa, tapi kandungan itu dia jaga dan dia sayangi.

Belum sembuh benar sakitnya melahirkan, sudah harus merawat bayi.

Anak lahir, itu artinya kesibukan sebagai orangtua baru saja dimulai. Apalagi bagi keluarga baru, yang baru belajar menjadi orangtua.

Ini pengalaman saya pribadi. Pekan pertama punya bayi pertama, rasanya badan remuk redam, nglemprek seperti tak bertulang. Apalagi anak sulung saya punya kebiasaan buruk, suka begadang. Mulai tidur setelah menjelang subuh.

Saking lelahnya, saya dan istri pernah ketiduran sekitar jam 3 pagi. Ada maling nyongkel jendela, ambil tiga hape dan sejumlah uang. Untung Kaysar, yang pada waktu itu masih pakai popok, tidak ikutan digondol maling.

Awal-awal punya momongan, saya juga sering tidur pagi di mushola. Kebetulan pada waktu itu saya sedang mengikuti Diklat perencanaan tingkat dasar (pendidikan wajib bagi setiap pegawai baru di kantor saya). Begitu sampai di tempat diklat, saya tidak langsung masuk kelas, tapi menuju mushola, ambil sikap sempurna untuk tidur sambil pasang alarm. Pada waktu coffee break, baru masuk kelas. Alhamdulillah, tidur sejam sudah menambah energi.


Saya sdh membuktikan, punya bayi itu membahagiakan sekaligus melelahkan. Itulah kenapa, anak itu begitu bermakna.

Jadi kalau sesekali istri hamil kita ini membuat �kesal�, mari ingat-ingat saja beberapa hal ini:

1. Betapa dia sudah merelakan tubuhnya jadi mesin atas janin yang kelak akan menjadi anak kita. Bayangkan saja jika mesin itu harus kita bayar per hari, berapa biaya yang harus kita keluarkan? Tapi dia rela dan ikhlas. Jadi sangat wajar jika ia meminta perhatian lebih dari kita. Toh perhatian itu wujud kasih sayang dan ibadah yang bisa dengan mudah kita lakukan.

2. Kalau istri jadi mudah marah dan tersinggung, sabar. Hormon ibu hamil seringkali tidak stabil. Dan lagi, emosi istri yang naik turun itu erat kaitannya dengan penderitaan yang dia rasakan. Coba saja kita dirundung mual dan muntah sepanjang hari, atau encok tak kenal waktu. Bisa-bisa kita jauh lebih sensitif daripada dia.

3. Bantu istri sebanyak yang kita bisa. Coba lihat kakinya yang bengkak jika terlalu lama berdiri. Menopang tubuhnya saja dia berat. Masa iya kita yang orang sehat dan bugar tidak meringankan pekerjaannya.

4. Jika istri punya keinginan (ngidam) meski kita sering merasa itu mengada-ada, sebisa mungkin turutilah. Mungkin yang dia inginkan bukan terwujudnya keinginan itu, tapi menguji sejauh mana kita memperhatikannya.

5. Jangan pernah mengomentari perubahan bentuk tubuhnya. Orang hamil jadi gemuk itu wajar gan. Gemuknya juga sudah menyiksa dirinya, jangan kita tambahi dengan tuntutan �cepat diet ya setelah melahirkan..�

6. Sering-sering puji istri. Sebenarnya kalau diperhatikan ibu hamil itu lebih ayu alami. Seperti ada aura berbeda yang terpancar dari wajahnya. Pujilah dia.

7. Jangan menuntut macam-macam ketika malam tiba. Wajar jika gairahnya menurun. Coba kita kemana-mana bawa perut buncit yang dipakai gerak sedikit saja pinggang sudah mau putus. Kira-kira masih panas membara tidak?

8. Jika ini adalah kehamilan ke-sekian, bantu ia meng-handle anak yang lain. Biarkan ia banyak menikmati waktu untuk beristirahat. Sebentar lagi jam istirahatnya begitu mahal gan. Biar ia menikmati dulu waktunya selagi bisa.

9. Kurangi pekerjaan menjelang persalinan. Kalau bisa jangan bepergian keluar kota. Istri sebentar lagi akan bertaruh nyawa demi melahirkan anak kita. Yang paling dia butuhkan saat itu adalah keberadaan kita suaminya.

10. Setelah anak kita lahir, jangan lupa ucapkan terimakasih padanya. Tanpa kerelaannya hamil dan melahirkan, kita tidak akan pernah dipanggil �ayah�.

Oya, ini yang terakhir. Jangan hanya fokus pada bayinya, tapi para suami juga harus tetap perhatian sama istri. Jangan jadi ayah pemalas, sediakan segala kemampuan utk membantu istri. Jangan sampai istri mengalami depresi paska melahirkan.

Mari sayangi istri hamil kita, dengan lebih dan jauh lebih besar dari sebelumnya.

Salam,
Didik Darmanto-ayah 2 anak

Jumat, 20 Mei 2016

Piring Anti Gemuk Ini Akan Menyerap Kelebihan Kalori Makanan Anda

terutamasehat.blogspot.com - Obesitas telah menjadi masalah tersendiri di negara-negara Asia Tenggara. Penggunaan minyak yang nyaris selalu dipakai di setiap masakan dan budaya berolahraga yang masih minim membuat banyak orang Asia mengalami kegemukan.

Jika Anda ingin banyak makan tapi tetap langsing, Anda bisa mencoba makan dengan piring ini. Namanya AbsorbPlate, piring anti gemuk penemuan baru kerjasama dari lembaga BBDO Bangkok dengan Departemen kesehatan Thailand. Piring yang bentuknya tak jauh beda dengan piring biasa ini diklaim mampu  menyerap sekitar 7 ml minyak, atau rata-rata sekitar 30 kalori, dari setiap makanan yang diletakkan diatasnya.


Dalam video promosinya, piring tersebut disebut mengadaptasi desain dari permukaan spon busa dan memiliki 500 lubang perforasi yang akan menyerap minyak dari permukaan piring ke bagian bawah setiap lubang.

Produk ini merupakan bagian dari usaha pemerintah Thailand memerangi masalah kegemukan yang melanda penduduknya.


Sama seperti masakan Indonesia, masakan Thailand terkenal dimasak dengan banyak memakai minyak. Sebuah studi yang dipublikasikan Thailand Business News tahun lalu, menunjukkan Thailand menempati urutan kedua negara yang memiliki tingkat obesitas tertinggi di asia tenggara setelah Malaysia.


Meski begitu, piring anti gemuk ini masih dalam taham konsep dan belum dipasarkan secara luas. Yang jelas kita pasti ingin punya piring ini di meja makan kita.


Sumber : Mashable.com

Kamis, 19 Mei 2016

Setelah 44 Tahun Pacaran, Pasangan ini Akhirnya Menikah

terutamasehat.blogspot.com - Bagi para gadis yang masih menantikan sang terkasih memasangkan cincin di jari manis kalian, simaklah kisah ini. Sepasang kekasih asal Inggris membuktikan kalau akhir indah sebuah kisah cinta bisa butuh waktu sangat lama, namun tetap layak untuk dinantikan.

Sally dan Colin Dunn, berasal dari Belle Isle, Inggris, akhirnya bisa merasakan berjalan di altar setelah menjalin hubungan panjang selama 44 tahun.

Sementara kebanyakan pasangan takkan mau menunggu selama itu, Sally dan Colin, keduanya telah berumur 80 tahunan, mengatakan takkan ada kata terlambat untuk menikah.


Mereka bertemu pada tahun 1972 di sebuah bar milik Colin dimana Sally bekerja di belakang bar. Tak butuh waktu lama sampai akhirnya mereka kasmaran dan berpacaran. Namun disebabkan harus mengurus anak hasil hubungan sebelumnya dengan orang lain, pasangan ini harus mengutamakan tanggungjawab terhadap anak dan tak pernah sempat mengikat janji.

"Kami selalu terlalu sibuk  mengurus anak, namun kami selalu bahagia", ujar Colin, 84 tahun.


Namun setelah sekian tahun membujang dan harus mengalami kesedihan berat setelah kehilangan saudara kandungnya, Colin akhirnya memutuskan tahun 2016 adalah tahun terakhir ia melajang.

Pada akhir pekan lalu, Sally dan Colin akhirnya sah menjadi suami istri. Pasangan ini menikah di sebuah gereja lokal dengan keluarga dan teman sekitar. Setelah mengucap janji setia, mereka pergi makan ke bar tempat mereka pertama kali bertemu.


Saat ditanya mengapa mampu menunggu begitu lama, Sally. 82 tahun menjawab, "Ini memang layak untuk ditunggu."

Sally dan Colin telah masuk dalam daftar pasangan yang mampu membuktikan takkan pernah ada kata terlambat untuk jatuh cinta.


Sumber : huffingtonpost.com

Tips Agar Rumah Aman Dari Maling

terutamasehat.blogspot.com -  Berita kriminal setiap saat bermunculan di berbagai media. Nyaris tak ada wilayah yang benar-benar bebas dari aksi kejahatan. Perampokan, pembunuhan, atau pencurian terus terjadi, bahkan kejahatan pun telah marak di sekitar lingkungan kita.

Meski begitu, kebanyakan kita selalu berpikir positif kalau peristiwa tersebut tak akan terjadi kepada kita. Tidak salah memiliki sikap optimis, namun jika suatu ketika ada saat Anda harus melindungi diri dari kejahatan, terutama pencurian dan pembobolan rumah, jauh lebih baik bersiap daripada menyesal kemudian.

Penjahat akan terus-menerus beradaptasi untuk bisa beraksi dan lolos dari penegakan hukum. Karenanya, kita harus lebih pintar dari mereka. Tentu kita tidak ingin saat pulang melihat rumah kita habis digasak maling. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar terhindar dari pencurian.

Bersihkan Sampah di Sekitar Rumah

Membuat sekitar rumah Anda tampak selalu bersih dari sampah sangat penting mencegah maling datang. Pekarangan rumah yang tak terurus bisa menjadi indikator operasi bagi para maling. Mereka akan mengira Anda adalah orang yang sibuk atau sedang pergi. Rumah yang sering kosong ditinggal pemiliknya adalah target utama para pelaku kriminal.

Pada beberapa kasus, kaki tangan maling menggunakan sampah sebagai media penanda kepada rekannya, yang akan menginformasikan apakah si pemilik rumah sedang ada di rumah, berapa orang yang berada di rumah dan informasi lainnya.

Selalu membersihkan pekarangan rumah Anda akan mengurangi resiko maling menyatroni rumah.

Jangan Rapikan Tempat Tidur Anda

Kedengarannya sedikit aneh, sementara rumah Anda harus tampak rapi dan bersih di luar namun membiarkan bagian dalam sedikit berantakan malah akan membuat rumah lebih aman.

Saat maling mengintai rumah calon target, mereka akan memeriksa tempat tidur untuk memastikan apakah dalam keadaan rapi atau berantakan. Bila kasur dalam keadaan rapi, itu bisa menjadi indikator yang baik yang menandakan pemilik rumah sedang keluar, dan rumah tersebut adalah target empuk.

Namun bila tempat tidur berantakan, maling biasanya memilih untuk pergi, karena kasur berantakan menandakan seseorang sedang berada di rumah.

Jadi, jika Anda butuh alasan untuk tidak membereskan tempat tidur karena malas, bilang saja itu sengaja biar maling takut.



Pasang Sistem Keamanan Palsu

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah tindakan kriminal di rumah Anda adalah dengan memasang sistem keamanan. Tapi tentu saja sistem ini sangat mahal dan sulit dipasang.

Dalam keadaan darurat (sampai Anda punya cukup uang untuk membelinya), Anda dapat mempertimbangkan hanya memasang tanda atau stiker yang menunjukkan kalau Anda memiliki sistem pengamanan di rumah.

Trik ini sering digunakan di swalayan-swalayan kelas kecil menengah. Mereka menempelkan banyak stiker yang mengatakan memiliki kamera CCTV, padahal kamera yang dipasang adalah kamera palsu atau malah tidak ada sama sekali.

Bagi maling berpengalaman, trik ini sudah usang dan mereka akan segera tahu kalau Anda hanya menggertak. Tapi trik ini tetap akan menjadi pertimbangan bagi maling untuk pindah target.

Terangi Rumah Anda

Penting untuk diketahui bahwa penjahat meskipun menakutkan, mereka sebenarnya sangat gelisah dan gugup. Dan kelemahan tersebut bisa kita manfaatkan.

Lampu sensor gerak mungkin bisa menipu maling. Saat sensor lampu menangkap gerakan maling, maka ia akan menyala secara otomatis. Maling pun spontan berpikiran kalau ia telah ketahuan dan akan segera melarikan diri.

Bahkan jika mereka cukup cerdas untuk menyadari kalau lampu hidup dipicu oleh gerak, rata-rata maling tidak akan suka bekerja dibawah paparan lampu sorot.

Buat Maling Tak Bisa Menebak Letak Harta Anda

Biasanya orang akan menyembunyikan perhiasan berharganya ditempat yang ia pikir takkan diketahui orang lain.  Kadang di laci kaos kaki, dibawah kasur atau didalam bantal, ada juga yang menyimpannya di kotak deposit.

Tampaknya menyimpan di tempat-tempat seperti itu akan aman, tapi Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah kebiasaan tersebut. Percayalah, tempat pertama yang akan dicari maling adalah tempat-tempat tersebut. Mereka paham luar kepala kebiasaan menyimpan orang. Bahkan bila memungkinkan, mereka akan membawa kotak deposit milik Anda dan membongkarnya di tempat aman.

Gantinya, hindari menyembunyikan barang berharga Anda di kantor atau kamar tidur. Pilihan lain adalah menyembunyikan di tempat yang tak terduga seperti dibawah wastafel dapur, diruang belakang atau di ruang bermain anak bila ada.

Namun pastikan Anda ingat dimana letaknya dan jangan sampai orang lain secara tak sengaja menemukannya.


Perkuat Pintu Rumah Anda

Teknik favorit maling memaksa masuk kedalam rumah diluar negeri adalah dengan menendang pintu. Di Indonesia, biasanya maling beraksi membongkar pintu rumah atau jendela menggunakan linggis.

Pertimbangkan memasang kunci tambahan pada pintu Anda, atau bila punya dana longgar, menambah pintu besi menjadi pelapis pintu utama cukup efektif. Ini akan membuat pencuri kesulitan membongkar pintu dan membuat mereka kehilangan minat untuk melanjutkan usahanya.

Yang perlu diperhatikan, pastikan pintu besi Anda mudah dibuka dari dalam dan letakkan kunci di tempat yang mudah ditemukan. Bila terjadi keadaan darurat di dalam rumah, Anda bisa segera keluar dengan mudah.


Sebisanya Jangan Biarkan Rumah Kosong Tanpa Penghuni

Pada banyak kasus, pelaku pencurian ternyata adalah orang sekitar rumah. Walau kita telah melakukan beberapa trik untuk membuat seolah-olah rumah yang kita tinggalkan berpenghuni, mereka akan segera tahu kalau rumah sedang kosong.

Opsi paling aman mengatasi kemungkinan ini adalah dengan tetap menempatkan seseorang tinggal di dalam rumah. Mintalah orang kepercayaan untuk menjaga rumah kita selagi mudik atau di tinggal dalam jangka waktu lama.

Bila Cukup Uang, Pasang Sistem Keamanan Asli

Ini adalah pilihan paling efektif namun cukup mahal. Seperangkat CCTV lengkap masih dikisaran harga 3 jutaan rupiah keatas. Bila Anda mengutamakan keselamatan isi rumah dan berkecukupan dalam finansial, memasang sistem keamanan rumah sangat disarankan. Harga pemasangan perangkat yang mahal akan sebanding dengan keamanan yang diberikan.

Untuk memangkas biaya, beberapa orang kreatif memasang sistem pengamanan CCTV buatan sendiri. Hanya dengan bermodal kamera webcam, beberapa meter kabel LAN dan sebuah komputer rumahan dengan software CCTV semisal ISpy akan banyak menghemat biaya. Kamera CCTV home made ini sudah memiliki kemampuan mendeteksi gerakan dan banyak kemampuan lainnya. Anda bisa mencari infonya di internet.

Sumber : http://www.littlethings.com/rubber-band-burglar

Rabu, 18 Mei 2016

Luar Biasa, TNI Taklukkan Tentara Dari 19 Negara di Kejuaraan Menembak Internasional

terutamasehat.blogspot.com -  Prajurit Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) TNI kembali menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional dalam ajang lomba menembak Australian Army Skill and Arms Meeting (AASAM) 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Berdasarkan hasil sementara, Indonesia meraih 18 emas, delapan perak, empat perunggu. Menang telak atas Amerika Serikat, Prancis dan tuan rumah Australia yang hingga kini belum mendapatkan medali.

Sedangkan, negara tetangga Malaysia hanya memperoleh satu perak dan dua perunggu. "Prajurit dengan senjata harus dibiasakan sehingga bisa menjiwai. Mereka yang berbakat dilatih terus sehingga lebih terasah," ungkap Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Heru Dwi Wahana, Rabu (18/5/2016).


Lomba tembak AASAM digelar dari 3 Mei hingga 30 Mei 2016 mendatang di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

TNI AD menurunkan 19 orang penembak dengan Komandan Kontingen Mayor Inf Safrudin yang sehari-hari menjabat Kepala Seksi Operasi Staf Operasi Divisi Infanteri 1 Kostrad.

Letda Inf Poltak Siahaan, Prajurit Divisi Infanteri 1 Kostrad salah seorang prajurit yang mencatatkan namanya sebagai pemenang lomba tembak perorangan di ajang AASAM 2016.


Ini merupakan kemenangan berturut-turut sejak 2008. �Saya sangat senang bisa menjuarai kompetisi AASAM tahun 2016 ini,� ujarnya selepas ditandu sebagai salah satu bagian dari tradisi kemenangan di AASAM, Rabu (18/5/2016).

Tidak hanya membuktikan kehebatan prajurit Indonesia, AASAM juga menjadi pembuktian kualitas senjata buatan Indonesia. Pasalnya, Letda Inf Poltak Siahaan menyabet kemenangan dengan menggunakan senapan SS-2 V2 buatan PT Pindad.

Senjata Senapan Serbu SS-2 V2 buatan Pindad yang menjadi andalan Kostrad menunjukkan tajinya di ajang lomba menembak AASAM 2016

Seperti diketahui, senapan serbu buatan PT Pindad ini sempat diragukan kualitasnya saat Indonesia menjuarai kompetisi yang sama 2015 lalu. TNI berhasil meraih 30 medali emas,16 perak dan 10 perunggu.

Tim panitia AASAM meminta agar senjata yang digunakan dibongkar karena diduga tim TNI mengganti jeroan SS-2. Nyatanya tuduhan itu tidak terbukti.

Berikut suasana Kejuaraan AASAM 2016:


Hasil sementara perolehan medali :

1. Indonesia : 18 emas, 10 perak, 4 perunggu

2. China : 6 emas, 11 perak , 4 perunggu

3. Jepang : 4 emas, 2 perak, 3 perunggu

4. Thailand : 1 emas, 2 perak, 4 perunggu

5. Kanada : 1 emas , 1 perak ,4 perunggu

6. New zealand : 1 emas, 1 perak, 1 perunggu

7. Anzac. : 1 emas, 1 perunggu.

8. Korea selatan : 1 emas.

9. Singapura : 1 emas.

10. UK : 2 perak , 4 perunggu

11. Brunei : 1 perak,1 perunggu

12. Malaysia. : 1 perak, 1 perunggu

13. USMC : 1 perunggu

14. Australia : 1 Perunggu

15. US Army : -

16. Prancis : -

17. Tonga : -

18. Timur Leste : -

19. PNG : -

20. Uni Emirat Arab :-

Sumber :
http://nasional.sindonews.com/read/1109434/14/tni-pecundangi-amerika-serikat-dan-prancis-di-aasam-2016-1463543793
http://news.okezone.com/read/2016/05/18/18/1391434/prajurit-tni-kalahkan-tentara-china-dan-australia

Selasa, 17 Mei 2016

Bahaya Minum Air Dingin Saat Makan

terutamasehat.blogspot.com - Minum air putih tak diragukan lagi sangat baik untuk kesehatan, faktanya, banyak ahli kesehatan menyarankan kita untuk banyak mengkonsumsi air karena akan membuat tubuh sehat. Tapi yang mungkin tidak kita tahu adalah ternyata minum air dingin atau terlalu banyak meminum air saat bersantap malah bisa membahayakan kesehatan.

Para ahli mengklaim bahwa bila kita minum air dingin saat sedang makan bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Meminum air dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit, yang pada akhirnya akan mengurangi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan. Air dingin juga akan membuat lemak yang Anda makan akan mengeras dan menjadi semakin sulit dicerna tubuh.


Minum air saat makan sebenarnya tidak dilarang, karena air dapat membantu memperlancar perjalanan makanan dari mulut ke lambung. Namun jika minum terlalu banyak air selagi makan, akan membuat lambung menjadi berisi terlalu banyak cairan dan makanan akan "tenggelam" di dasar lambung. Ini akan menyulitkan proses pencernaan. Minum air terlalu banyak juga bisa membuat perut begah, dimana karbohidrat yang masuk kedalam pencernaan tidak bisa segera dicerna dan akhirnya terfermentasi hingga mengeluarkan gas.


Lalu bagaimana solusinya? Cara terbaik menghindari penyempitan pembuluh darah karena minum air dingin saat makan adalah mengganti air dingin dengan air biasa. Malah lebih baik lagi bila kita makan dibarengi dengan minum air hangat. Dan untuk menghindari perut begah minumlah air secukupnya saja. Setelah satu jam, Anda boleh kembali minum sepuasnya.

Tentang air putih, Anda bisa juga membaca artikel menarik berikut :
Minum Air Putih Delapan Gelas Sehari Ternyata Hanya Mitos
Ini Yang Akan Terjadi Bila Anda Berhenti Minum Air Dingin

Sumber : http://www.popcorndaily.com/2016/05/drinking-water-while-eating-is.html


Berlian Ternyata Bukan Batu Abadi, Ini Buktinya

terutamasehat.blogspot.com - Material apakah yang terkeras di Bumi? untuk skala kekerasan tak diragukan lagi berlian adalah batuan alami terkeras di dunia. Bahkan karena begitu kerasnya, berlian hanya bisa tergores oleh berlian lainnya.

Dalam industri, kegunaan berlian sangat penting sebagai alat pemotong, pengebor perut bumi, penghalus dan dipakai sebagai lapisan pelindung. Dan dalam kehidupan sosial, berlian dikenal sebagai batu mulia paling prestisius.


Keindahan kilau berlian tak ada tandingannya. Kombinasi keindahan dan ketahanan batu mulia inilah yang kemudian memunculkan anggapan bahwa berlian adalah batu abadi yang takkan lekang oleh waktu. Berlian pun dipakai sebagai simbol hubungan abadi bagi mereka yang sanggup menghadiahkan cincin berlian untuk pasangan terkasihnya.

Tapi maaf, tampaknya berlian tidak benar-benar abadi. Sebuah batu berlian 1,2 karat bernilai $4.000 dollar (sekitar 52 juta rupiah) ternyata tak mampu bertahan setelah ditempatkan di bawah tekanan hidrolik. Berlian yang dibeli dari toko perhiasan online BriliantEarth disertai sertifikat yang membuktikan keaslian batu mulia tersebut.



Lauri Vouhensilta, pemilik sebuah bengkel di Finlandia melakukan ujicoba ketahanan berlian dengan mesin pres hidrolik dan memasukkan hasilnya ke YouTube. Dalam video yang diposting Sabtu lalu, jelas terlihat ternyata mesin pres hidrolik mampu mengalahkan kekerasan berlian. Dibawah tekanan hidrolik, berlian hancur berkeping-keping.


"Berliannya hilang. Berlian telah kalah dan mesin pres yang menang," katanya setelah menghancurkan barang mahal tersebut menjadi serpihan-serpihan kecil. Dia kemudian mencoba membakar serpihan berlian dalam video lainnya.

Tampaknya banyak orang yang patah hati melihat hancurnya berlian tadi, sejak diunggah pada 14 Mei 2016, video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 4,6 juta kali. Sekali lagi ini membuktikan, tak ada yang abadi di dunia ini.

Senin, 16 Mei 2016

Foto Perbatasan Negara Yang Unik dan Mengagumkan

terutamasehat.blogspot.com - Tapal batas dua buah negara memberikan gambaran sekilas tentang perbedaan kehidupan negara bertetangga. Meski jarak kedua negara hanya dipisahkan oleh sebuah dinding beton atau bahkan garis cat putih di aspal saja, namun kondisi keduanya bisa sangat kontras.

Banyak faktor yang bermain disini. Perbedaan laju pembangunan, kesejahteraan rakyat atau bisa juga kebijakan pemerintah menjadi pembeda pemandangan tersebut. Foto-foto tapal batas yang diambil dari berbagai negara berikut tidak hanya memperlihatkan perbedaan yang cukup mencolok antara negara bertetangga, namun juga banyak hal unik dan menarik yang membuat akan kita kagum. Terkadang jarak yang begitu dekat bisa terasa sangat jauh.


Bulgaria - Rumania

Gambar ini memperlihatkan perbatasan negara Bulgaria dengan Rumania dari udara yang dengan jelas menunjukkan perbedaan bentuk dan ukuran lahan pertanian keduanya. Bulgaria terletak disebelah kiri dan Rumania disebelah kanan.

India - Pakistan


Foto ini memperlihatkan Upacara Penurunan Bendera kedua negara yang diselenggarakan setiap sore saat akan menutup pintu gerbang perbatasan. Upacara ini menunjukkan sebuah persaudaraan sekaligus rivalitas yang terjalin antara India dan Pakistan. Seperti diketahui hubungan India - Pakistan selalu panas akibat sejarah kelam hubungan mereka.

Tentara penjaga perbatasan India dan Pakistan terlibat dalam upacara ini. Walau tampak meriah, para tentara ini selalu memperlihatkan wajah sangar saling mengintimidasi tetangganya. Mereka dan para penonton saling berlomba meneriakkan yel-yel kebanggaan negara masing-masing. Sekitar 7 ribu dan 10 ribu penonton dari India menghadiri upacara ini.

Itali - Perancis

Foto ini diambil dari wahana Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), memperlihatkan area kota metropolitan dari Torino, Italia dan Lyon serta Marseille, Perancis. Gunung Alpen menjadi penghalang alami antara kedua negara. Pulau Corsica juga terlihat di bagian atas gambar laut Liguaria. Pegunungan Alpen membentang di delapan negara : Perancis, Monaco, Italia, Swiss, Liechtenstein, Austria dan Slovenia.

Haiti - Republik Dominika


Republik Dominika terlihat di sebelah kanan, memiliki bentangan hutan luas hasil dari perjuangan melawan perusakan hutan. Sementara tetangganya Haiti di sebelah kiri tidak memiliki kebijakan melawan deforestasi. Akibatnya, mayoritas lahan mereka terlihat gundul. Foto satelit ini memperlihatkan pemandangan kontras tersebut.


Meksiko - Amerika Serikat


Monumen ini dapat dijumpai di sisi sebelah Kota Tijuana di perbatasan antara Meksiko dengan AS. Setiap peti mati mewakili tahun dan jumlah orang yang tewas akibat mencoba melintasi perbatasan secara ilegal.

Korea Selatan - Korea Utara

Sebuah hamparan tanah yang dikenal sebagai Zona Demiliterisasi (DMZ) membagi Korea Utara dan Korea Selatan. Memiliki panjang sekirat 150 mil, DMZ dibuat pada akhir Perang Korea pada tahun 1953. Ini adalah titik pertemuan untuk negoisasi antara kedua negara. Desa Panmujon yang merupakan tempat gencatan senjata dan penghentian perang ditandatangangi, juga terletak di dalam DMZ.

Belanda - Belgia


Belanda dengan Belgia memiliki perbatasan yang rumit yang dihasilkan dari serangkaian perjanjian dan penjualan lahan pada abad pertengahan yang terjadi antara Lord of Breda dan Dukes of Brabant. Perjanjian Maastricht pada tahun 1843 menegaskan perjanjian tapal batas. Perbatasan kedua negara terlihat hanya dibatasi oleh paving blok bercat putih atau pin-pin besi sehingga pengunjung bisa mengetahui apakah mereka sedang berada di Belgia atau Belanda.

Meksiko - Amerika Serikat

Perbatasan antara Meksiko dengan Amerika Serikat sering memicu perdebatan sengit diantara keduanya. Banyaknya imigran gelap yang berusaha menerobos tapal batas untuk mencari kehidupan baru di negeri tetangga menjadi isu panas karena pemerintah AS tak segan menembak mati para imigran gelap yang mencoba masuk secara ilegal. Sebagai antisipasi, pemerintah AS membuat pos-pos pengamanan perbatasan di beberapa titik rawan. Disini tergambar sebuah kota padat penduduk Tijuana, Meksiko berada di sebelah kanan sementara sebuah pos patroli perbatasan tampak berdiri di seberang perbatasan.

Indonesia - Malaysia

Dua negara serumpun ini juga pernah punya sejarah berkonflik di sekitar tapal batasnya. Pada tahun 1962 hingga 1966 terjadi peperangan di sekitar perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan. Peristiwa yang dikenal sebagai Konfrontasi Indonesia - Malaysia ini membuat ketegangan perbatasan memuncak. Pada operasi militer yang dikenal sebagai Operasi Dwikora, pasukan Indonesia beberapa kali menyerang Malaysia lewat perbatasan dan berusaha menguasai Sabah dan Sarawak, namun usaha tersebut gagal.
Kredit foto oleh Tribunnews.com
Sampai saat ini perbatasan kedua negara dijaga ketat. Isu penyelundupan dan masuknya tenaga kerja ilegal selalu menjadi persoalan tersendiri. Di tapal batas pada foto diatas tampak gambaran nasionalisme bernada menantang.

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)