Latest News

Rabu, 30 September 2015

Tips Membuat Kompor Alternatif Dari Kaleng Minuman

terutamasehat.blogspot.com - Ide berikut ini sangat mudah untuk anda buat sendiri. Bisa diterapkan seperti saat camping, sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa kompor yang cukup memakan tempat karena ukurannya yang besar. Atau juga bisa digunakan saat keadaan darurat, ketika bahan bakar mulai langka.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan. Tutorial ini akan mengajarkan anda bagaimana membuat kompor kecil menggunakan kaleng bekas minuman ringan. Hanya dengan bahan-bahan sederhana dan anda sudah bisa memasak makanan yang anda inginkan.


Yang harus disiapkan adalah :
  • Kaleng minuman ringan 3 buah
  • Paku untuk membuat lubang atau alat pelubang lainnya
  • Spidol
  • Penggaris
  • Cutter
  • Gunting
  • Tape logam atau aluminium foil
  • Alkohol sebagai bahan bakar
Langkah 1 : Buat lubang-lubang kecil menggunakan paku dibagian pinggir belakang kaleng minuman. Kemudian lubangi bagian tengah kaleng.

Langkah 2 : Ukur setinggi 1,5 cm kaleng dengan penggaris, tandai dengan spidol. Potong kaleng, beri jarak pada ukuran sebenarnya lalu potong menurut garis.
Langkah 3 : Kaleng yang telah dipotong kemudian potong kembali sekelilingnya seperti pada gambar. Ambil kaleng kedua ukur setinggi 2,5 cm, tandai dengan spidol lalu potong.
Berikut hasil dari kedua kaleng yang telah dipotong





Langkah 4 : Ambil kaleng ketiga, potong untuk diambil bagian tengahnya kemudian potong memanjang dengan lebar 3,5 cm.
Langkah 5 : Plat kaleng ini nantinya akan dimasukkan ke dalam kaleng kedua. Tetapi terlebih dahulu dibuat belah pada tiap sisi plat agar bisa saling terkait.
Setelah itu buat tiga takik kecil dengan ukuran yang sama di salah satu sisi plat.
Langkah 6 : Masukkan plat yang sudah rapi kedalam kaleng kedua, kemudian tutup dengan kaleng pertama. Selanjutnya rekatkan tape tahan panas agar kompor terlihat lebih rapi.
Langkah 7 : Kompor kaleng minuman sudah hampir selesai. Untuk memudahkan pemadaman kompor, ambil sisa bagian belakang kaleng ketiga tadi. Potong tutup sesuai dengan lubang-lubang kompor agar bisa menutup sempurna. Kompor darurat pun selesai, isi bagian tengah kompor dengan alkohol dan kompor siap digunakan.

Senin, 28 September 2015

Wabah Mematikan Yang Tercatat Dalam Sejarah

terutamasehat.blogspot.com - Wabah merupakan penyakit menular yang dapat berjangkit dengan sangat cepat dan menyerang sejumlah besar orang secara luas. Kemunculan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri ini pada mulanya berasal dari hewan yang telah terjangkit.

Dan dari masa ke masa ada saja temuan wabah baru seperti wabah flu belakangan ini yang juga menyebabkan kematian. Dalam sejarah dunia tercatat banyak wabah besar atau pandemi yang telah merenggut banyak nyawa. Berikut ini beberapa wabah yang pernah tercatat dalam sejarah.


1. Flu Spanyol (1918 - 1920)
Flu yang lebih mematikan dari perang dunia ini mewabah pada tahun 1918 saat terjadi Perang Dunia I. Walau disebut flu Spanyol, flu ini bukan berasal dari Spanyol hanya saja flu ini tercatat telah menjangkiti wilayah Spanyol pada Mei 1918. Namun flu ini pertama kali teridentifikasi pada awal maret 1918 di camp pelatihan militer AS di Fort Rilley, Kansas. Dan pada bulan Oktober 1918 flu ini telah menjadi pandemi ke seluruh benua.


Gejala yang timbul dari wabah ini sama seperti flu pada umumnya. Kebanyakan penderita yang terkena wabah ini adalah orang dewasa berusia muda yang sering mengabaikan flu. Sekitar 5 persen dari penderita meninggal dengan wajah keunguan karena kehabisan nafas, setelah dua - tiga hari mengalami flu. Flu ini berakhir pada tahun 1920 dan menewaskan sekitar 50 - 100 juta korban jiwa dari berbagai benua. Belakangan teridentifikasi flu ini sebagai H1N1.

2. Kolera (1816 - Sekarang)
Kolera telah membunuh jutaan orang. Penyakit ini pertama kali muncul India dan telah menewaskan sebanyak 40 juta orang antara tahun 1817 - 1860 dan berlanjut menyerang Eropa dan Amerika Serikat dimana kolera telah membunuh lebih dari 100.000 orang.


Kolera sendiri juga pernah menyerang Indonesia pada tahun 1961 tepatnya di Sulawesi yang disebut kolera El Tor. Penyakit ini lantas menyebar ke Asia Timur hingga mencapai Bangladesh pada tahun 1963. Gejala yang muncul akibat virus kolera ini berupa diare, perut keram,  mual, muntah dan dehidrasi.

3. The Black Death (1334 - 1771)
Black Death atau kematian hitam ini melanda Eropa pada tahun 1347, membunuh lebih dari duapertiga populasi di Eropa yaitu sekitar 75 juta jiwa. Dalam sejarahnya diyakini wabah ini berasal dari Asia Tengah di dataran stepa. Pada tahun 1334 wabah ini menyebar di Asia hingga Cina dan bersama pasukan dan pedagang Mongol wabah ini terbawa hingga ke Eropa.


Penyakit ini bermula dari kutu hewan pengerat yang terinfeksi dan setelah tikus atau marmut tersebut mati, kutu hewan tersebut menggigit manusia dan menyebarkannya kepada manusia. Gejala penyakit ini berupa pembengkakan pada bagian pangkal paha atau ketiak, atau lebih dikenal pembengkakan getah bening (bubo). Meskipun beberapa korban yang selamat dari penyakit, wabah penyakit ini biasanya hanya memberikan harapan hidup seseorang hanya selama satu minggu.


4. Wabah Justinian (541 - 750)
Wabah ini merupakan wabah pes pertama yang tercatat dalam sejarah. Bermula dari Mesir wabah ini menyebar ke konstantinopel (Istanbul) yang menewaskan 10.000 orang tiap harinya. Diperkirakan sekitar 40 persen penduduk kota tersebut meninggal akibat wabah ini. Dari sebuah penelitian wabah ini disebabkan oleh Yersinia Pestis, bakteri serupa yang menyebabkan wabah kematian hitam (Black Death).


Tercatat wabah ini telah memakan korban sebanyak 25 juta jiwa dengan gejala awal seperti demam, kejang-kejang, bubo dan perubahan warna kulit.

5. Campak (7 SM - 1963)
Penyakit infeksi virus Paramixovirus ini ditandai dengan demam hingga 40celcius, batuk, peradangan selaput ikat mata (konjungtivitis) dan ruam kulit. Penularan infeksi berlangsung 2 - 4 hari sebelum timbul ruam ditambah 4 hari saat kulit mengalami ruam.  Penularan infeksi bisa terjadi melalui percikan ludah penderita campak yang terhirup dan juga melalui keringat.


Campak merupakan penyakit yang sudah ada sebelum Masehi dan merupakan penyakit mematikan kedua setelah cacar yang telah merenggut korban jiwa hingga 200 juta orang.

6. Cacar (1500 SM - 1979)
Dalam sebuah catatan medis India kuno, cacar ditemukan pada mumi Mesir Ramses V yang meninggal 3000 tahun yang lalu. Sebagai pandemi yang telah ada semenjak 1500 tahun sebelum masehi, cacar merupakan penyakit diurutan pertama yang telah menimbulkan korban sebanyak 300 juta korban jiwa di seluruh dunia. Virus ini telah menghancurkan peradaban suku Inca dan Aztec di Amerika yang dibawa oleh Spanyol.


Gejala dari penyakit ini berupa demam, sakit kepala, cepat lelah, batuk, diare dan tumbuh bercak pada kulit. Berbeda dengan Variola Minor, jenis virus Variola Major menyebabkan penyakit menjadi lebih serius dengan tingkat kematian 30 - 35%. Masa inkubasi antara kontraksi dan gejala awal dari penyakit ini sekitar 12 hari.

Seram, Lubang Misterius Telan Perkemahan Pantai

terutamasehat.blogspot.com - Para wisatawan yang sedang berkemah sibuk melarikan diri setelah sebuah lubang misterius sepanjang 150 meter dengan lebar 50 meter tiba-tiba muncul di sebuah perkemahan pantai di Australia.140 orang dievakuasi pada tengah malam ketika lubang tersebut menelan mobil, tenda dan karavan para wisatawan.

Seorang yang sedang berlibur di perkemahan ini, Casey Hughes mengatakan, lubang raksasa tersebut  muncul disertai suara bergemuruh layaknya guntur.


Temannya menambahkan, pada saat kejadian, orang-orang berada di bibir lubang sambil berusaha mati-matian menyelamatkan mobil van mereka. Seorang wanita dilaporkan berlari keliling perkemahan sambil berteriak memperingatkan orang-orang untuk kabur.

Koran lokal Brisban Times melaporkan seorang nelayan membunyikan alarm begitu melihat tanah mulai bergerak dan tenggelam kedalam laut dan ia segera berlari ke perkemahan memerintahkan orang-orang untuk mengungsi.


Mayor Mick Curran mengkonfirmasi seluruh wisatawan selamat dari bencana tersebut dan tak ada yang terluka. Namun mereka memperingatkan lubang raksasa tersebut masih beresiko akan membesar dan bisa berbahaya sehingga area tersebut masih ditutup.

Lubang raksasa dapat terbentuk secara perlahan atau pun tiba-tiba. Lubang ini telah ditemukan menyebar di seluruh dunia. Dalam sejarah, lubang ini secara berkala terbentuk akibat terkikisnya sedimen di bawah permukaan tanah oleh air yang mengakibatkan gua bawah tanah runtuh dan membentuk lubang raksasa. Lubang ini juga bisa terbentuk akibat pergerakan gempa.


Lubang raksasa sering memakan korban. Pada 2007 lalu, sebuah lubang raksasa selebar 20 meter dengan dalam hingga 150 meter telah menelan sejumlah rumah dan truk di Guatemala. Dilaporkan 3 orang tewas akibat ditelan lubang tersebut.



sumber : mirror.co.uk

Ingin Membuktikan Cintanya, Wanita Ini Rela Menikah Dengan Mayat

terutamasehat.blogspot.com - Banyak pasangan menginginkan sebuah pernikahan yang sempurna. Karena peristiwa pernikahan hanya sekali seumur hidup, kita berusaha untuk membuatnya menjadi sebuah kenangan terindah yang akan kita ceritakan pada anak cucu nantinya.

Dan bagi beberapa orang, menikahi seseorang yang Anda cintai dengan sepenuh hati takkan pernah ada kata terlambat. Seorang pengguna Facebook asal Filipina bernama Tel Madrona Talusan adalah salah seorang yang percaya bahwa tak ada kata terlambat untuk menikahi orang yang dicintainya, bahkan ketika tunangannya sudah tak bernyawa.


Tunangannya, Rumpel, mengalami koma setelah terlibat kecelakaan sepeda motor, namun tak bertahan lama, akhirnya ia meninggal dunia. Meninggalkan Tel dan anak mereka Alas.

Dalam upacara pemakaman tunangannya, Tel membuat sebuah tindakan tak lazim. Meski telang meninggal dunia, Tel memutuskan untuk menikahi kekasihnya. Pernikahan ini sebagai simbol cinta Tel yang begitu kehilangan sang kekasih. Tel kemudian memposting pesan kepada kekasihnya yang telah meninggal di Facebook: "Cintaku, meskipun kita tak jadi menikah di gereja, meskipun kita tak memiliki surat nikah sebagai bukti pernikahan kita, aku percaya di mata Tuhan, kau dan aku adalah sepasang suami istri."


Postingannya di Facebook telah dilihat oleh ribuan netizen, mereka tersentuh oleh kisah Tel. Tel berjanji kepada Rumpel untuk selalu menjaga dan mencintai anak mereka dua kali lipat dari cintanya pada Rumpel, sebagai cara menunjukkan cintanya kepada kekasihnya yang telah tiada.


Jumat, 25 September 2015

Tips Membangun Kedekatan Keluarga dari 6 Mama

terutamasehat.blogspot.com - Karena saya dan suami sama-sama bekerja, anak kami dititip di neneknya. Untuk menjalin kedekatan dengan si kecil, kami sepakat setiap kali kami pulang kerja dan menjemput si kecil di rumah nenek, tidak ada lagi gadget yang aktif. Bahkan tak cuma gadget, alat elektronik seperti televisi dan radio juga kami matikan. Setelah jam kerja, sepenuhnya waktu kami difokuskan untuk bermain bersama anak. Begitu juga saat hari libur, televisi kami batasi, biasanya setelah anak tidur baru kami menonton televisi. Dengan begitu meski mama-papanya bekerja, anak tetap dekat dengan orangtuanya.

-Nia Hanifah-


Weekend biasanya kami isi dengan olahraga bersama. Hari sabtu pagi kami ke Raguna untuk jogging atau bersepeda, sedangkan hari minggu kami berenang. Aktivitas-aktivitas itu kami rekam dan malamnya menjelang tidur kami nonton bersama, nah, saat itulah terjalin komunikasi yang rame dan lucu-lucu antara anak-anak, saya dan papanya.

Karena saya punya tiga anak (usia 5 tahun, 6 tahun dan 11 tahun), maka saya dan papanya juga secara special menyediakan waktu nge-date bersama masing-masing anak.  Dengan cara begitu kami bisa lebih paham karakter masing-masing anak dan jadi lebih dekat juga. Soalnya kalau pergi bareng-bareng kan tak jarang anak-anak bertengkar, kalau sudah begitu anak sulung kami yang kena marah dan diminta mengalah, kasihan juga. Makanya 3 tahun belakangan ini tiap bulan pasti kami sempatkan nge-date bareng masing-masing anak. Kalau sama saya biasanya ke toko buku, nonton di bioskop, makan di resto favorit anak, ke toko kain, minum coklat sambil berlama-lama ngobrol di cake shop atau ke salon. Kalau papanya biasanya mengajak anak main games. Saya juga rajin  cari-cari info workshop yang seru diikuti bersama anak seperti fun cooking dan belajar membatik.
-Mirra Ardisiswanto-  


Di keluarga kami tidak ada jadwal bonding, momen apapun dan dimana pun bisa jadi cara bonding bagi kami. Misalnya hampir tiap hari minggu pagi kami jalan-jalan ke pantai, di sana sarapan bubur ayam lalu main pasir. Saat melakukan hobinya pun papa sering mengajak anak-anak dan saya, misalnya memancing dan mengurus merpati hias. Anak-anak senang sekali, mereka selalu bertanya macam-macam soal hobi papanya dan papanya juga antusias menjelaskan.

Memasak pun bisa jadi momen bonding buat saya dan anak-anak. Meski kedua anak saya laki-laki dan masih kecil, tetap saya ajak untuk membantu menyiapkan makanan, sedikit berantakan tidak apalah, karena yang penting kan saya beraktivitas bersama anak-anak.
- Murti Setiarini-

Saya menciptakan �aturan� bahwa tiap hari kami sekeluarga harus saling memberi pelukan 10 detik. Saya menerapkan �aturan� itu sejak si sulung Raihan (10) tidak mau lagi saya peluk, maklum ia merasa sudah besar, malu sama teman-temannya kalau masih �dekat� mamanya. Masalahnya, saya masih ingin bisa memeluk dia. Jadi, selain untuk bonding antar anggota keluarga, aturan itu juga memberi saya kesempatan untuk tetap bisa memeluk Raihan tiap hari.
- Dian Anggraini-

Setiap malam papa dan anak anak punya tradisi bergantian bercerita. Boleh cerita lucu atau pengalaman hari ini yg menarik.Tugas saya memberi nilai cerita siapa yang paling menarik. Selain bertujuan untuk bonding keluarga, lewat aktivitas ini, Haidar (7) dan Safira (5) juga jadi belajar berimajinasi dan mengarang cerita serta berani mengekspresikan diri.
-Fitri Nur-

Setiap hari, kami selalu berusaha makan malam bersama sekeluarga di rumah. Setelah itu menonton televisi sambil ngobrol dan bercanda. Untuk mengantar anak-anak tidur, saya membacakan cerita lalu baca doa bersama. Di akhir pekan, kami selalu mengadakan familiy time, entah itu jalan-jalan, sekedar makan bakso bersama atau berkebun di rumah.
-Siswi Eka Kusumawati-

Cegah Kehilangan Data, Inilah Cara Backup Facebook Anda

terutamasehat.blogspot.com -  Jutaan pengguna Facebook khawatir akan kehilangan banyak data dan foto berharganya di Facebook setelah kemarin jaringan sosial media ini sempat down.

Sekitar Kamis Malam, 24 September 2015, laman Facebook tidak bisa diakses selama sekitar 45 menit. Hal ini menyebabkan banyak pengguna mengeluh.

Meskipun Facebook sering membanggakan akan kehandalannya, situs ini telah beberapa kali mengalami down dalam dua tahun terakhir dengan jangka waktu yang relatif sama.Keterangan resmi tentang penyebab berhentinya layanan Facebook ini belum diberikan.


Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk hilangnya data, foto dan video Anda akibat laman tak bisa diakses, ada baiknya kita membuat backup atau cadangan data pribadi kita di Facebook. Dengan cara ini, seluruh data pribadi, komentar, foto dan video kita akan tersimpan di dalam lokal disk komputer Anda.

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Login ke akun Facebook, klik tombol panah di bagian kanan atas, pilih pengaturan. Pada bagian paling bawah Pengaturan Umum Akun akan tersedia link bertuliskan "Unduh salinan data Facebook Anda" (Download a copy of your Facebook data), klik link tersebut lalu klik Mulai Arsip Saya.


Setelah itu akan ada jendela konfirmasi yang muncul yang mengatakan bahwa data Anda sedang dikumpulkan dan Facebook akan mengirimkan email konfirmasi bila data telah siap di unduh. File yang terunduh akan berbentuk zip dan untuk mengaksesnya Anda hanya diminta memasukkan password facebook.

Dengan mengunduh data ini, file-file berharga Anda akan aman tersimpan di  disk penyimpanan lokal dan Anda pun tak perlu terlalu khawatir akan kehilangan data. Yang perlu dilakukan selanjutnya setelah semua data terunduh adalah memindahkan data tersebut ketempat yang menurut Anda aman. Anda bisa menyimpan data di cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive, memindahkannya ke CD atau ke hardisk eksternal dan flashdisk Anda.

Perlu dicatat bahwa data yang benar-benar tersimpan di dalam penyimpinan lokal adalah data berbentuk file text seperti data pribadi dan komentar atau status kita. Sementara untuk foto full version dan video kita tetap membutuhkan sambungan internet untuk mengaksesnya karena file tersebut diletakkan di server Facebook.

Karena unduhan backup data ini berisi seluruh data pribadi Anda yang mungkin bersifat sensitif, silahkan untuk menyimpan file di tempat yang menurut Anda benar-benar aman.

sumber : mirror.co.uk

Rabu, 23 September 2015

Bocah Ini Menasehati Orangtuanya Dengan Cara Mengagumkan

terutamasehat.blogspot.com -  Tiana, seorang bocah berusia 6 tahun menginginkan sesuatu yang sangat sederhana, semua orang bisa bersikap baik satu sama lain dan menjadi teman yang baik. Orangtua Tiana telah bercerai, dan ia telah menyaksikan saat-saat orangtuanya bertengkar dan berdebat sampai akhirnya harus bercerai.

Sekarang ia hanya ingin kedua orangtuanya bisa berteman lagi, dan meminta mereka menurunkan egonya masing-masing. "Aku ingin ibu, dan ayahku bisa berdamai, dan menjadi sahabat. Aku tak bermaksud kasar. Aku hanya ingin kita semua bisa menjadi teman, dan jika aku bisa bersikap baik, kukira kita semua bisa bersikap baik juga," katanya menasehati, sambil mencoba menjalaskan apa yang ia rasakan kepada ibunya.



Perceraian akan berdampak buruk pada anak, seberapapun umur mereka. Mereka harus menyesuaikan jadwal bertemu dengan kedua orangtuanya, hidup sehari-hari dengan satu orangtua pada satu waktu, bahkan mungkin mereka akan menyaksikan bagaimana orangtuanya jatuh cinta kembali dengan orang lain. Dengan kata lain, hidup mereka akan berubah secara drastis.

Dan Tiana berharap hidupnya akan lebih baik dari keluarga broken home lainnya. Di usianya yang baru 6 tahun, cara ia menyampaikan perasaan hatinya sungguh sangat luar biasa. Ibunya tampak terharu menyaksikan sang anak dengan bijak menasehati ibu dan ayahnya. Dia hanya ingin kedua orangtuanya bisa selalu tersenyum kembali. Setelah ia selesai menasehati kedua orangtuanya lewat rekaman handphone, ibunya terdiam sejenak dan akhirnya hanya bisa berucap "Terimakasih, Tiana.. Ibu cinta kamu".



Selasa, 22 September 2015

Enam Surat Wasiat Paling Aneh Sepanjang Masa

terutamasehat.blogspot.com -  Surat wasiat adalah sesuatu yang serius. Surat ini akan menjelaskan bagaimana seluruh harta kekayaan akan dibagikan setelah kematian mereka. Namun dalam beberapa kasus, surat wasiat juga digunakan untuk menyampaikan pesan seseorang yang telah tiada.

Enam surat wasiat ini ditulis oleh orang-orang dengan keinginan tak biasa dan aneh yang akan membuat Anda menggelengkan kepala saat membacanya.


1. Mawar Cinta

Komedian Jack Benny telah menikahi istrinya, Mary Livingstone, selama hampir 50 tahun sebelum ia meninggal karena kanker pada 1974. Kurang dari sepuluh tahun, istrinya meninggal pada 1983. Namun selama istrinya hidup sepeninggal suaminya, Mary tak pernah bisa melupakan suaminya. Bukan karena istrinya teramat sangat mencintai Jack, tapi karena sesuatu yang aneh mendatanginya setiap hari. Sekuntum mawar merah selalu dikirim kepada janda tersebut setiap hari, sepanjang hidupnya. Entah ini menjadi sesuatu yang romantis atau malah sedikit menyeramkan, tapi menurut toko penjual bunga yang mengantarkan kuntum mawar tersebut, almarhum suaminya yang berwasiat seperti itu..

2. Anjing paling beruntung

Di tahun 2007, seekor anjing yang sangat beruntung, Maltese, mewarisi harta senilai 12 juta dolar ketika pemiliknya, seorang pebisnis wanita Leona Helmsley, meninggal. Leona mewariskan harta begitu banyak kepada anjingnya bukan karena ia tidak memiliki ahli waris lain. Leona memiliki cucu yang juga mendapatkan harta warisan, namun dengan jumlah yang lebih sedikit dari anjingnya. Walau pada akhirnya hakim memerintahkan untuk menurunkan jumlah warisan menjadi 'hanya' 2 juta dolar, tetap saja ia menjadi anjing terkaya.


3. Komunikasi dari alam kubur

Ilusionis dan pesulap terkenal Harry Houdini meninggal pada tahun 1926. Namun sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, ia membuat janji terakhir kepada istrinya, Bess. Menurut beberapa laporan, Houdini bersumpah untuk menghubungi Bess dari kubur. Ia juga meminta Bess untuk selalu memperhatikan adanya tanda-tanda kehadirannya dan ia harus melakukan ritual pemanggilan arwah setiap ulang tahun kematiannya.

Namun setelah sepuluh tahun mencoba, Bess tak pernah bisa berkomunikasi dengan Houdini. Akhirnya ia menghentikan ritual pesanan suaminya. Meskipun begitu, beberapa penggemar Houdini masih terus melakukan pemanggilan arwah sambil berharap bisa menemui pujaannya.

4. Suami yang tak bahagia

Kebanyakan pria takkan mau istrinya menikah lagi setelah ia meninggal, tapi beda halnya dengan Heinrich Heine. Penyair Jerman ini mewariskan hartanya untuk istrinya. Tapi dengan satu ketentuan aneh: Istrinya harus menikah lagi. Dalam wasiatnya ia menulis, "Alasannya, maka akan ada setidaknya seorang pria yang menyesali kematianku." Anda mengerti maksudnya, kan?

5. Balapan Bayi

Charles Millar, pengacara dan pebisnis asal Toronto, meninggalkan harta warisan untuk diperebutkan pada hampir seluruh wanita setempat. Dalam wasiatnya, ia mengatakan akan memberikan seluruh kekayaannya pada wanita Toronto yang bisa melahirkan anak paling banyak dalam kurun waktu sepuluh tahun setelah kematiannya. Banyak wanita bersaing untuk memperebutkan hadiah tersebut. Pada akhirnya, empat wanita memenangkan wasiat Charles, mereka masing-masing melahirkan 9 orang anak. Dua orang runner-up juga diberi hadiah sebagai balasan dari usaha luar biasa mereka.

6. Bapak yang Rewel

Bos properti Maurice Laboze menjadi berita utama setelah kematiannya awal tahun ini, ia meninggalkan warisan sebesar hampir 40 juta dolar untuk kedua putrinya, namun dengan sebuah syarat. Lapoz akan memberikan harta warisannya bila kedua putrinya telah berumur 35 tahun. Namun sebelum usia itu, putrinya tetap bisa mendapat sedikit warisan dengan beberapa ketentuan lainnya. Putrinya diwajibkan harus lulus dari universitas terakreditasi, harus menikah dengan pria yang setuju tidak menyentuh harta warisannya dan tidak boleh memiliki anak diluar nikah.



Sembilan Keajaiban Tubuh Manusia

terutamasehat.blogspot.com - Tubuh manusia adalah sebuah keajaiban biologi. Begitu banyak yang bisa kita pelajari dari tubuh kita, namun semakin kita mempelajarinya, semakin banyak keajaiban yang kita temukan. Mungkin karena kita setiap hari menggunakannya, kita tak sadar betapa hebatnya fungsi dan kemampuan anggota tubuh yang kita miliki.

Berikut adalah beberapa dari keajaiban tubuh yang kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.


Manusia memiliki kompas di hidungnya

Hidung manusia mengandung sejumlah kecil magnetit, zat magnet yang juga ditemukan pada lumba-lumba, kelelawar, dan burung merpati. Kesemua hewan tersebut memiliki kemampuan navigasi yang bisa menentukan arah agar tidak tersesat. Bagaimana dengan kita?

Otot terkuat di tubuh manusia adalah otot rahang

Otot rahang Anda mampu memberikan tekanan sebesar 200 psi. Tekanan tersebut memiliki kekuatan 40% lebih kuat dari semua primata, dan mampu menimbulkan kerusakan yang signifikan bila diperlukan.

Manusia dapat berlari lebih jauh dari semua binatang

Kita memang bukan yang tercepat dalam berlari, tapi kita bisa mengalahkan semua binatang bila diberi cukup waktu berlari. Faktanya, di berbagai tempat di Afrika, para pemburu hanya perlu mengejar binatang buruannya hingga terkapar akibat kelelahan.

Manusia mampu melempar benda dengan kuat dan memiliki akurasi tinggi 

Ketika banyak monyet mampu melempar sesuatu dengan kuat, manusia bahkan memiliki kombinasi antara kemampuan melempar dengan kuat dan memiliki akurasi. Ini adalah salah satu dari banyak sifat yang membantu kelangsungan hidup manusia, yang membuat manusia lebih mudah dalam berburu dan mempertahankan diri.


Ada emas di setiap tubuh kita

Ada sekitar 0,2 mg emas dalam setiap tubuh manusia, namun ini bukanlah senyawa yang paling berharga di tubuh kita. Tubuh manusia juga memiliki kandungan scandium, yang bernilai ratusan juta rupiah per kilogramnya.

Kuping manusia unik dan berbeda satu dengan lainnya

Kuping kita ternyata sama seperti sidik jari, setiap kuping manusia ternyata berbentuk unik dan berbeda antara manusia satu dengan yang lainnya.

Hati memiliki lebih dari 500 fungsi

Hati adalah salah satu organ dengan fungsi paling kompleks di tubuh manusia. Ia bekerja dengan melakukan lebih dari 500 fungsi, termasuk memproduksi empedu, membersihkan darah dari racun, membangun sistem imun tubuh dan banyak lagi.


Memercikkan wajah dengan air akan membuat tubuh manusia masuk kedalam 'mode berenang'

Ketika percikan air dingin mengenai wajah kita, tubuh Anda akan memasuki keadaan yang disebut Mammalian diving refleks, refleks menyelam mamalia. Keadaan ini akan membuat tubuh memperlambat denyut jantung hingga 10 - 25 % dan mengoptimalkan pernafasan Anda.

Rambut manusia sangat kuat

Sehelai rambut manusia mampu menahan beban sebesar 100 gram. Sehingga, seluruh rambut yang ada di kepala akan mampu menahan beban 2 ekor gajah dewasa (150.000 rambut - 15 ton beban).


Senin, 21 September 2015

6 Cara Menjadi Orang Bermental Tangguh

terutamasehat.blogspot.com - Orang yang mudah menangis atau lebih dikenal dengan orang cengeng seringkali dianggap remeh karena identik dengan orang yang lemah. Berbeda dengan wanita, sedari kecil seorang anak laki-laki didoktrin untuk tidak gampang menangis, tidak lain untuk membangun karakter anak agar menjadi pribadi yang tangguh. Pribadi yang diharapkan bisa menjadi pemimpin.

Sejalan dengan bertambah usia rintangan serta masalah tidak akan pernah putus yang terkadang membuat seseorang menjadi lemah dan merasa kalah dengan keadaan. Karena ketangguhan bukan hanya sekedar fisik yang kuat, anda harus melihat ke dalam diri anda dan bekerja keras meningkatkan kemampuan dan menghilangkan kelemahan diri untuk menjadi orang yang tangguh.


1. Hadapi Setiap Tekanan
Mampu bertahan terhadap tekanan adalah menjadi tolak ukur seseorang dikatakan tangguh. Usahakan untuk tidak terbawa suasana dan menjadikan anda emosional. Bersikaplah tetap tenang dalam situasi darurat atau saat anda merasa terancam.

Mulailah melatih ketenangan dengan bermeditasi sesering mungkin sampai hal tersebut menjadi kebiasaan. Jika anda disudutkan atau secara sengaja dibuat marah, ambillah waktu selama 10 detik untuk menenangkan diri. Pikirkan yang terbaik sebelum anda mengutarakan atau berbuat sesuatu.

2. Belajar Merelakan Hal Yang Tidak Penting 
Simpan waktu anda dengan menghindari drama yang tidak penting. Jangan mudah tersinggung terhadap perkataan dan tindakan kurang penting yang sengaja dibuat agar anda menjadi kesal. Hindari kekhawatiran yang berlebihan, karena rasa khawatir tidak akan menyelesaikan apapun dan hanya membuat anda lelah secara mental. Atasi masalah secara langsung dan jangan buang waktu anda.

3. Yakin Dengan Kemampuan Diri
Sikap ragu-ragu menandakan anda belum tangguh secara mental. Mulailah memutuskan suatu keputusan yang menurut anda terbaik dan yakinlah terhadap keputusan anda.


Bangun kepercayaan diri dengan mengenali diri anda lebih dalam. Pahami kelebihan yang ada pada diri anda dengan meningkatkan kemampuan serta memperbaiki kelemahan anda. Karena orang tangguh adalah orang yang berhasil memperbaiki dirinya menjadi lebih baik.

4. Capai Apa Yang Menjadi Tujuan
Bermimpi memang tidak ada salahnya. Namun bila hanya dalam bentuk kata tanpa melakukan apa-apa, sama saja anda hanya seorang penghayal.

Mencapai impian memang tidak mudah dan perlu kerja keras. Tapi semakin sering anda berusaha maka peluang akan semakin terbuka yang memudahkan anda untuk mencapai tujuan. Tetap gigih dan tabah selama proses pencapaian tujuan dengan melakukannya satu persatu secara bertahap.

5. Bangkit Dari Kegagalan
Orang hebat dan kuat sekalipun pasti pernah mengalami kegagalan. Dan bangkit dari kegagalan adalah yang membedakan orang tangguh dengan yang lemah. Tiap kali anda melakukan kesalahan, analisa apa yang menjadi penyebab kegagalan. Terimalah kesalahan anda dan buat strategi baru dan coba lagi dengan percaya diri dengan menghindari pikiran negatif.

6. Berpikir Positif Menghadapi Masa Depan
Hadapi rintangan dengan pikiran positif dan selalu yakin akan kemampuan anda dalam mengubah masa depan menjadi lebih baik. Tularkan sikap positif anda kepada orang lain, karena bagian menjadi orang tangguh adalah ikut membantu orang lain menghadapi masa sulit.

Inspirasi : Wikihow

Beras Palsu Dari Gulungan Kertas Beredar

terutamasehat.blogspot.com -  Beberapa bulan yang lalu, konsumen diresahkan oleh beredarnya beras plastik asal China yang menyebar di kawasan asia, memunculkan bahaya kesehatan yang serius. Seiring dengan besarnya perhatian dunia pada kasus ini, pabrik pembuatan beras palsu di China telah ditutup dan para distributor telah ditangkapai, namun ternyata produksi beras palsu belum berhenti juga. Saat ini, bentuk lain dari beras palsu ditemukan di China.

Nona Cai, perempuan asal Guangdong, China, melaporkan adanya beras palsu model baru. Saat ia sedang menyantap makan siang bersama keluarga, tiba-tiba ia merasa ada yang aneh dengan nasi yang ia makan. Nasi tersebut terlalu keras untuk dikunyah. Setelah diperiksa, ia terkejut ketika mendapati ternyata nasi yang dimakannya adalah gulungan kecil kertas yang menyerupai bulir beras.


Rupanya, ia membeli beras kertas tersebut dari seorang pedagang kaki lima langganannya. Kepada polisi ia mengatakan, pedagang tersebut selama ini ia percaya dan tak pernah menjual beras palsu. Kuat dugaan penjual beras tersebut juga tidak menyadari bahwa beras yang dijualnya ternyata palsu. Menurut pedagang tersebut, ia mendapatkan beras itu dari kota lain, dimana menurutnya daerah tersebut terkenal dengan beras non pestisida.




Sama seperti beras plastik palsu, tampaknya beras palsu dari gulungan kertas ini juga tidak bisa bereaksi dengan sempurna ketika dimasak yang mengakibatkan beras palsu tersebut akan tetap keras meski telah dimasak dengan suhu tinggi.

Cara terbaik untuk menghindari konsumsi beras palsu adalah dengan memeriksa terlebih dahulu beras yang akan kita masak.

Baca juga : Heboh Makanan Palsu Asal Cina Yang Membahayakan Kesehatan

Sumber : shanghaiist.com/2015/09/06/fake_paper_rice.php

Sabtu, 19 September 2015

Hukuman Sekolah Ini Ternyata Mencerdaskan

terutamasehat.blogspot.com - Masihkah anda ingat saat sekolah dulu dimana murid dihukum guru dengan menyuruh memegang telinga dengan cara menyilangkan tangan di dada, lalu melakukan gerakan jongkok dan berdiri mirip gerakan skot jump sampai akhirnya guru menyuruh berhenti?

Hukuman tersebut bukan sekedar hukuman, gerakan yang dilakukan tersebut memiliki alasan ilmiah yang baik bagi tubuh. Hukuman ini juga diterapkan di India sebagai hukuman untuk murid yang lemah dalam studinya.


Banyak orang yang memberikan hukuman seperti ini tidak sepenuhnya memahami manfaat dari gerakan hukuman ini. Ternyata secara ilmiah gerakan dari jenis hukuman ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Darah akan mengaliri sel memori di otak dan akan mensinkronkan sisi kanan dan sisi kiri otak yang akan meningkatkan fungsi otak.

Efek dari gerakan ini dapat meningkatkan konsentrasi, memberikan ketenangan serta meningkatkan memori dan memahami pengetahuan. Selain itu dapat merangsang jalur saraf melalui penekanan titik akupresur pada telinga dan mempertajam kecerdasan.


Selama penelitian, diamati bahwa aktivitas gelombang Alpha meningkat segera setelah melakukan metode ini hanya 1 menit. Karena metode ini melibatkan meremas lobus telinga, hal ini sesuai dengan akupresur yang menekan telinga kiri mengaktifkan otak kanan & memberi energi pada kelenjar hipofisis dan sebaliknya yang sesuai untuk telinga kanan.

Dalam studi lain, hasil dari EEG menunjukkan amplitudo meningkat di wilayah parieto-oksipital otak mengikuti metode yang mengakibatkan peningkatan aktivitas listrik otak. Hukuman ini juga dapat membantu orang-orang autisme dengan syndrome asperger yang memiliki kesulitan belajar dan masalah berperilaku.

Mungkin karena alasan inilah orang-orang terdahulu memberikan hukuman yang sebenarnya bertujuan untuk kebaikan. Namun hukuman fisik seperti ini sudah banyak ditinggalkan.

3 Resep Jus Sehat Untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

terutamasehat.blogspot.com - Si kecil sudah mendapatkan asupan nutrisi sesuai anjuran, tapi masih berbobot dibawah angka normal? Menurut pakar kesehatan anak, jika ayah bunda memberikan asupan nutrisi yang cukup, lengkap, dan berimbang maka bobot dan tinggi si kecil akan tumbuh ideal mengikuti pola sebagaimana tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS).

Jika buah hati bunda dinilai masih terlalu kurus, tidak ada salahnya bunda melakukan cek ulang atas kebutuhan ideal asupan nutrisi harian mereka. Cek pula apakan si kecil sering sakit? Apakah tingkat ke aktifan si kecil juga rendah? Biasanya si kecil yang sering terserang penyakit termasuk cacingan agak susah untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut ini adalah cara membuat menu sehat untuk bayi berupa jus sehat untuk meningkatkan berat badan bayi.

1. Resep jus pisang kurma



Bahan:

  • 100 gram pisang aambon matang sempurna
  • 2 buah kurma yang telah dibuang bijinya atau 2 sendok makan sari kurma
  • � gelas air matang

Cara membuat:

    Blender pisang ambon, kurma, dan air sampai halus
    Tuangkan kedalam gelas dan sajikan segera.

Dalam setiap 1 porsi jus pisang kurma ini mengandung 228,2 kkal, 1,9 gr protein, 1,1 gr lemak, dan 55,8 gr karbohidrat. Jus ini juga diperkaya dengan Vitamin A, vitamin B1, kalsium, dan fosfor.


2. Resep jus alpukat toping gula merah


Bahan:

  • 100 gram alpukat matang sempurna
  • 250 ml susu sapi segar atau susu kedelai
  • 2 buah kurma yang dibuang bijinya
  • 2 sendok makan gula merah yang telah dicairkan

Cara membuat:

  1. Campurkan alpukat, kurma, dan susu kedalam blender, kemudian haluskan sempurna
  2. Tambahkan sirup gula merah kemudian aduk sempurna
  3. Tuang kedalam gelas dan siap disajikan.

Satu porsi jus alpukat topping gula merah ini mengandung 321,9 Kkal, 3,28 gr protein, 11,19 gr lemak, dan 50,05 gr karbohidrat. Jus ini juga kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, zat besi, dan fosfor.

3. Resep jus coco wortel


Bahan:

  • 100 gram wortel segar, kupas dan cuci bersih
  • 100 gram daging kelapa setengan tua, di bersihkan bagian kulit arinya
  • 1 sendok simple syrup yang dibuat dengan melarutkan gula pasir dalam air dengan perbandingan 1:1

Cara membuat:
  1. Proses wortel dan kelapa menggunakan juice extractor, kemudian tampung jus nya kedalam gelas.
  2. Tambahkan simple syrup kemudian aduk rata dan sajikan dalam keadaan dingin.

Dalam setiap 1 porsi jus coco wortel ini terkandung 258,4 kkal, 5,2 gr protein, 15,3 gr lemak, dan 28,7 gr karbohidrat. Resep jus sehat untuk anak ini juga diperkaya dengan vitamin A, C, fosfor, dan kalsium.

Demikianlah resep menu sehat untuk bayi yang bisa Anda coba.

Inilah Aksi Heroik Pengendara Motor Saat Kecelakaan

terutamasehat.blogspot.com - Jangan berkendara dengan motor saat hujan lebat. Itulah saran yang sering kita dengar agar terhindar dari kecelakaan. Cuaca buruk dan jalanan yang basah akan meningkatkan resiko bahaya kecelakaan pada sepeda motor.

Tapi saran ini sepertinya tak diikuti oleh pengendara motor asal Thailand yang satu ini. Bersama pacarnya, ia tetap menembus hujan lebat dengan kecepatan tinggi tanpa mempertimbangkan bahaya yang menanti. Ketika hujan lebat makin membuat licin jalanan, pengendara ini semakin susah mengontrol kemudi motornya.


Dan ketika sepeda motor akhirnya tergelincir, ia dan teman wanitanya terlempar dari motor dan terseret sangat jauh. Refleks, pria itu segera meraih dan memegang tangan teman wanitanya saat sedang terseret tak terkendali. Dengan tenang ia menjadikan tubuhnya sebagai bumper agar si wanita tidak membentur bila ada benda keras di depannya.

Momen yang terekam lewat kamera di helmnya, membuat aksi heroik pria ini bagai adegan dalam film yang dramatis. Beruntung ketika kecelakaan terjadi jalanan sedang sepi, dan mereka berdua memakai helm pengaman dan pakaian tebal, sehingga tak ada yang terluka serius. Hanya si teman wanitanya yang tampak shock dengan kejadian tersebut.

Walau ia dengan dramatis telah melakukan aksi heroik, tapi keputusannya ngebut di tengah hujan menjadi tanda tanya besar, apakah pria ini seorang pahlawan atau pecundang?


Jumat, 18 September 2015

Pro dan Kontra Dibalik Metode Persalinan Lotus Birth

terutamasehat.blogspot.com - Pada umumnya setelah bayi dilahirkan tali pusat yang tersambung pada ari-ari atau plasenta akan dipotong. Pemotongan tali pusat tersebut akan memutus asupan oksigen dan darah yang berisikan nutrisi yang berasal dari plasenta.

Dan luka yang ditimbulkan akibat pemotongan akan menimbulkan peradangan sehingga darah akan banyak terpompa ke daerah luka. Proses penyembuhan luka ini menimbulkan rasa berdenyut yang mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman.

Atas dasar inilah maka muncul sebuah metode baru pasca bayi dilahirkan yang dinamakan lotus birth. Metode ini pertama kali diperkenalkan di Amerika, dimana bayi yang dilahirkan dibiarkan tetap utuh bersama plasenta tanpa dilakukan pemotongan tali pusat.


Dalam proses ini dibutuhkan waktu 3 - 10 hari agar tali pusat terlepas dari umbilicus dengan sendirinya. Lotus birth dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi dari luka yang terbuka, sekaligus sebagai interaksi antara ibu dan bayi baik secara fisik maupun secara emosi.

Di Indonesia sendiri metode lotus birth ini mulai ramai dipraktekkan. Prosedur lotus birth dilakukan berdasarkan tahapan berikut :


  1. Saat bayi lahir, biarkan tali pusat tetap utuh. Bila tali pusat berada di leher bayi, cukup diangkat tali tersebut.
  2. Tunggu plasenta lahir secara alami, kemudian pindahkan plasenta ke dalam mangkuk dekat sang ibu.
  3. Tunggu transfusi penuh darah dari pusat ke bayi sebelum menangani plasenta.
  4. Hati-hati saat mencuci plasenta, gunakan air hangat dan tepuk-tepuk hingga plasenta kering.
  5. Letakkan plasenta pada bahan yang menyerap dan kering seperti kain atau popok serta sirkulasi udara. Untuk mempercepat proses pengeringan dapat menaburkan garam pada plasenta. Dapat juga menambahkan aromatherapi untuk menghindari bau.
  6. Mandikan bayi seperti biasa dan gunakan pakaian yang longgar.
Menurut para pakar lotus birth ini memiliki manfaat bagi perkembangan bayi. Diyakini bayi yang dilahirkan melalui proses lotus birth memiliki prilaku yang lebih tenang, tidur lebih nyenyak dan mengisap ASI lebih baik ketimbang bayi yang dipotong tali pusatnya.

Namun tetap saja metode ini memiliki pro dan kontra. Beberapa pakar evidence based medicine, menolak terhadap metode kelahiran lotus birth ini. Menurut mereka menunda memotong plasenta cukup dalam waktu 3 menit agar bayi dapat menerima kadar zat besi yang lebih tinggi.

Plasenta yang ditinggalkan bersama dengan bayi selama beberapa hari beresiko terinfeksi mikroba. Dan dikhawatirkan akan menginfeksi sang bayi karena plasenta berisi darah yang merupakan sumber makanan mikroba. Untuk itu, menurut mereka proses pemotongan tali pusat lebih layak dilakukan untuk menghindari infeksi.

Bagaimana dengan anda, metode manakah yang terbaik menurut anda?



Mengungkap Kepalsuan Dibalik Foto Instagram

terutamasehat.blogspot.com - Setiap hari, ribuan orang di Instagram mengirim foto untuk menciptakan identitas baru untuk diri mereka sendiri. Paling tidak itulah pesan dibalik beberapa foto yang diambil seorang fotografer asal Bangkok, Chompoo Baritone, yang menunjukkan betapa banyak kepalsuan yang ada dalam foto-foto yang beredar di Instagram.

Banyak seniman, seperti fotografer anonim di belakang Hipster Barbie, mengkritik cara orang menggunakan Instagram untuk membuat hidup mereka tampak menakjubkan dan membuat orang-orang menerapkan standar hidup yang tak realistis dalam foto mereka.


Pemotongan foto yang rapi dan penggunaan software untuk memperindah foto dapat membuat lingkungan atau objek yang sebenarnya biasa saja berubah menjadi luar biasa. Keinginan orang untuk dikagumi membuat mereka menggunakan segala cara untuk memanipulasi foto mereka.

Baca juga : Nenek Ini Mengajarkan Kita Betapa Indahnya Dunia Tanpa Gadget

Baritone menangkap kepalsuan ini dalam foto-foto kreatifnya sebagai gambaran yang sekarang banyak terjadi di akun-akun Instagram. Dan foto-fotonya ini membuat banyak orang tersadar akan pentingnya jati diri seseorang. Ternyata, kejujuran menjadi sesuatu yang langka di dunia maya.








Film pendek ini juga bisa menjadi cermin untuk kita agar tak perlu memasang foto palsu di Instagram:


Hadapilah kenyataan.

Baca juga :  10 Kartun Ironi Alat Komunikasi Yang Malah Mematikan Komunikasi

Kamis, 17 September 2015

Potret Hitam Tentara Anak Dalam Sejarah Dunia

terutamasehat.blogspot.com -  Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar serta bereksplorasi. Tak ada sedikitpun terbersit dalam imajinasi kita untuk membawa mereka kedalam konflik orang dewasa, apalagi sampai harus ikut serta dalam konflik berdarah. Tapi sejarah sering lebih kejam dari yang kita kira.

Sejarah telah memberikan banyak gambaran tentang anak-anak yang dipaksa ikut berperang untuk militer, milisi, atau kelompok-kelompok pemberontak di berbagai belahan dunia. Perekrutan tentara anak menjadi salah satu hal paling mencekam yang dilahirkan oleh konflik di abad ke-20.


Meskipun sebenarnya perekrutan anak-anak menjadi tentara bukanlah fenomena baru, namun kini semakin banyak orang dewasa yang telah kehilangan nurani dan memaksa anak menjadi tentara. Mari kita kembali menengok sejarah tentara-tentara anak yang lahir di abad terakhir ini.

Pemuda Fasis Pada Perang Saudara Spanyol

Kaum fasis Spanyol sering merekrut remaja untuk masuk kedalam partai mereka, dan pada akhirnya mengirim mereka untuk bertempur selama hari-hari terakhir perang saudara Spanyol pada tahun 1930-an. Milisi anti-fasis juga menerima remaja untuk masuk dalam pasukan mereka, meskipun kedua belah pihak memang berusaha untuk menjauhkan tentara-tentara anak ini dari garis depan pertempuran.


Pemuda Hitler

Para remaja Hitler sebenarnya tidak dikirim masuk kedalam pertempuran, namun pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, remaja paramiliter yang terlatih digunakan Nazi secara luas untuk dikirim ke daerah pertahanan Berlin. Anak laki-laki berusia 12 tahun bahkan dipaksa untuk bertempur melawan tentara sekutu ketika Jerman mulai kalah.


Uganda dan Joseph Kony

Sejumlah peristiwa berdarah di Uganda memperlihatkan pengerahan tentara anak dalam konflik. Tentara Perlawanan Nasional memanfaatkan anak yatim piatu yang orangtuanya tewas pada konflik diawal tahun 80-an. Sementara Tentara Perlawanan Josep Kony memiliki reputasi buruk karena mengerahkan tentara anak secara luas dalam pertempuran-pertempuran selama tahun 1990-an.


Tentara Anak Hasil Penculikan di El Salvador

Selama perang saudara di El Salvador, baik militer negara dan tentara gerilya Farabundo Mart� National Liberation merekrut dan menculik anak-anak untuk dilatih menjadi tentara anak pada era 80-an. Setelah perang saudara berakhir, banyak tentara anak yang bergabung kedalam organisasi gangster.


Genosida Yang Dilakukan Tentara Anak di Rwanda

Pada perang saudara di Rwanda, kedua belah pihak yang bertikai melibatkan tentara anak dalam konfliknya, termasuk pasukan pemerintah Rwanda dan paramiliter. Bahkan sejumlah tentara anak ikut berpartisipasi dalam pembantaian massal Tutsi selama peristiwa genosida Rwanda di tahun 1994.


Gerilyawan Remaja Myanmar

Tentara Pembebasan Nasional Karen di Myanmar secara luas menggunakan gerilyawan tentara anak, bahkan menempatkan mereka di garis depan pertempuran. Selain itu, puluhan ribu tentara anak secara paksa diperintahkan untuk mengabdi pada tentara nasional Myanmar, Tatmadaw.


Tentara Anak di Afganistan

Anak-anak Afganistan telah terlibat secara luas dalam pertempuran selama beberapa dekade, baik dalam perang sipil Afganistan, atau pun sebagai anggota milisi Taliban yang menentang kehadiran pasukan AS di Afganistan.


Tentara Anak di Sudan

Tentara Pembebasan Rakyat Sudan telah banyak merekrut tentara anak-anak sejak tahun 80-an untuk digunakan dalam perang saudara di Sudan. Meskipun pemerintah telah mengusahakan program pemindahan anak-anak dari daerah konflik dalam sepuluh tahun belakangan,  perekrutan secara paksa masih tetap berlangsung.


Tentara Anak di Kongo

Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu negara yang paling banyak menggunakan anak sebagai tentara. Hampir seluruh kelompok militer mempunyai barisan tentara anak. Bahkan Tentara Perlawanan Joseph Kony yang berkonflik di Uganda, memiliki kamp pelatihan tentara anak di Kongo.


Tentara Anak yang Direkrut ISIS

Bulan Juli lalu menjadi potret paling kelam dalam sejarah anak-anak yang dijadikan tentara. ISIS merilis dua buah video yang memperlihatkan tentara anak melakukan tindakan brutal. Aksi pertama terlihat seorang tentara anak menembak mati tentara perlawanan Suriah di hadapan warga yang menonton. Tak lama kemudian muncul sebuah video yang memperlihatkan seorang anak tega mengeksekusi mati tawanan dengan cara memenggal kepala tawanan tersebut.


Seorang anak yang melarikan diri dari barak pelatihan ISIS menyatakan mereka telah dilatih secara intensif cara memenggal kepala. Doktrinasi keyakinan dan cuci otak diyakini menjadi penyebab anak-anak tersebut dapat begitu dingin membunuh orang.



Tak sepantasnya dunia anak yang seharusnya indah direnggut oleh orang-orang yang mengatas-namakan keyakinan dan kepentingan politik serta kekuasaan.

Dari berbagai sumber.

Tags

Abdurrahman Wahid (1) Agama (3) Ahok (1) Aneh Nyata (9) Arabisasi (1) Arti Politik (1) Bahaya Game (1) Bahaya Gula (1) Bahaya Nasi (1) Bali (1) Batik (1) Batu Giok (1) Belas Kasihan (1) Berita Hoax (1) Biji Bijian (1) Biografy (2) Birgaldo Sinaga (1) Bisnis Wisata (1) Bom Nuklir (1) Bom Nunklir (1) Buddhist (1) Buku (1) Cerdas Kreatif (1) Croc Brain (1) Dana Trading (1) Definisi Politik (2) Demokrasi (1) Demokrasi Pancasila (2) Denny JA (2) Desain Logo (1) Disney Land (1) Dokumen Rahasia (1) Ego Pengertian (1) Egoisme (1) Egoistis (1) Egosentris (1) Ekonomi (1) Filsafat Politik (2) Foto Grafer (1) Fungsi Air Putih (1) Fungsi Lada Hitam (1) Fungsi Makanan (1) Fungsi Smartphone (1) Gaptek (1) Ginjal (1) Harta Karun (1) Hypnowriting Teknik (1) Identias (1) Imlek (1) Inspirasi (74) Islam Nusantara (1) Jembatan (1) Kaki Diatas (1) Kasih Sayang (1) Kebaikan (1) Kebebasan (1) Kebiasaan Buruk (1) Kekuatan Super (1) Kelompok Radikal (1) Kenali Berita (1) Kesehatan (3) Kesejahteraan Rakyat (1) King Kobra (1) Kisah Nyata (2) Konsumsi Berlebihan (1) Kota Hindu (1) Kritik Bill Gates (1) Kuliner (14) Liberalisme (1) Lifestyle (23) Lintas Agama (2) Lukisan (1) Lukisan Istana (1) Manfaat Trading (1) Manusia Modern (1) Melawan Kanker (1) Memilih Profesi (2) Memutihkan Baju (1) Menghindari Semut (1) Mengkilapkan Kaca (1) Meritokrasi (1) Merusak Mobil (1) Michelle Obama (1) Miras (1) Mobil Listrik (1) Momen Wisuda (1) Motivasi (1) Nasib Manusia (1) Nasihat Bijak (3) Negara Meritokrasi (1) NKRI (1) Obat Kanker (1) Oligarchy (1) Pahlawan (1) Pancasila (1) Para Jomblo (1) Pembasmi Kanker (1) Pembunuhan (1) Pengemis Gombal (1) Pengetahuan Praktis (1) Penuan Kulit (1) Penyeberangan (1) Penyerap Racun (1) Pertarungan BruceLee (1) PKI (1) Politik (1) Politik LN (2) Politik Praktis (1) Prajurit Kostrad (1) Pribumi (1) Produk Kecantikan (1) Pulau Terindah (1) Radikalisme (2) Ragam (122) Renunang (1) Renungan Cerdas (4) Resensi Buku (1) Sejarah (2) Sejarah Presiden RI (1) Seni Hias Kue (1) Situasi Darurat (1) Soekarno (1) Sukses Hidup (1) Suku Tionghoa (1) Taman Hias (1) Tank Tentara (1) Tekno (44) Telinga (1) Tingkah Laku (1) Tionghoa (1) Tips (104) Tokoh Dunia (2) Toleransi (1) Trik Belajar (1) Turunkan Berat (1) Uang Kotor (1) Waw (1) Wisata (1) Wow (171)